there’s something about geometry + architecture

May 21, 2009

Geometri sebagai Permainan Arsitektur

Filed under: architecture and other arts,perception — def1 @ 06:36
Tags: , ,

Arsitektur adalah bagaimana kita mengutak-atik sebuah bentuk. Inilah yang sekilas terlintas di pikiran ketika saya mengingat kembali apa yang telah saya dapatkan dari selama belajar geometri arsitektur. Entah itu mengenai masalah pengaturan penyusunannya, proporsinya, unsur titik, garis, bidang sampai bagaimana kita mampu mengolah dari apa yang sudah ada dengan keluar dari yang seharusnya dan biasanya. Dan yang lebih menariknya bentuk-bnetuk yang lahir tersebut tidak selalu dari bentuk-bentuk persegi, segitiga, lingkaran dan lainnya tetapi dari sebuah music. Interval dari sebuah music seperti sebuah pola yang dalam arsitektur adalah golden section, passage (bagian dari lagu) disamakan dengan sebuah fasad dari bangunan. Betapa luasnya hal-hal yang dapat diterjemahkan ke dalam sebuah bentuk arsitektur. Seperti pada bangunan Le Corbusier yakni de La Tourette, dimana saat itu Le Corbusier bekerja sama dengan seorang musisi, Xenakis. Beliau mengaplikasikan harmoni dan ritme dari sebuah musik yang hasilnya adalah dapat dilihat pada panel-panel kaca sebagai efek dari lirik sebuah musik.

Permainan dari bentuk-bentuk yang terjadi tidaklah terlepas dari yang namanya persepsi. Ketika manusia melihat suatu bentuk atau mendengarkan music maka pikiran mereka akan menangkap apa yang dilihat dan didengarnya yang kemudian diterjemahkan pada sebuah pembentukan dalam pikiran. Hasil dari terjemahan tersebut kadang diolah kembali oleh manusia atau langsung dituangkan begitu saja. Misalnya seseorang yang mendengarkan music dengan alunan yang lambat dan kemudian diterjemahkan olehnya menjadi sebuah bentuk garis bergelombang dengan jarak puncak gelombang berbeda-beda sesuai dengan irama music yang didengarnya. Lalu dari bentuk garis gelombang tersebut apa yang dapat diambil poin-poinnya, apakah spasi antar titik puncak gelombangnya, ketinggian dari masing-masing titik puncak atau mungkin alur yang terbentuk darinya (surfacenya). Proses dari pengolahan penerjemahan itulah yang menurut saya dapat adalah bagian permainan bentuk dalam sebuah arsitektur. Di dalam permainan tersebut ada proses berpikir, trial and error, dan proses menelusuri (yang menurut saya adalah proses dimana kita mencoba untuk mengetahui bagaimana bentuk tersebut diperoleh, apa saja yang menyusun bentuk-bentuk tersebut) juga cara pandang kita (melihatnya dengan menyederhanakan, melihatnya seperti semut yang mengelilingi surface, dll)

Pada intinya proses saat permainan itulah yang menjadi sesuatu yang menarik dalam arsitektur. Seperti seorang anak kecil yang bermain balok-balok yang disusun-susun, jika ia tidak puas maka ia akan membongkarnya kembali dan mencobanya untuk menysun kembali sampai ia berhasil menyusunnya sesuai dengan apa yang ia suka. Dan ketika susunan balok-balok itu berdiri maka dalam arsitektur sama saja dengan ketika bangunan hasil dari permainan bentuk-bentuk berhasil terbangun.

1 Comment »

  1. ya inilah mengapa menurut saya geometri membantu kita untuk lebih membuka pikiran kita tentang arsitektur. pada awalnya kita mungkin hanya tahu geometri selalu berhubungan dengan segitiga atau kotak, ternyata geometri ini yg memberitahu kita bidang lain yg selama ini kita pikir tidak berhubungan dgn arsitektur seperti musik atau persepsi maka bisa membentuk arsitektur. Dan material-material pembentuk arsitektur yang baru kita ketahui inilah yang bisa membuat kita semakin bermain dalam bentuk-bentuk arsitektur.

    Comment by r1ss — May 28, 2009 @ 18:21


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: