there’s something about geometry + architecture

March 22, 2011

Bermain Tangram

Filed under: perception — tatalilisasa @ 19:49
Tags: , ,

Tangram adalah permainan yang paling tua yang dikenal dalam matematika. Perminan ini dikembangkan pertama kali di negeri Cina dan sering disebut dengan puzzle china. Tangram berasal dari kata Tang dan Gram. Istilah ini pertama kali dikenalkan oleh Thomas Hill dalam bukunya Geometrical Puzzle for the Youth pada tahun 1848.

Uploaded with ImageShack.us

Terkadang tangram dikenal dengan nama “Bujursangkar Ajaib” atau “Tujuh Keping Ajaib”. Untuk siapa saja yang melihat permainan itu, yang menyolok adalah hadirnya bentuk-bentuk dasar geometri datar (Ilmu Ukur Bidang). Tiap-tiap keping memiliki bentuk dasar, yaitu bujursangkar, segitiga siku-siku samakaki, atau jajaran genjang, sedangkan ketujuh keping itu bersama-sama membentuk bujursangkar.

Uploaded with ImageShack.us

Tangram merupakan salah satu permainan edukatif yang bisa dibuat dari bahan-bahan yang sederhana. Permainan ini yaitu suatu permainan puzzle persegi yang dipotong menjadi 7 bagian (2 berbentuk segitiga besar,1 berbentuk persegi, 1 berbentuk jajarangenjang, 1 berbentuk segitiga sedang, dan 2 berbentuk segitiga kecil). Tangram banyak tersedia di pasaran namun juga mudah dibuat sendiri. Dengan memotong kertas menurut garis-garis berwarna biru, maka akan diperoleh tangram yang dimaksud.

Uploaded with ImageShack.us

Bentuk-bentuk ini disusun dari bentuk-bentuk bidang datar yang telah kita kenal sewaku di Taman kanak-kanak dan mendalaminya di Sekolah Dasar. Satu ukuran persegi sama sisi kemudian terbagi dalam grid-grid yang berbanding 1:1 sehingga tercipta 16 persegi sama sisi di dalamnya. Dari persegi-persegi tersebutlah, kemudian ditarik garis untuk membentuk segitiga sama kaki yang besar, sedang, dan kecil, sebuah kotak serta jajar genjang. Dari tujuh buah bentuk geometri yang tercipta, lahirlah berbagai kreatifitas yang sangat mengagumkan dalam bermain Tangram tersebut. Seperti;

Uploaded with ImageShack.us

Bentuk-bentuk ini tanpa disadari erat kaitannya dengan ilmu Geometri & Persepsi yang lebih banyak diutarakan oleh teori Gestalt. Bentukan tangram yang berasal dari bentuk-bentuk geometri sederhana menjadi media berlakunya hal tersebut. Upaya membentuknya agar bentukan akhir mendekati (law of closure) menjadi seperti bentukan hewan, tumbuhan atau apapun itu. Upaya-upaya melanjutkan bidang-bidang datar ataupun miring, mengisinya dengan sisa dari tujuh keeping lainnya juga menjelaskan akan persepsi manusia dalam law of continuity. Dalam hal yang ini ternyata dapat dihasilkan hampir 700 bentukan baik itu hewan, tanaman, benda, orang dan kegiatannya serta tipografi dari tangram. Akan terus banyak berkembang dan bertambah lagi sesuai dengan imajinasi dari pelaku permainan ini.

Uploaded with ImageShack.us

Imajinasi dan kreatifitas adalah dua hal yang sangat diasah oleh permainan matematika ini. Permainan ini membuat ilmu geometri dapat difahami dalam bentuk-bentuk yang sederhana dan mengasyikkan. Dalam tulisan ini, saya menantang kalian untuk menghasilkan bentuk-bentuk lain yang belum pernah dibuat sebelumnya.  Selamat mencoba!!!

About these ads

5 Comments »

  1. menurut saya ini adalah artikel yg menarik membahas sebuah permainan yg berkaitan ttg geometri dan persepsi. Permainan tangram sudah cukup lama muncul dimana kelebihan dari permainan ini mampu mengolah kreativitas persepsi kita dalam bentuk bidang datar, juga sesuai jika dikaitkan dengan teori gestalt. Dalam permainan modern pun juga mengalami perkembangan dari teori persepsi, contohnya adalah rubik, khususnya permainan rubik snake. Prinsip yang digunakan sama dengan tangram, namun terdapat perbedaan output, dimana rubik snake dapat menghasilkan bentuk yang lebih kompleks, yaitu ruang. Dari pengolahan bentuk bidang geometri dapat tercipta persepsi yang lebih luas yaitu tiga dimensi. Di sini kita juga dapat menggunakan pendekatan gestalt sekaligus gibson. Menarik bukan!

    Comment by safiraalkatiri — March 22, 2011 @ 20:45

  2. tenyata permainan yang sering dimainkan sewaktu kita kecil ini adalah hasil dari pemikiran geometri. sebenarnya sedari kecil kita sudah dibiasakan untuk mengenal proporsi, hitungan, dan permainan angka geometri, dalam contoh sederhana tangram ini. ini membuktikan bahwa geometri dan matematika tidak melulu bersifat angka dan menyulitkan, namun mengasyikan dan kita ditantang untuk kreatif. :)

    Comment by stellanindya — March 22, 2011 @ 22:59

  3. Ketika saya melihat artikel ini, yang terlintas dalam benak saya adalah Shape Rules & Shape grammar yang saya dapatkan ketika kuliah metode perancangan. Mungkin saja hal ini sangat terkait dan tanpa sadar permainan masa kecil kita ternyata juga salah satu bagian dari metode perancangan di arsitektur

    Comment by ryantjahjadi — March 22, 2011 @ 23:05

  4. Setuju dengan pendapat yang lain, permainan yang berdasarkan geometri memang mengolah kreativitas dan menyenangkan. :D Ternyata dari bentuk-bentuk dasar geometri seperti segitiga atau bujur sangkar bisa diperoleh bentuk-bentuk lain yang sangat beragam.

    Comment by Prillia Indranila — March 23, 2011 @ 05:02

  5. Artikel ini menurut saya merupakan contoh yang sangat konkret mengenai Teori Psikologi Gestalt dimana dari penyusunan elemen geometri yang sudah tersedia dapat menghasilkan susunan tertentu yang memunculkan persepsi objek yang baru dari mata manusia, walaupun sebenarnya objek tersebut adalah susunan bangun datar biasa.
    Dalam teori Gestalt, permainan Tangram ini dapat dikategorikan sebagai contoh Law of Proximity dimana saat objek-objek biasa disusun dengan pola tertentu, tanpa sadar menimbulkan persepsi pada pikiran manusia menjadi objek baru berbeda yang merupakan satu kesatuan.

    Comment by catherineviriya — March 23, 2011 @ 10:17


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Rubric Theme Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: