there’s something about geometry + architecture

June 2, 2010

Peta dan Geometri

Filed under: ideal cities — arumthequeen @ 14:20
Tags: , ,

Sebetulnya tulisan ini hanya mengenai sesuatu yang sederhana yang muncul dalam benak saya ketika menikmati macetnya Jakarta. Saat terjebak tak bergerak, dan mencoba mencari satu jalan tak berpapan nama diantara puluhan jalan lainnya di kawasan yang tidak saya akrabi sebelumnya. Lalu yang terlintas dalam pikiran saya adalah, “Hm……andaikan saya punya peta saat ini….”.

Mengingat peta, membuat saya mengingat juga geometri. Secara harafiah, geometri diartikan sebagai mengukur bumi, dan peta bisa dikatakan sebagai gambaran bumi. Dan saat mengingat peta, yang terlintas dalam pikiran saya adalah sangat beragamnya jenis peta. Bagaimana satu kawasan dapat digambarkan melalui beberapa peta yang berbeda. Mungkin buat yang terbiasa pergi keluar kota terutama pada saat hari raya, bisa melihat keragaman jenis peta pada peta perjalanan yang biasa dibagikan oleh posko – posko hari raya.

Di lembar peta tersebut kita bisa menemukan peta bumi, peta jalan atau kawasan , dan peta topologi. Lalu apa kaitannya dengan geometri?. Yang pertama sekali saya pahami pada saat melihat peta adalah bagaimana bumi sebagai obyek tiga dimensional dipindahkan atau ditransformasikan ke dalam obyek planar atau obyek dua dimensional. Dan yang kedua adalah, bagaimana kemudian obyek dua dimensional ini dapat menjelaskan suatu kondisi tiga dimensional melalui representasi dua dimensional. Kemudian apa yang terjadi dengan geometri di dalam peta?.

Pada saat melihat peta bumi, saya menyandingkannya dengan peta kontur. Pada peta bumi, daratan dan laut dibagi dalam kelompok kelompok warna yang menjelaskan posisi tinggi rendah kawasan di atas bumi. Secara lebih detail di dalam peta kontur, bentuk bentuk garis dan lengkung yang tersusun secara rapat dan renggang, digunakan untuk menjelaskan kedalaman dan ketinggian. Susunan garis yang rapat menunjukan kecuraman sebuah tempat sementara garis yang renggang menunjukan posisinya yang landai. Di dalam peta seperti ini, saya melihat bagaimana geometri dapat digunakan untuk menggambarkan bentuk tiga dimensional sesungguhnya yang ada di alam, menunjukan posisi sebuah obyek atau kawasan di dalam orientasi vertikalnya.

Di dalam peta kedua yaitu peta jalan atau kawasan yang biasanya merupakan gambaran lebih detail dari peta bumi, dimana yang digambarkan adalah kondisi sesungguhnya yang terdapat di dunia aslinya. Di dalam peta ini, kita bisa mengetahui pola yang terdapat di dalam sebuah kawasan. Kita bisa mengetahui sebaran jalan, taman, dan ruang ruang kota yang dijelaskan melalui representasi garis dan geometris. Disini saya melihat geometri digunakan untuk menjelaskan posisi, jarak, orientasi horisontal dari obyek yang berada di kawasan tersebut melalui representasi dua dimensionalnya.

Dan selanjutnya, yang umum kita temui dalam peta perjalanan adalah peta topologi. Dimana posisi dan lokasi dijelaskan melalui titik dan garis yang dihubungkan satu sama lain. Disini yang saya lihat adalah penyederhanaan dari kondisi yang sesungguhnya. Lokasi dan posisi digambarkan tidak lagi berdasarkan jarak dan orientasi tetapi lebih pada koneksitas yang terjalin antara posisi atau lokasi yang satu dengan yang lainnya.

Dari pengamatan sederhana ini, saya melihat bahwa geometri di dalam sebuah peta sebagai sebuah kesimpulan awal dapat berfungsi sebagai representasi tiga dimensional di dalam obyek dua dimensional, yang dapat menunjukan orientasi vertikal, horisontal, posisi, jarak, dan lokasi, serta koneksitas yang terdapat di dalamnya.



Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: