there’s something about geometry + architecture

March 31, 2010

Bentuk (Form) Alam yang Berbasis Logika Geometri

Filed under: nature and architecture — meitha28 @ 20:45
Tags: ,

Dalam alam kita dapat menemukan beberapa bentuk geometri seperti contoh adalah bentuk dari sarang lebah yang merupakan susunanan dari bentuk dasar geometri berupa segi enam yang berkoloni untuk tiap sisinya hingga membentuk satu kesatuan. Namun ada beberapa contoh lain yang tanpa kita sadari ternyata memiliki bagian yang dari alam ternyata memiliki banyak bentuk geometri yang terbentuk dengan secara main set manusia (sudah dari sananya seperti itu) atau dengan kata lain tidak ‘mau’ untuk menjelaskan lagi padahal jika diteliti lebih lanjut bahwa bentuk tersebut memiliki dasar yang dapat masuk logika walaupun bentuk tersebut belum tentu terjadi seperti itu namun setidaknya bentuk ini masih dapat dijelaskan dengan cara logika geometri, hal ini sebagai contoh adalah black hole. Apa yang melatar belakangi bentuk dari ‘hole’? dan mengapa harus berbentuk hole? Saya akan mencoba untuk menjawab pertanyaan ini bagaimana jika kemampuan yang menghisap menentukan betuk dari black hole itu sendiri.

Utility à make a form

Tanpa disadari pun alam telah membuatnya seperti itu dengan kemampuan secara fungsionalnya dia dapat menghasilkan form itu. Sebagaimana benang merah form of black hole terhadap utility (funsionalnya) bahwa black hole memiliki fungsi sebagai/ memiliki fungsi yang menarik/menyedot (kecenderungannya) benda lain dari titik manapun secara luas menuju terpusat hal ini yang dapat menjadi dasar logika bentuk black hole titik manapun dari suatu benda merupakan asumsi dari lingkaran dimana lingkaran jika ditarik menuju manapun atau dihubungkan dengan titik lain yang segaris (titik sebrangnya) maka akan bertemu dipusat. Maka hal ini yang dapat menjadi alasan form of black hole.

Lalu bagaimana dengan segitiga Bermuda???

2 Comments »

  1. alam memberikan keindahan tersendiri – termasuk geometri di dalamnya – yang terkadang sulit untuk di-‘jangkau’ oleh logika manusia..

    Comment by andisuryakurnia — April 2, 2010 @ 00:28

  2. istlah ‘black hole’ diciptakan oleh manusia yang menurut saya, manusia menamainya demikian karena manusia cenderung mengasumsikan hal-hal yang tidak diketahuinya secara general. dalam hal ini hole, karena lingkaran merupakan bentuk yang sangat general dalam alam(bunga, buah, planet, kebanyakan bentuk dasarnya lingkaran kan??) mungkin juga karena jika lingkaran diambil titik pusatnya maka jarak ke segala arah menjadi sama.

    mengenai segitiga bermuda, munculnya istilah itu sepertinya karena manusia memiliki acuan akan lokasi terletaknya yang memiliki batas yang,menurut orang-orang yang menelitinya, jelas, yaitu ada 3 titik.

    tapi bagaimanapun alam akan tetap memiliki rahasia-rahasia lainnya, baik yang berhubungan dengan geometri ataupun tidak.

    Comment by lisahartati — April 4, 2010 @ 21:04


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: