there’s something about geometry + architecture

March 27, 2013

Penataan Alat makanan pada table manner

Filed under: everyday geometry — monalisadeborah @ 01:36

Table manner sebenarnya adalah sebuah aturan makan pada sebuah acara resmi. Table manner berkembang di daerah Eropa pada jaman dahulu meskipun perkembangannya sudah terjadi bukan hanya di Eropa.
Pada abad ke 17 di Perancis populer dengan kata Ettiquettes. Kata ini digunakan untuk aturan dalam bergaul, dalam makan, aturan untuk meperilaku dengan baik di dalam berinteraksi dengan orang lain.
Seperti apa penataan piring, gelas, sendok, dan alat makan lainnya dalam table manner? Adakah kaitannya keteraturan, golden ratio dan apakah keteraturan itu sesuatu yang dikatakan sebagai standard yang indah? Berikut gambar yang di dapat dalam penyusunan dan keterangannya.

basic cover A La Carte cover Elaborate cover

Dalam penyusunan basic cover, dapat dilihat kedua sisi seimbang dibagi dua. Letak asbak, pepper shaker, vas bunga berada ditengah sebagai titik tengah dari pengaturan alat-alat makan. Hanya letak water goblet yang tidak sejajar dengan penempatan titik tengah antara salt shaker dan vas bunga. Ada pola grid yang terbentuk terlihat dari garis lurus yang ditarik di tengah peralatan makan.

Sedangkan penataan A La Carte Cover juga masih mempertahankan pola grid yang sama, meskipun peralatan makan bertambah. Letak B&B plate sepertinya dibuat tidak mengikuti pola grid yang dipertahankan dari penataan basic cover ke penataan A La Carte Cover.

Pada penataan Elaborate Cover, peralatan makanan dibuat menjadi lebih lengkap seperti yang bisa di lihat di atas. Pola grid masih dipertahankan namun tidak seimbang, red wine dan white wine glass tidak mengikuti pola grid yang awalnya ada dari penataan basic cover namun penataan peralatan makan masih tersusun secara rapi dan tetap mempertahankan pembagian grid sebelumnya.
Apakah golden ratio berlaku dalam penataan peralatan makan di dalam tradisi table manner? Setelah di lihat bahwa penataan tersebut tidak secara sadar menggunakan golden ratio namun pola grid sangat kental terasa dalam penyusunan peralatan makan. Kemungkinan pola susunan grid masih dipertahankan akibat pengaruh pada abad itu keteraturan menjadi sebuah keindahan. Penataan ini masih dipakai sampai sekarang di beberapa acara resmi dan masih dianggap sebagai sebuah keindahan, bagaimana dengan anda?
Refrensi dan sumber gambar :

http://sumbermediainfo.blogspot.com/2012/04/set-up-atau-tata-letak-alat-makan-pada.html

http://askandyaboutclothes.com/lifestyle/proper-table-manners

About these ads

1 Comment »

  1. Post yang sangat menarik. :)
    Penyusunan alat makan ini sangat erat kaitannya dengan kebiasaan atau cara kita makan. Peletakan sendok di sebelah kanan, garpu di sebelah kiri, gelas wine disusun seperti itu dan diletakkan di seblah kanan. Cara makan pun dapat berbeda-beda dari masing-masing orang. Mungkin karena table manner ini digunakan oleh para bangsawan berati memang terdapat aturan tertentu yang harus dilakukan pada saat makan tersebut, sehingga ada standard-standard tertentu yang dapat menciptakan kesamaan cara makan. Apakah penyusunan ini tercipta dari cara makan atau pola dari table manner dapat mempengaruhi kebiasaan dari pengguna peralatan makan ini? Adakah pola-pola grid ini dapat memberikan suatu pengaruh dalam bersikap saat makan? Jika memang tidak mengikuti pola grid, apakah itu berarti tidak tercipta keindahan?
    Hal menarik lainnya adalah jika memang penyusunan alat makan dengan pola grid seperti ini dapat menciptakan keindahan, justru akan tercipta pula keindahan gerakan tubuh saat menggunakan peralatan makan tersebut karena segala sesuatunya sangat teratur dan disesuaikan. Di sisi lain, keteraturan ini dapat membuat pengguna merasa kaku pada saat makan karena harus sesuai dengan aturan.

    Comment by valencia93 — March 27, 2013 @ 03:49


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Rubric Theme. Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: