there’s something about geometry + architecture

March 26, 2013

Simbol ‘Witchcraft’ dan hubungannya dengan ‘Sacred Geometry’

Filed under: classical aesthetics — karlinasatrioputri @ 15:48
Tags: , ,

Saat saya sedang berpikir untuk mencari topik apa yang kira-kira akan saya tulis, tiba-tiba di bagian bawah suatu website saya menemukan kata ‘witchcraft and geometry‘. Selintas pikiran saya tertuju kepada film Amerika, The Craft yang diluncurkan pada tahun 1996, bercerita mengenai 4 gadis muda yang terlibat dengan ilmu sihir hitam dan putih.

 “Now is the time, Now is the Hour, Now is the time, Now is our power…”

Kalimat di atas diucapkan pada awal kalimat dengan suatu adegan dimana mereka sedang menyiapkan suatu ramuan, dan jika diperhatikan di bagian tengah terdapat suatu simbol yang tidak asing bagi kita. Kemudian di adegan film berikutnya muncul berbagai macam simbol-simbol geometris yang kadang asing maupun tidak. Sebenarnya apa hubungan antara simbol-simbol geometris itu dengan ritual witchcraft atau ilmu sihir? Dikatakan di awal adegan film ada suatu dialog yang diucapkan bersamaan: “….now is our power”. Mengapa mereka harus mengucapkan mantra itu sembari menyertakan simbol bintang di depan mereka? Apakah simbol itu mempunyai kekuatan yang dapat membantu mereka? Semua orang dapat menduganya. Namun tiap simbol geometris itu memiliki karakter dan kekuatan masing-masing.

Sebelum memahami singkat mengenai simbol-simbol geometris yang sering muncul melalui cerita yang berbau sihir, sebenarnya apa yang disebut sebagai Witchcraft itu sendiri?

“Witchcraft (also called witchery or spellcraft) is the use of alleged supernatural, magical faculties. This may take many forms, depending on cultural context. Beliefs in witchcraft have historically existed in most regions of the world. This was notably so in Early Modern Europe where witchcraft came to be seen as part of a vast diabolical conspiracy of individuals in league with the Devil undermining Christianity, eventually leading to large-scale witch-hunts, especially in Protestant Europe. Similar beliefs have persisted in some cultures up to the present, mostly in Sub-Saharan Africa (e.g. the Bantu witch smellers), and have occasionally resulted in modern witch-hunts. The concept of witchcraft as harmful is normally treated as a cultural ideology providing a scapegoat for human misfortune.”

- Wikipedia

Witchcraft adalah kegiatannya, sedangkan subjek yang melakukannya adalah seorang Witch (wanita) dan Wizard (pria). Pada zaman dulu yang bermula di daerah Eropa, mereka dianggap melakukan witchcraft diantaranya jika memiliki kekuatan yang tidak terlihat baik positif ataupun negatif (seperti tabib dan dukun dapat dianggap sebagai Witches/Wizards), mempunyai perkumpulan gaib (occult) yang percaya dengan witchcraft, yang dapat melakukan kutukan, dan dapat bertemu dengan demon/satan.

Witchcraft ini tidak dapat dilaksanakan tanpa adanya ritual. Kegiatan ini melibatkan bantuan bahasa dari The Sacred Geometry‘.

“Sacred geometry is geometry used in the design of sacred architecture and sacred art. The basic belief is that geometry and mathematical ratios, harmonics and proportion are also found in music, light, and cosmology….

….Sacred geometry is foundational to the building of sacred structures such as temples, mosques, megaliths, monuments and churches; sacred spaces such as altars, temenoi and tabernacles; meeting places such as sacred groves, village greens and holy wells and the creation of religious art, iconography and using “divine” proportions.”

Sacred Geometry dianggap sebagai bentuk-bentuk geometris bermakna sehingga ia diterapkan ke dalam bentuk arsitektural bangunan, kesenian dan…..ilmu sihir. Sacred geometry bermula pada saat kita membuat suatu titik, dari titik itu bisa membuat lingkaran dan jika dilihat secara tiga-dimensional ia berbentuk spherical. Bentuk inilah menjadi dasar dari sacred geometry, ia dapat berkembang dengan membuat garis dari titik pusat lingkaran atau dari garis lingkaran itu sendiri sehingga membentuk segitiga. Lahirlah berbagai macam bentuk dari permainan garis di dalam lingkup lingkaran.

Vitruvian Man karya Leonardo Da Vinci menunjukkan bentuk lingkaran dan kotak dengan garis diagonal, vertikal dan horizontal untuk mengukur proporsi, harmoni dan simetri, hal ini merupakan unsur dari sacred geometry. Kunci penting dalam mempelajari sacred geometry adalah elemen garis diagonal dimana ia akan menentukan informasi apa yang didapat dalam penciptaan suatu form.

6020844148_d2b6eb815e_z

Penciptaan garis diagonal melahirkan makna magis di dua contoh bentuk geometri yaitu Heksagonal dan Pentagonal. Kedua bentuk ini melambangkan dualitas dari manusia yaitu spiritual dan fisik, seperti halnya dualitas di dunia baik positif dan negatif, cerah dan gelap, dan lain sebagainya. Dua bentuk bermakna magis karena memiliki makna dualitas tersebut dalam konteks witchcraft.

Bentuk geometri Heksagonal adalah hasil dari pertemuan garis lurus di dalam lingkaran sehingga membuat 6 sudut dengan ukuran yang tepat. Hal ini membuat struktur heksagonal sangat kuat dan kita juga sering menemukannya di alam, seperti bentuk sarang laba-laba dan rumah lebah. Bentuk Heksagonal bisa bermakna baik atau buruk, tergantung konteks penggunaan.

220px-Star_polygon_6-2.svg

Dalam penggunaan witchcraft bentuk ini dinamakan Hexagram. Dalam praktik witchcraft, Hexagram merupakan simbol kegelapan yang sangat kuat; digunakan untuk memanggil arwah jahat. Hexagram ini mengandung 6 sudut, 6 segitiga kecil, dan 6 sisi datar maka akan terlihat pola angka 666, angka kegelapan. Enam sudut itu sendiri dinamakan talisman of Saturn, dimana merujuk kepada Seal of Solomon. Dr. John Dee, seorang astrolog mengutip bukunya yang berjudul Hieroglyphic Monad, dimana ia mengutip lagi dari Mahatma Letters':

“The two interlaced triangles are the Buddham-Gums of Creation. They contain the ‘squaring of the Circle,’ the ‘Philosophers’ Stone,’ the great problems of Life and Death–the mystery of Evil…..”

Hexagram memiliki kombinasi dari 4 elemen. Segitiga yang menghadap ke atas merupakan simbolisasi dari Api, garis horizontal atas adalah simbolisasi air, garis horizontal bawah adalah simbolisasi bumi sedangkan segitiga menghadap bawah adalah simbolisasi dari air. 4elements

Berbeda dengan Hexagram yang memiliki 6 sudut, Pentagram memiliki 5 sudut seperti star polygonal biasa, ia memiliki 10 titik ( 5 titik di tiap sudut dan 5 titik di sudut sisi pentagonal). Pentagram ini memiliki unsur dari Golden Ratio:

“The golden ratio, φ = (1 + √5) / 2 ≈ 1.618,

plays an important role in regular pentagons and pentagrams. Each intersection of edges sections the edges in golden ratio: the ratio of the length of the edge to the longer segment is φ, as is the length of the longer segment to the shorter. Also, the ratio of the length of the shorter segment to the segment bounded by the 2 intersecting edges (a side of the pentagon in the pentagram’s center) is φ.”

Star polygon 5-2.svg

Dalam witchcraft, Pentagram memiliki peran sebagai penangkal sihir kegelapan, sebagai perlindungan, pemberi kekuatan positif, memanggil 5 elemen untuk tujuan tertentu dan untuk praktik penyembuhan.  Pentagram sudah digunakan dari jaman dahulu pada zaman 3000 SM yaitu di zaman Babylonia, negara Mesir, Romawi dan Yunani. Kata Pentagram berasal dari Yunani yaitu Pentagrammos yang berarti ‘five lines’ dimana ia memiliki 5 elemen yaitu Air, Udara, Bumi, Api dan yang berbeda dengan Hexagram adalah, Spirit. Pentagram memiliki nama lain yaitu The Devil’s Star, The Endless Knot, The Goblin’s Cross, dan The Witch’s Foot. Jika Pentagram dilingkupi oleh lingkaran, maka namanya akan menjadi Pentacle.

Pentagram earth air fire water spirit

Dalam film The Craft, ada suatu adegan dimana terdapat mereka melakukan ritual cast the spells dalam rangka memanggil arwah. Perhatikan dari cara mereka mengadahkan kepala dan tangannya ke atas, serta kaki terbuka menyamping. Adakah hubungannya dengan Vitruvian Man?

271030_1262395175281_full

Ternyata ada! Lima sudut Pentagram mewakili bentuk tubuh manusia melalui 5 macam indera dan 4 macam anggota badan yaitu kepala, badan, kaki dan tangan serta…. spirit atau arwah dari manusia. Tubuh manusia diwakili oleh Vitruvian Man sedangkanya ternyata dibaliknya terdapat simbol Pentagram. Saat ritual itu dilakukan, para pelaku ritual meniru persis seperti di gambar Vitruvian Man. Bentuk tubuh seperti itu merupakan simbol dari birth and rebirth, lahir dan lahir kembali. Saya pikir mereka tidak tahu asal mulanya mereka harus seperti itu, namun ternyata kegiatan witchcraft semuanya bermula dari sacred geometry.

Pentagram ternyata dapat disalahgunakan dengan cara membalikkannya ke bawah, dinamakan sebagai Inverted Pentagram dengan di tengahnya terdapat gambar setengah kambing dan setengah manusia yang dinamakan sebagai Sigil of Baphomet. Simbol ini bukan suatu lelucon namun keterbalikan dari perlindungan yaitu membawa kekacuan dan dapat menyelinapkan diri dari kerugian secara licik. Pentagram yang  mengarah ke atas lebih kepada proses untuk menjadi sesuatu yang lebih baik, becoming. Namun Inverted pentagram lebih kepada being.baphomet1

Selain Hexagram dan Pentagram (atau Pentacle) simbol-simbol lainnya menjadi bahasa sehari-hari di dunia witchcraft. Simbol ini terbukti merupakan bagian dari sacred geometry dan memiliki makna baik positif atau negatif, tergantung konteks penggunaannya. Gambar di kiri bawah adalah alfabet yang digunakan para penyihir dengan basis Theban Script sedangkan di sebelah kanan terdapat simbol-simbol lainnya yang biasanya akan muncul di spell books (mungkin saja sih hehe).

symbols1

Emily Dickinson menuliskan suatu puisi yang membuat kita berpikir bahwa semua ritual kegiatan witchcraft tidak akan ada tanpa bahasa bentuk geometri.

“Best Witchcraft is Geometry” (1158)
Emily Dickinson

Best Witchcraft is Geometry
To the magician’s mind —
His ordinary acts are feats
To thinking of mankind.

Apakah Anda ingin memperdalam witchcraft? :)

———————————————————————————————————————————————–

Sumber:

http://www.ashokkarra.com/2012/08/emily-dickinson-best-witchcraft-is-geometry-1158 (diakses 25 Maret 2013)

http://witchcraftandspirit.blogspot.com/2010/04/sacred-geometry.html (diakses 25 Maret 2013)

http://thewitchisin.tumblr.com/post/3666182461/witchcraft-symbols (diakses 25 Maret 2013)

http://www.goth-witch.webspace.virginmedia.com/Symbols.html (diakses 25 Maret 2013)

http://witcheslore.com/bookofshadows/witches-workshop/pentagram-and-witchcraft/4614/ (diakses 26 Maret 2013)

http://nibiruplanetx.blogspot.com/2010/10/craft-movie-from-1996-signs-symbols-and.html (diakses 26 Maret 2013)

http://www.mythforum.com/threads/whats-your-favorite-symbol-associated-with-mythology.413 (diakses 26 Maret 2013)

http://en.wikipedia.org/wiki/Witchcraft (diakses 26 Maret 2013)

http://en.wikipedia.org/wiki/Hexagram (diakses 26 Maret 2013)

http://en.wikipedia.org/wiki/Sacred_geometry (diakses 26 Maret 2013)

http://en.wikipedia.org/wiki/Pentagram (diakses 26 Maret 2013)

About these ads

2 Comments »

  1. Saya sangat tertarik setelah melihat topik yang dibahas, apa korelasinya dan bagaimana sebuah ilmu sihir dapat berhubungan dengan bentuk-bentuk geometri, ilmu sihir yang dipaparkan ini berasal dari eropa dan bahasa sihir yang dipakai ialah melalui bentuk-bentuk geometri tersebut,mungkin bisa menjadi bahasa universal bagi mereka yan ingin mencoba mempelajari ilmu sihir ini, lalu setelah saya membaca sampai akhir timbul pertanyaan sebenarnya yang duluan ada itu bentuk geometrinya apa ilmu sihirnya dahulu ? jika yang duluan ialah bentuk geometrinya maka ilmu sihir itu bisa saja tercipta atau perkembangan dari bentuk-bentuk geometri yang sudah ada.

    Comment by sitifitriyanti — March 27, 2013 @ 21:19

  2. Terima kasih Kiki atas pertanyaannya. Saya juga bertanya hal yang sama mengenai apa yang terjadi antara sacred geometri dan pembentukan dari simbol-simbol witchcraft. Yang kita semua ketahui adalah bentuk geometris sebenarnya tidak usah dicari, namun sudah tampak di kehidupan keseharian manusia dimana bentuk geometris dapat ditemukan di alam semesta. seperti bentuk sinar matahari, bumi, bulan, dunia ini penuh dengan bentuk lingkaran, yang dilambangkan menjadi bentuk universal, suatu makna alam. pengertian-pengertian ini muncul kemudian di dunia witchcraft dimana mereka membuat simbol ini bedasarkan bentuk geometris dasar, setelah itu mereka olah menjadi bentuk geometris lainnya seperti pentagonal atau heksagonal yang mempunyai makna. Jadi di dunia witchcraft atau apapun yang memanfaatkan bentuk-bentuk geometris ini, dalam pembentukannya ia memikirkan konsep mengenai simbol yang akan mewakili kekuatan ini.
    Misalnya bentuk Pentagram, ia dikatakan sebagai simbol baik dalam dunia witchcraft. Sebelum ia mengatakan itu adalah simbol baik, adanya proses penciptaan konsep merancang simbol itu, mengapa dikatakan sebagai simbol baik, bagaimana dapat menciptakan simbol baik, dan bukan sebaliknya (seperti Hexagram), bagaimana simbol ini kuat dalam menghadapi energi jahat dan lain sebagainya.
    Witchcraft adalah suatu ilmu, ilmu yang sudah ada dari tahun 25.000 SM yang lalu, ilmu yang membutuhkan penguat, seperti halnya rumus matematika di rumpun ilmu matematika. Maka jika ditanya apakah ilmu sihir muncul lebih terdahulu, benar memang, dan memang benar juga bentuk geometri ilmu sihir dikembangkan dari bentuk geometri dasar… :)

    Comment by karlinasatrioputri — May 5, 2013 @ 16:02


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Rubric Theme. Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: