there’s something about geometry + architecture

March 25, 2011

Hotel Sampah Madrid: Perbedaan Persepsi Baik dan Buruk

Filed under: ideal cities — ajengdwiastuti @ 17:12
Tags: , ,

Tulisan ini berawal dari ketertarikan saya tentang topic mata kuliah Geometry dan arsitektur tentang Ideal City. Namun mungkin yang saya bahas bukanlah hal yang berhubungan dengan ideal city, melainkan yang berhubungan dengan persepsi baik dan buruknya sebuah kota. Salah satu ucapan Geddes, “all of the ugly should be destroyed” memicu saya untuk bertanya, siapakah yang begitu berkuasanya untuk yang mengatur mana baik dan buruknya akan sesuatu? Apakah konsep baik dan buruk itu tetap sama dari zaman ke zaman? Topik tentang Order x disorder juga mengantar saya pada ucapan Jean Jacob tentang “the mistake of zoning is it leads to monotony and disintegration of environments”. Dunia yang semakin kompleks memaksa kita untuk meninjau ulang apakah konsep order tentang baik dan buruk masa lalu masih relevan dengan kondisi saat ini. Untuk sedikit menunjukkan hal ini, saya mengajak melihat lihat hotel sampah di Madrid.

hotel front” alt=”front” />

Beach Garbage Hotel adalah hotel yang terbuat seluruhnya dari sampah dan merupakan bagian dari kampanye Corona Save the Beach hotel. Hotel ini di desain oleh seniman Jerman bernama HA Schult. Hotel ini terdiri dari 5 buah kamar tidur, terbuat dari 12 ton sampah yang benar-benar ditemukan mengotori pantai-pantai di seluruh Eropa. Hotel ini dipamerkan di kota Madrid, Spanyol hingga 23 Januari.

Tujuan membangun hotel dari sampah ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan kondisi buruk pantai dan laut di seluruh dunia, yang semakin terganggu oleh sampah. Pembangunan hotel ini banyak dianggap unik dan aneh oleh sebagian orang. Beberapa orang juga tidak dapat menerimanya karena dianggap jelek (ugly). Akan tetapi mari kita lihat maksud dari pembangunan hotel tersebut. Apakah hal buruk yang ditujukan untuk sesuatu yang baik tidak bisa mengubah nilai dari sesuatu yang buruk. Sekali lagi, hal ini berujung kembali pada persepsi masing – masing orang. Ini adalah salah satu gambar interior dari hotel tersebut

interior” alt=”interior” />

Bagus/jelekkah ruang dari hotel sampah ini?

Saya menemukan berita tentang hotel ini dari situs www.kaskus.us, dimana situs tersebut terkenal dengan sebutan The Large Indonesian Community. Berbagai orang dari seluruh Indonesia dengan latar belakang berbeda pula bergabung disini. Dalam situs ini, persepsi menjadi hak merdeka tiap individu. Pikiran kita adalah milik kita sendiri, tanpa ada yang meengintervensi atau memberi instruksi tentang baik dan buruknya sesuatu.

Hotel di Madrid ini dari sampah, memang. Seluruh dinding dari hotel ini terbuat dari tumpukan sampah. Dindingnya tidak terpoles rapi. Hampir tidak ada keseragaman bentuk dalam komponen yang membentuk bangunan ini. Namun apakah hal – hal diatas menjadikan hotel ini juga ‘sampah’? hal tersebut silahkan anda jawab sendiri.

http://www.lintasberita.com/Dunia/Berita-Dunia/unik-hotel-dari-sampah

http://www.indiumglassfilm.com/serba-serbi/1342-hotel-terbuat-dari-sampah-di-madrid.html

7 Comments »

  1. Saya juga pernah liat thread tentang ini di Kaskus. Saya ingat salah satu komentar agan kaskuser, kira-kira begini komentarnya, “Kalau dibuat di Jakarta pasti hotelnya jadi gede banget yah.” Hahaha, secara nggak langsung menyindir juga tuh.😀

    Comment by Prillia Indranila — March 25, 2011 @ 19:44

  2. wowww…saya tertarik sekali dengan hotel sampah ini. menurut saya, jelek tidaknya memang sekali lagi merupakan persepsi orang dan hal itu subjektif sekali. namun disini hal yg objektif menurut saya adalah bahwa hotel sampah itu “aneh”. semua orang yang mengagumi dan menghinanya akan bilang hotel ini aneh. dan kata aneh itu sendiri tidak dapat langsung kita tafsirkan sebagai sesuatu yang jelek atau buruk. aneh itu sendiri (menurut persepsi saya), sangat dekat maknanya dengan “unik”. mnurut saya, dalam hal ini, orang-orang yang memiliki jiwa seni yang agak nyentrik dan orang-orang yang peduli lingkungan mungkin akan tertarik pada konsep dibangunnya hotel sampah ini.saya pun begitu. uniknya dari hotel sampah ini adalah bahwa ia merupakan bukti nyata konkret ada di sekeliling kita namun tidak terlihat dan terkadang tidak dihiraukan. seperti pepatah kuman di seberang lautan tampak, namun gajah di pelupuk mata tak tampak. sampah ini sendiri merupakan masalah umum yang ada sehari-hari. namun, apabila kita melihatnya sebagai seni, kita tidak akan menjelekkan hotel sampah ini sebagai suatu yang buruk. hotel ini pun bukanlah sampah namun material pembuatnya lah yang sampah. jika dibilang hotel ini baik atau tidak? bagus atau tidak? bagi saya…yah..hotel ini mengelitik hati orang (di lubuk hati terdalam) dan yah hotel ini aneh a.k.a unik dan tidaklah buruk dan bukanlah sampah

    Comment by evita18 — March 25, 2011 @ 21:24

  3. ada kalimat begini dari http://id.wikipedia.org/wiki/Persepsi,
    “Istilah persepsi sering dikacaukan dengan sensasi.Sensasi hanya berupa kesan sesaat, saat stimulus baru diterima otak dan belum diorganisasikan dengan stimulus lainnya dan ingatan-ingatan yang berhubungan dengan stimulus tersebut. Misalnya meja yang terasa kasar, yang berarti sebuah sensasi dari rabaan terhadap meja.”
    menurut saya, persepsi itu cerminan dunia yang pernah kita lihat yang ada dipikiran kita. penilaian “bagus” atau “jelek” termsuk sensasi. berdasarkan cerita hotel sampah dimadrid merupakan ide yang luar biasa bagus. karena dengan menggunakan material yang sudah tak terpakai lagi dia malah menjadikan material tersebut menjadi bangunan yang dipakai manusia. yang tak terpakai jadi terpakai. siapa yang berani mengambil tindakan ide seperti ini. kalau secara estetika menurut saya interiornya bagus karena terlihat elegan. kalau luarnya tak masalah lah soalnya dalamnya sudah bagus.

    Comment by ferafarwah08 — March 26, 2011 @ 16:48

  4. Iya, menurut saya sih kalau hotel sampah ini dilihat oleh orang yang belum tahu tujuan dibuatnya, mungkin dia akan menganggap hotel ini aneh, atau mungkin “jelek” karena bentuknya yang tidak teratur jika dilihat dari luarnya dan materialnya yang dari sampah. Sepertinya itu yang dimaksud dari sensasi ketika melihat hotel ini. Namun apabila orang tersebut mengetahui tujuan dibuatnya, mungkin dia akan berpendapat berbeda, dia nggak akan bilang hotel ini “jelek”. Mungkin dia akan berkata bahwa hotel ini unik, atau mungkin bagus, karena dia telah mengetahui “cerita” di balik dibuatnya hotel ini…

    Comment by Prillia Indranila — March 27, 2011 @ 11:05

  5. Jakarta juga tidak kalah😛, sampah justru digunakan untuk membuat ‘daratan’.. akibat tidak tersedianya lahan untuk tempat tinggal, para nelayan di kampung Kali Baru menimbun sampah dan bambu di pantai, lalu mendirikan tempat tinggal non permanen diatasnya.. Itu jelek atau tidak ya? yang pasti sih bisa mencemari dan membahayakan ekosistem laut

    Comment by rangsiadzani — March 27, 2011 @ 19:00

  6. setiap kali mendengar kata ‘sampah’ apa yang ada dipikiran kita selalu berhubungan dengan jelek atau buruk. itu karena di dalam pikiran kita sudah tertanam kalau sampah itu jelek/buruk. kita dapat berpikir demikian berdasarkan pengalaman kita sebelumnya. padahal belum tentu sampah itu benar-benar buruk.

    Comment by murhardiningtyas — March 28, 2011 @ 00:57

  7. semua mereka akan berfikiran bahawa sampah itu adalah benda yang sangat jijik atau kotor. tetapi adakah kita dapat membuat satu penghayatan bahawa pembinaan hotel sampah itu adalah bertujuan untuk memberikan kesedaran kepada manusia yang tidak berdisplin dalam kehidupan. dan apa kata jika manusia itu sendiri yang tidak berdisplin ( contohnya melanggar larangan Allah ) maka manusia itu di hukum dan dikeraskan lalu dipamerkan. seperti terbena nya hotel sampah tersebut.. bagaimanakah pandangan manusia manusia lainnya.. mungin kah mengambil iktibar atau berjanji dengan diri sendiri bahawa hidup mesti berdisplin.

    Comment by nooriati — July 5, 2011 @ 15:01


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: