there’s something about geometry + architecture

March 23, 2011

Golden Ratio of Beautiful Face

Filed under: classical aesthetics — Ryan Tjahjadi @ 14:41
Tags: ,

Banyak orang yang mengatakan bahwa kecantikan seseorang itu relatif. Namun manusia selalu ingin mengobjektifkan sesuatu yang dianggap subjektif. Lalu apakah ada kecantikan yang absolut? Apakah ada parameter yang akurat mengenai cantik atau tidaknya seseorang?
Banyak sekali wacana yang membahas mengenai kecantikan dan dikaitkan dengan Golden Ratio atau Golden Section.
Golden Ratio pada wajah dibentuk oleh deret Fibonacci yaitu 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, .. yang dari deret ini diapatkanlah golden ratio / Φ = 1.618 033 …
Dari Φ inilah dapat dibuat proporsi-proporsi untuk tubuh manusia. Sebenarnya golden ratio pada tubuh dan wajah manusia ini sudah ditemukan oleh Leonardo Da Vinci berabad-abad yang lalu. Namun apakah ini menjadi patokan yang absolut untuk menguji kecantikan manusia??
Maka dari golden ratio itu dibentuklah Golden Ratio Mask untuk menguji kecantikan wajah seseorang. Seperti inilah bentuknya..golden ratio maskhollywood

Mask ini sudah banyak dicobakan ke wajah-wajah manusia di penjuru bumi khususnya di kalangan artis-artis hollywood. Dan ada beberapa artis yang sangat cocok dengan ‘mask’ ini sehingga kecantikannya dianggap absolut. Beberapa diantaranya adalah Angelina Jolie, Jessica Simpson, Tom Cruise, dan lain lain..
Namun ada pula artis-artis hollywood yang tidak cocok dengan ‘mask’ ini seperti Kirsten Dunst, Audrey Hepburn, Olivia Hussey, dan lain-lain.. namun tetap saja menurut saya mereka sangat cantik.
Lalu apakah golden ratio itu akurat / absolut? Mungkin memang akurat namun tidak untuk mendefinisikan kecantikan.. kembali lagi pada teori relativitas dari Bung Einstein..
Saya pun tergoda untuk mencobakan golden ratio masks itu pada beberapa foto orang termasuk foto saya sendiri. Dan beginilah hasilnya…

Sekilas memang terlihat bahwa wajah saya secara keseluruhan cocok dengan golden ratio mask ini. Namun jika diperhatikan lebih lanjut, ada bagian-bagian yang tidak cocok seperti pada cuping hidung dan alis mata.
So.., do you think I’m beautiful ??🙂

Sumber :
http://www.intmath.com/numbers/math-of-beauty.php
http://vladayvozkjusys.blogspot.com/2011/03/proportions-of-face.html

3 Comments »

  1. Menurut saya alasan kenapa wajah orang lain bisa dianggap “beautiful” meskipun tidak mengikuti Golden Ratio Mask tersebut, karena dilihat dari konteks yang lebih besar. Bisa dari rambutnya atau bukan karena perbandingan satu bagian muka dengan yang lainnya (misalnya perbandingan muka dengan lebar kepalanya.) Karena bisa saja yang cocok dengan Golden Ration Mask ini tidak tentu “beautiful”. Karena apabila bagian muka saja yang cantik tetapi keseluruhan anggota tubuh lainnya ‘ugly’ atau tidak proporsional maka otomatis “kesan”/”image” dari muka yang dihasilkan bisa menjadi jelek. Karena memang manusia cenderung mempersepsikan keseluruhan tubuh manusia sehingga apabila ada satu yang jelek image dari keseluruhan juga menjadi ‘ugly’.

    Comment by austronaldo — March 23, 2011 @ 21:58

  2. wah sangat menarik ternyata wajah kita pun ada patokan dan cetakannya. tetapi yang saya tangkap sepertinya ukuran-ukuran golden ini seperti mengejar perhitungan matematis, harus begitu jika melenceng sedikit dia dikatakan tidak oke, padahal yang saya tahu bentuk bentuk yang kita dapat sekarang, yang ada pada tubuh kita, ada aspek lain yang menyebabkan ukuran ultimate itu bisa tidak tercapai, ya sebut saja aspek lain itu sebagai keturunan, sifat bawaan dari percampuran kedua orang tua kita dan jika hal ini diperhitungkan secara matematis agaknya bukan seberapa sempurnanya garis wajah kita tapi seberapa miripkah kita dengan kedua orang tua kita seperti hidung yang besar, bibir yang tebal dan lain sebagainya. saya jadi berfikir ada kemungkinan mask di atas digunakan pada prosesi operasi plastik untuk mencapai “kesempurnaan” yang entah mau dibuat bagaimana lagi. Wajah dan segala yang dimiliki oleh diri kita adalah ekspresi Tuhan, Dia senimannya, saya tidak bisa meminta wajah mirip Angelina Jolie, ya semua orang memiliki keunikannya masing-masing dan keunikan ini yang membuatnya dikenal dan dicirikan orang atau ryan berniat operasi plastik?hehehe

    Comment by belonia90 — March 25, 2011 @ 10:29

  3. ada hal lain yang menentukan persepsi orang lain tentang seseorang itu beautiful atau tidak adalah attitudenya. nah ini dia apakah si atitude ini sudah diilmiahkan seperti bentuk proporsi wajah itu, itulah maslahnya. siapa tau suatu hari ada atau mungkin sudah ada, yang bisa mengaitkan antara proporsi wajah ang beautiful itu dengan proporsi attidu seseorang yang membuatnya terlihat beautiful.

    Comment by nurrisinda — April 1, 2011 @ 09:07


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: