there’s something about geometry + architecture

March 29, 2011

Is it green? Is it yellow? No! It’s…

Filed under: perception — elitanuraeny @ 19:37
Tags:

Nah, silakan isi kelanjutan dari judul setelah anda membaca habis posting ini🙂

Pertama-tama, biar saya bercerita sedikit mengenai apa yang akan saya bahas. Sebenarnya, apa yang akan saya bicarakan disini tak jauh beda dengan ilusi optik dan permainan mata seperti yang sering kita lihat. Tapi, untuk kali ini, ada sedikit perbedaannya. Ilusi-ilusi mata yang biasa kita lihat selalu mendapatkan efek ganda pada saat bersamaan. Misalnya, coba lihat gambar di bawah ini:

Gambar tersebut secara bersamaan menyampaikan dua pesan yang berbeda pada mata kita: gambar seorang perempuan muda dari belakang DAN seorang wanita tua memakai head dress yang sedang tersenyum.

Mari kita coba satu gambar lagi.

Kali ini, ada dua suasana sekaligus dua persona yang ditampilkan. Pertama, adalah sepasang kakek dan nenek yang saling bertatapan, yang satunya lagi adalah perbedaan antara suasana Meksiko dengan India. Keduanya disampaikan secara bersamaan melalui satu gambar.

Kali ini, saya ingin membahas bahwa persepsi ganda seperti ini tidak selamanya diberikan secara nyata–terlukis jelas di atas bidang gambar–seperti pada dua contoh di atas. Kali ini, saya ingin memberikan kepada anda sekalian bahwa persepsi kali ini, kita tidak dikerjai oleh sang ilustrator, tapi kita dikerjai oleh otak dan mata kita sendiri.

Berharap melihat gambar yang lebih spektakuler dari dua gambar di atas, ya? Sayang sekali, gambarnya memang hanya sebuah hati berwarna hijau dengan pinggiran kuning dan noda hitam setitik di tengahnya. Tapi, jangan terkecoh dengan gambar yang sederhana dan terkesan remeh tersebut. Di balik gambar ini, rupanya tersimpan sebuah permainan ilusi yang sangat amat mengagumkan! Sini, mari saya beritahu triknya!

1. Pandangi titik hitam tersebut dengan konsentrasi penuh selama 20 detik (ada juga yang berhasil hanya dengan memandang dalam 15 dengan konsentrasi penuh).

2. Jangan mengedip selama menatap titik hitam tersebut! Hiraukan sejenak rasa pedih di mata!

3. Setelah 20 detik, pejamkan mata sesaat.

4. Alihkan pandangan ke bidang polos berwarna putih.

5. Silakan lihat hasilnya sendiri🙂

Sekali lagi saya berikan gambarnya supaya anda tidak perlu meng-scroll ke atas

Untuk kalian yang mencoba, gambar yang terpantul pada bidang putih polos akan muncul dengan warna yang jauh berbeda dengan warna yang terpampang pada gambar asli. Kenapa? Hal ini karena mata masih menangkap sinyal dari gambar hati tersebut meskipun kita sudah tak memandangi gambar yang sama dan mengirimnya ke otak. Penjelasan lebih lanjut, silakan cek video ini.

Bagi saya, percobaan ilusi ini menarik karena berbeda dari ilusi-ilusi yang selama ini saya jumpai. Dalam ilusi kali ini, kita tidak bisa langsung mengambil persepsi yang berbeda di saat bersamaan. Dibutuhkan media lain yaitu waktu dan ruang untuk memperoleh efek kejutan tersebut.

Nah, sekarang sudah tahu, kan, jawaban dari kelanjutan judul posting ini? Medianya tidak harus kertas putih, kok. Coba dengan berbagai macam kertas warna, dan hasilnya akan sama saja. Tatap layar komputer, layar handphone, warna yang sama yang akan keluar. Diambil kertas putih hanya untuk memperjelas warna yang tampil.

Selamat mencoba!

Sumber :

http://www.youtube.com

http://www.google.co.id/image

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: