there’s something about geometry + architecture

April 6, 2010

Golden Section = Sidik Jari Tuhan

Filed under: classical aesthetics — tyahernindyasti @ 00:00
Tags:

Kata Golden Section pertama kali saya temui pada saat saya memasuki tahun kedua berkuliah di Departemen Arsitektur Universitas Indonesia yaitu pada mata kuliah Pengantar Arsitektur. Pada saat itu saya dan teman-teman mendapat tugas menganalisis proporsi bagian tubuh dan tumbuhan. Dua tahun berlalu, saya temui lagi istilah ini pada mata kuliah Geometri dan Arsitektur. Cukup linglung rasanya ketika istilah ini muncul dalam mata kuliah ini. Apalagi ketika kami, para peserta mata kuliah ini dimohon untuk mengingat kembali apa yang telah dipelajari mengenai Golden Section. Suasana kelas hening. Tak ada yang dapat menjelaskan. Usut punya usut, rupanya memang kami tidak tahu benar apa itu Golden Section.

Saya cukup tercengang bahwa ternyata Golden Section itu muncul dalam berbagai objek seperti arsitektur, objek alam, musik, lukisan. Entah kebetulan atau apa. Awalnya saya merasa ini semua rada maksa. Pikiran saya sempat melayang ke film yang diperankan Jim Carrey yang berjudul The Number 23. Dalam film tersebut, tokoh yang dimainkan Jim Carrey selalu terobsesi dengan angka 23. Semua hal dihubungkan dengan angka 23. Itulah kesan awal saya mendapatkan fakta tentang Golden Section. Masa iya sih semua objek di alam ini mengandung Golden Section? Masih terlalu aneh saja bagi saya kalau semua objek di alam ini dijelaskan dengan angka yang (bagi saya) irrasional.

Perumusan Golden Section berdasarkan deret Fibonacci yang pernah kita pelajari ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar.

Deret Fibonacci
1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89,….

Dalam deret Fibonacci, penjumlahan dua bilangan berurutan akan menghasilkan bilangan berikutnya.
1 + 2 = 3
2 + 3 = 5
3 + 5 = 8, begitu seterusnya

Perbandingan antara bilangan setelah dengan bilangan sebelum itulah yang menghasilkan phi (Φ) atau Golden Section.
1/1 = 1
2/1 = 2
3/2 = 1.5
5/3 = 1.666…
8/5 = 1.6
13/8 = 1.625
21/13 = 1.61538…
34/21 = 1.61905…
55/34 = 1.61764…
89/55 = 1.61861…

Bila diteruskan akan menghasilkan bilangan yang menarik yaitu

Φ = 1.618 033 988 7…

Inilah Golden Section!

Dalam mata kuliah ini, kami sempat menyaksikan video mengenai fakta-fakta terdapatnya Golden Section. Ternyata banyak sekali hal yang selalu kembali lagi ke Golden Section. Saya pun melakukan browsing mengenai ini dan kemudian saya menemukan sebuah video menarik dari http://www.youtube.com/watch?v=PjrK96wasDk.

Dalam video tersebut dijelaskan semua benda di alam ini mengandung phi (Φ). Wajah, kerangka, telapak tangan bahkan hingga sidik jari kita pun mengandung phi (Φ). Golden Section bukanlah suatu kebetulan rupanya. Golden Section ada di setiap bagian hidup kita. Phi (Φ) merupakan sidik jari Tuhan. Bilangan yang irrasional memang. Sulit dijelaskan bukan bahwa ini hanyalah suatu kebetulan? Terlalu banyak fakta yang mengungkapkan hal itu. Piramid di Mesir, Lukisan Monalisa, Kuil Parthenon di Yunani dan masih banyak lainnya. Semua itu tidak mungkin jika bukan karena kuasa Tuhan. Mengutip judul dari video yang saya dapatkan Phi – The Fingerprint of God – 1,618 … Golden Ratio, Fibonacci Numbers, saya sangat setuju bahwa phi (Φ) adalah sidik jari Tuhan. Tuhan meninggalkan angka 1,618 pada setiap bagian hidup kita. Golden Section adalah sidik jari Tuhan.

sumber:

http://www.intmath.com/Numbers/mathOfBeauty.php

http://www.youtube.com/watch?v=PjrK96wasDk

5 Comments »

  1. anda hanya melihat video, tidak pernah mengukur sendiri. anda setuju bahwa angka phi (Φ)= 1,618 adalah sidik jari Tuhan. yang jadi pertanyaan:
    “Apakah Tuhan memberi wahyu pada fir’aun sewaktu membuat Piramid”?. Jawabannya PASTI, Allah tidak pernah memberi petunjuk pada fir’aun.

    Comment by rhido — August 9, 2010 @ 23:55

  2. @ridho: kalo saya udah ngukur sendiri anda percaya ga? tau darimana juga Tuhan g ngomong k Fir’aun? Justru karya terbesar Tuhan adalah kemampuan manusia untuk bisa mengetahui ukuran tersebut.

    Comment by Lugas — August 12, 2010 @ 14:35

  3. karya terbesar Tuhan bukan hanya menciptakan kemampuan manusia untuk bisa mengetahui ukuran tersebut, tapi juga menciptakan pi itu sendiri, dan menciptakan manusia. Dan Tuhan sudah tahu bahwa ia menciptakan Pi agar manusia mencari tahu. Dan Tuhan sudah tahu bahwa manusia akan mencari tahu. Dan Tuhan sudah tahu, bahwa manusia akan tahu apa dibalik Pi itu apa dan dimana saja Pi itu berada. yang hebat adalah kita tak akan pernah tahu, kenapa Tuhan menciptakan tentang ini semua..mungkin itulah karya terbesarNya.

    Comment by nurrisinda — March 8, 2011 @ 18:56

  4. mungkin yang perlu dipertimbangkan saat ini bukan lagi masalah mengapa Tuhan menciptakan pi ini, tetapi bagaimana kita bisa benar-benar memanfaatkan golden section ini dalam desain kita ke depan. karena memang manusia yang menemukan golden section ini, tapi Tuhanlah yang menuntun manusia untuk mencapai ini semua. dan tak bisa dipungkiri bahwa karya Tuhan indah adanya, dan kemungkinan persamaan keindahan inilah yang digunakan untuk mencari bagaimana cara membuat sesuatu yang juga indah yang berasal dari tangan manusia, ini mungkin cara yang digunakan Tuhan untuk membuat manusia mencari. lalu muncullah golden section ini. dan tak dapat dipungkiri memang hasil-hasil karya manusia yang menggunakan golden section ini indah adanya. seperti parthenon, piramid, dan banyak lainnya.

    Comment by larasatisopa — March 15, 2011 @ 20:20

  5. Tapi kan sekarang jamannya Tau?
    http://en.wikipedia.org/wiki/Tau_%282%CF%80%29

    (padahal sebenernya saya juga belum ngerti😀 )

    Salam kenal..

    Comment by angkiperdana — July 18, 2011 @ 16:55


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: