there’s something about geometry + architecture

March 26, 2011

Negeri Impian dalam Benak Sang Pemimpi…

Filed under: ideal cities — rangsiadzani @ 07:45
Tags: , ,

Coba bandingkan gambar-gambar diatas… apakah memiliki kemiripan satu dengan lainnya?

Gambar dari kiri ke kanan, adalah pulau utopia (Thomas Moore), Atlantis, Tenochittlan, neverland, dan ideal city… Semuanya adalah kota-kota atau negeri impian,beberapa adalah  tempat yang sebenarnya tidak pernah eksis (neverland, utopia), atau hanya berupa mitos (Atlantis, Tenochittlan).

Bila dilihat, ada beberapa hal yang mirip, yang pertama bentuknya hampir  semua  menyerupai radial. Saya mengatakan ‘menyerupai’  adalah karena hanya menggunakan persepsi pribadi. Seperti teori  persepsi Gestalt, terjadi pengorganisasian komponen-komponen sensasi yang memiliki hubungan, pola, ataupun kemiripan menjadi kesatuan. (Wikipedia)

Bentuk radial pada utopia, terlihat dari bangunan yang mengelilingi pulaunya. Sedikit berbeda dengan peta Atlantis yang memang terlihat seperti lingkaran sempurna (meski sebenarnya lingkaran terbagi 4). Lalu Tenochittlan, meski terlihat berantakan, namun dalam persepsi saya masih tetap radial, ditandai dengan bangunan dikeliling luar kota, dan juga posisi bangunan kota yang berada di air. Neverland, yang paling nampak tidak jelas, tapi kalau diperhatikan.. nama-nama tempat yang ada di dalam pulau dapat membentuk lingkaran. Lalu yang terakhir adalah ideal city, bentuk radial terlihat apabila kita ‘menghilangkan’ ujung benteng yang mengelilingi kotanya.

Kesamaan berikutnya dalam persepsi saya, adalah bentuk yang memusat.. Utopia Nampak memiliki bangunan besar ditengahnya yang menjadi pusat.  Bagi Atlantis terlihat jelas memiliki grid-grid yang memusat menuju lingkaran di atas air. Tenochittlan, memiliki pusat berupa bangunan di tengahnya (kuil/istana), meski gridnya tidak rapi, namun alur-alurnya menuju ke tengah. Sedangkan gunung menjulang di tengah pulau diantara nama-nama tempat di Neverland nampak menjadi pusatnya.  Ideal City memusat menuju menara di tengah kotanya.

Pertanyaannya adalah, mengapa orang yang ‘menciptakan’ tempat-tempat ini  membentuknya seperti itu? Apakah memang seperti teori Gestalt bahwa manusia cenderung menerima  bentuk dasar yang mudah dipahami?

5 Comments »

  1. Mungkin memang ada kaitannya dengan teori Gestalt tersebut. Tapi, memang kota-kota ideal yang terpikir pada zaman tersebut memang cenderung memiliki pola radial dan memusat di tengah ya, dan yang terdapat di tengahnya merupakan pusat kegiatan kotanya atau pusat pemerintahannya. Kalau menurut penjelasan di Utopia-nya Thomas More, “…for that is chief town of the island, being situated near the centre of it, so that it is the most convenient place for their assemblies.” Jadi sepertinya menurut dia sih ada suatu pusat di tengah-tengah island-nya buat memudahkan pemerintahan, kalau ada pertemuan dan sebagainya, atau mungkin mempermudah pengontrolan kota. Kota-kota dengan pola radial juga saya temukan di banyak game, contoh yang paling saya ingat itu kota di game Ragnarok Online (maupun di komiknya), yaitu kota Geffen.

    Kota ini juga bentuknya radial, yaaa benar-benar lingkaran bentuknya.😀 Bentuknya seperti contoh-contoh yang diberikan sebelumnya kan, radial dan memusat, ada bangunan pusat juga di tengahnya (yang big and iconic itu, hahaha :D), menara Geffen. Kalau nggak salah sih akademi sihir (soalnya ini kotanya penyihir, hahaha).

    Comment by Prillia Indranila — March 27, 2011 @ 12:39

  2. Hm, nggak bisa pakai HTML buat gambar ya kalau di komen. Ini gambar kotanya:

    Comment by Prillia Indranila — March 27, 2011 @ 12:43

  3. kota Geffen itu juga berupa khayalan kan.. apa kalau manusia menciptakan kota dalam khayalan sering seperti ini ya?
    sebenarnya saya juga ingin tahu seandainya di jaman dahulu memang benar ada kota-kota dengan tipikal radial seperti ini..

    Comment by rangsiadzani — March 27, 2011 @ 18:42

  4. Ada kok, malah udah disebutin sama Nunu sendiri :)) itu yang paling kanan beneran ada, namanya Palmanova, ada di Italia. Nih tentang kotanya: http://en.wikipedia.org/wiki/Palmanova

    foto kotanya: http://www.atrueitalianexperience.com/new/wp-content/images/palmanova.jpg
    dari atas: http://s3.amazonaws.com/readers/2009/12/28/palmanova_1.jpg

    kalau mau cek sendiri di google earth juga bisa…😀

    Comment by Prillia Indranila — March 27, 2011 @ 21:31

  5. Menurut saya, Ideal City itu sebenarnya dibentuk dari pengalaman dan kebutuhan seseorang atas sesuatu di masa itu. Seperti sebelumnya yang telah Lia katakan bahwa mereka merasa nyaman dalam kota berbentuk terpusat, Bentuk itu sendiri juga dipikirkan atas dasar perlindungan bagi peperangan yang sering terjadi di masanya. Karena bentuk melingkar atau banyak sisi dapat mempermudah pengawasan seseorang atas apa yang terjadi di kotanya maupun di luar kota (mendapat berbagai sudut pandang).

    Bentuk terpusat itu sendiri melambangkan suatu pengaruh atau kekuasaan yang dimiliki seseorang atau suatu lembaga. Seperti contohnya adalah gedung pemerintahan diletakkan di tengah agar letaknya strategis dan dapat mengawasi seluruh kota. Hal lain adalah peletakkan shrine bagi dewa-dewa yang mereka puja agar selalu diingat (diletakkan di tempat yang strategis dan banyak dilewati orang).

    Itu aja sih pendapatnya😀

    Comment by dewibudiyanti — April 2, 2011 @ 00:00


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: