there’s something about geometry + architecture

March 31, 2009

Ambrogio Lorenzetti dan Ide Ideal City

Filed under: ideal cities — dilladilladilla @ 03:17
Tags: ,

Dari data yang saya dapat, Ambrogie Lorenzetti adalah seniman yang pada masanya (1314-1348) memiliki daya tarik yang dikatakan seimbang dengan pelukis-pelukis terkenal dari Italia lain yaitu Duccio dan Simone Martini. Ambrogio sendiri adalah salah satu adik dari Pietro Lorenzetti yang juga merupakan seniman lukis di Italia. Karya Ambrogio yang dapat didokumentasikan hanya 6 buah, 4 diantaranya adalah representasi dari Legenda St. Nicholas of Bari di Uffizi, Florence. Untuk karya pertama dari 4 buah karya legenda itu adalah sepasang lukisan ‘the Good and Bad Government’ (1337-1339) dekorasi pada dinding dari Sala Della Pace di Palazzo Publico, Siena. Lukisan ini menunjukan keadaan kota yang saling bertolak belakang apabila pemerintah dan pemerintahanya ‘buruk’ atau ‘baik’.

Saya jadi bertanya, pada saat itu di Italia, apa yang mempengaruhi pandangan orang-orang tentang sebuah kota yang baik semestinya. Soalnya dari kuliah, kita diharapkan bisa melihat bagaimana lukisan Ambrogio memberitahukan keadaan kota yang baik atau buruk menurut pelukisnya. Pada lukisan Good Government digambarkan kota yang sangat bersih, ramai dan bersahabat, aman, bangunannya rapat tetapi rapih, orang berlalu lalang dengan leluasa, terkesan tidak ada masalah. Pada gambar ‘Bad Government’ langsung berubah drastis, ada mayat, pekelahian, rumah rapat dan terkesan kumuh.

Berarti pada saat itu mereka sudah pernah mengalami masalah dengan perkotaan dong. Itu yang ada di pikiran saya, sambil berpikir di Indonesia saat itu sudah sampai mana ya?? Tetapi kalau mereka sudah bisa berpikir sampai disitu, berarti bibit-bibit pemikiran tentang sebuah kota ideal itu sebenarnya jangan-jangan datang dari ketidak berhasilan suatu kota (tidak idealnya kota).

Di Eropa yang pada abad itu sedang berkembang Renaissance (di bidang arsitektural) dan Agama Katholik, yang menurut The Story of Ideal City-nya Western Economic Diversification Canada (WEDC), menjadi salah satu penyebab konsep ‘ideal city’ mengacu/berpulang ke ideologi Katholik dan Renaissance. Tetapi kemudian mereka juga menemukan bahwa pada abad yang sama, berkembang satu pandangan dari filsuf berlatar belakang Islam/Muslim yang disetarakan dengan Machiavelli, Hegel dan Montesquieu. Ibn Khaldun (1332-1406), di WEDC disebutkan buku beliau yaitu The Maguaddimah (an introduction to history), mungkin maksudnya ‘Muqaddimah’ yang menurut WEDC dibuku disebutkan mengenai “City Design at Length”.

Towns should provide dwelling, shelter, security, sociability and tranquility reflective of diverse social values while answering to human need of utility and liking for luxury. Khaldun elevated the social status and cultural significance of the architect (a central agent in the Ideal City narrative) in defining the city as proof of civilization“ (WEDC-The Story of The Ideal City)

Berarti sebenarnya sudah cukup banyak orang yang pada masa itu membicarakan tentang kota yang ideal. Berarti (lagi) sudah banyak Negara atau bagian dunia yang mengalami masalah dalam perkembangan kependudukan dan perkotaannya. Bahkan Khaldun juga seperti yang lain sudah membahas soal kebisingan, kenyamanan, keamanan dan tempat berlindung. Tetapi seiring dengan perkembangannya tentu saja sudah jadi kurang relevan lagi. Hal yang menyangkut kebutuhan manusia dan berbagai macam nilai sosial yang tergantung didalamnya terus berkembang dan menjadi semakin kompleks.

Coba kita lihat pada hasil-hasil pendekatan kota-kota yang dianggap baik untuk dijadikan contoh kota ideal atau beberapa rancangan kota yang ideal. Kebanyakan menggunakan grid sebagai salah satu cara mudah merealisaikannya. Kalau untuk sekarang, kira-kira grid masih jadi favorit atau tidak ya? Jangan-jangan desain rancangan ideal city bisa diaplikasikan menggunakan pendekatan non-euclidian geometri. Tanpa bentuk-bentuk dasar, tanpa hitungan/pola tertentu tapi berdasarkan analisa kebutuhan kota tersebut.

Referensi
Western Economic Diversification Canada – The Story of The Ideal City
Encyclopedia Britanica – Ambrogio Lorenzetti
Ibn Khaldun’s Contribution to Social Thought

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: