there’s something about geometry + architecture

March 22, 2011

Daya Tarik Geometri

Filed under: process — serianijessica @ 08:40
Tags: ,

Apa yang membuat geometri menjadi menarik untuk dipelajari oleh banyak orang? Berdasarkan Buku Poetics of Architecture: Theory of Design karangan Anthony C. Antoniades, geometri sudah dikagumi oleh manusia sejak zaman dahulu. Filosofer seperti Plato, Phytagoras dan Archimedes; raja seperti Ptolemy dan arsitek-arsitek seperti Imhotep, Iktinos, Anthemios dan Isidoros adalah contoh matematikawan dan ilmuwan geometri yang hebat. Geometri telah dianggap sebagai ilmu pengetahuan, kepemilikan, sebuah ‘senjata rahasia’ bagi imam dan pemimpin pada masa itu untuk menjadi dominasi di antara masyarakat.

Arsitek selalu menjadi penggemar dan pengguna aplikasi geometri. Mereka menemukan Euclidean geometry sebagai sebuah sistem peraturan dan kebenaran dasar dimana mereka dapat mengambil keputusan yang mudah dilakukan dan perlahan-lahan digunakan dalam membuat karya arsitektural. Geometri menarik arsitek dengan berbagai alasan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan palet lahirnya berbagai bentuk yang tidak dapat disangkal secara rasional bagi arsitek (menjadi bukti/alasan formal adanya bentuk-bentuk lain).
  2. Membuat arsitek merasa nyaman dengan penggunaan bentuk yang bisa diperbanyak dan diulang jika diperlukan tanpa rasa takut akan membuat kesalahan.
  3. Menawarkan kebebasan luar biasa dan tanpa paksaan untuk keluar dari bentuk-bentuk yang sudah di-‘pakem’-kan di masa lalu (seperti bujur sangkar yang mendapat interpretasi proporsional yang tidak terbatas; maka akan demikian halnya dengan bentuk-bentuk lain).
  4. Menawarkan disiplin baru mengenai pandangan dunia luas. Dulu, ketika diperkenalkan kepada arsitek, diibaratkan ada kemungkinan untuk mencapai Tuhan dan mencapai suatu keagungan jika mereka menggunakan bentuk-bentuk umum seperti bujur sangkar, lingkaran dan segitiga.
  5. Menawarkan jaminan psikologis, dimana geometri memungkinkan variasi pengaruh psikologis manusia (perasaan berbeda) yang muncul ketika ada perbedaan proporsi pada suatu bentuk.
  6. Memberikan komunikasi yang kuat kepada masyarakat akan keikutsertaan arsitek melalui pengetahuan geometri dan itu berarti ada identifikasi  secara sosial dan jasa arsitek diakui secara profesional.
  7. Memberi lebih banyak waktu untuk berpikir, mengeksplor, memanipulasi dan menggunakan bentuk-bentuk dasar secara maksimal daripada menghabiskan waktu mereka untuk menemukan bentuk baru setiap harinya.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: