there’s something about geometry + architecture

March 23, 2011

Boom Sale!!!

Filed under: perception — androkaliandi @ 15:19
Tags:

Siapa hari ini yang tidak senang mendengar kata sale, atau kata discount? Apabila kita jalan-jalan di pusat perbelanjaan kota, pasti kita pernah menemukan kata ini. Meskipun niatnya jalan-jalan, setidaknya mata kita melirik ke retail yang memasang poster sale atau discount. Tidak jarang ada orang yang masuk untuk melihat barang apa saja yang di-discount dan membelinya (laper mata).
Nah apakah yang membuat poster sale atau discount itu menjadi ajang promosi?
Kemudian saya googling tentang sale dan discount, kemudian menemukan gambar dibawah ini:

Image and video hosting by TinyPic
Gambar A

Image and video hosting by TinyPic
Gambar B

Kemudian saya menemukan definisi sale dan discount.
Definisi sale:
a selling of shop goods at lower prices than usual (www.etymonline.com)
sedangkan kamus Merriam-webster mengkategorikan beberapa jenis sale, antara lain:
Midnight sale
Bargain sale
Yard sale
Garage sale

Definisi discount:
dis- (see dis-) + computare “to count” (www.etymonline.com)
a reduction made from the gross amount or value of something: as a (1) : a reduction made from a regular or list price (2) : a proportionate deduction from a debt account usually made for cash or prompt payment b : a deduction made for interest in advancing money upon or purchasing a bill or note not due (www.merriam-webster.com)

Gambar A adalah hasil pencarian Google terhadap kata sale, sedangkan gambar B adalah hasil pencarian Google tentang kata discount. Gambar yang muncul pada hasil pencarian google tehadap kata sale adalah gambar-gambar label/poster/logo yang cenderung memiliki bentuk kotak (persegi). Mengapa demikian? Menurut saya sale merupakan event (Midnight sale, Bargain sale, Yard sale, Garage sale), belum mencantumkan berapa besar potongan harga yang diberikan. Sehingga posternya simple (menggunakan geometri yang sederhana: persegi) menyajikan informasi yang general.
Sedangkan gambar yang muncul pada hasil pencarian google terhadap kata discount adalah gambar-gambar label/poster/logo yang cenderung memiliki bentuk lebih random (bentukan boom, bentukan splash). Poster discount tampil eksentrik diantara bentuk persegi yang hadir di ruang pusat perbelanjaan. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian pembeli untuk mengetahui seberapa besar potongan yang diberikan (30%, 50% atau bahkan 70%).
Desain persegi dan boom-a-like ini masih menarik ditelusuri terkait dengan brand imaging dan target market. Atau ada hal-hal lain yang diperhatikan perancang dalam menentukan geometri posternya.

1 Comment »

  1. saya setuju dengan penulis, terutama bagian diskon. kalau ada diskon, tulisannya pasti heboh dan bentuknya seperti ledakan. dan semakin besar diskon, rata-rata pasti ledakannya main tajam sudutnya, seolah-olah itu memang sangat mengejutkan. tapi memang benar, sebagai pembeli, saya juga suka ikut kaget jika melihat lambang diskon “70%!!!”, dan spontan langsung mendekati keranjang tempat diskon itu berada. jadi bentuk boom itu bisa jadi merupakan perwujudan perasaan si pembeli, atau bisa juga perasaan pembeli ikut meledak setelah melihat lambang ledakan tersebut.

    Comment by nurrisinda — April 1, 2011 @ 09:28


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: