there’s something about geometry + architecture

March 29, 2011

kekuatan cahaya menghasilkan bayangan yang tak terbayangkan sebelumnya

Filed under: perception — murhardiningtyas @ 19:31
Tags: ,

Ketika anda melihat gambar di atas, maka anda akan melihat bayangan dari dua orang yang sedang duduk, dan otak anda pun akan berpikir bahwa memang ada dua orang yang sedang duduk tak jauh dari bayangan itu.

Tapi pada kenyataannya apa yang anda lihat itu belum tentu benar. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Tak ada dua orang yang sedang duduk. Yang ada hanyalah tumpukan berbagai macam benda yang sama sekali tidak terlihat seperti dua orang yang sedang duduk.

Itulah yang dilakukan oleh Tim Noble dan Sue Webster. Mereka membuat ilusi bayangan (shadow illusions) dengan mencoba menghadirkan sesuatu yang lain dari bentuk asal mulanya. Bentuk asal mula itu mereka ciptakan dari tumpukan berbagai bentuk sampah. Persepsi mata si penglihatlah yang dimainkan oleh mereka.

Dalam mencapai hasil seperti itu mereka menggunakan seni proyeksi yang merupakan simbol dari seni transformasi. Sebuah cahaya diproyeksikan terhadap tumpukan sampah dan bayangan pada dinding menciptakan gambaran yang sama sekali berbeda. Noble dan Webster sudah sangat familiar dengan proses ini melalui persepsi psikologi dan bagaimana orang menilai bentuk-bentuk abstrak. Sepanjang karier mereka telah bermain dengan ide tentang bagaimana manusia memandang dan mendefinisikan gambar abstrak dengan artinya.

Peranan cahaya dalam proses ini memegang peranan penting karena dengan arah cahaya yang berbeda akan menghasilkan bayangan yang berbeda pula dan itu akan mempengaruhi bentuk bayangan yang diinginkan.

Berikut adalah hasil karya lainnya:


http://www.refashinoso.com/2010/06/09/junk-art-illusion-shadows/

5 Comments »

  1. hebat ya? waaaah..kok rajin banget ya senimannya ngecekin satu2 si sampahnya dan menatanya pelan2 biar keliatan kayak siluet orang. tapi ya itu benar, melihat dari karya-karya itu dibuat di dalam kegelapan dan memanfaatkan bayangan, ternyata peranan cahaya itu bukan sekedar penerang dalam kegelapan, tetapi juga bisa menjadi pemberi makna akan benda dalam kegelapan.

    Comment by nurrisinda — April 1, 2011 @ 08:42

  2. Dari apa yang dijelaskan oleh Ayu, sebenarnya sampah bukan benar-benar hal yang tidak berguna. Walaupun tampak kotor dan kusam namun justru hal itu menimbulkan daya tarik tersendiri dalam karya ini dan menutup pandangan saya sehingga karya ini tak lagi tampak kotor. Saya membayangkan jika karya ini terbuat dari kertas yang ditumpuk-tumpuk saja maka tidak semenarik ini karna akan terkesan monoton dan tidak menyimpan arti tersendiri. Justru akan menambah pencemaran lingkungan, membuang-buang kertas seperti itu. Karya ini juga mengingatkan kita bahwa daur ulang dapat dilakukan untuk mengolah sampah-sampah ini😀

    Comment by dewibudiyanti — April 2, 2011 @ 00:07

  3. Wahh, karya ini membuat saya berpikir, ternyata pikiran seseorang dapat dimainkan sebegitunya ya? hehe..
    Maksud saya, kita manusia umumnya memang selalu memiliki persepsi dan ekspektasi akan sesuatu, dan kita biasanya sangat percaya terhadap persepsi dan dugaan kita sendiri tersebut.
    Karya ini membuat saya sadar, dalam memandang sesuatu, apalagi karya seni, kita sebaiknya tidak membawa persepsi kita ikut serta. Karena peluang hal lain untuk terjadi itu sangat besar, dan peluang persepsi kita sendiri untuk salah sama besarnya.

    Comment by adrianadhin — April 2, 2011 @ 00:52

  4. keren banget …😀

    Comment by Hazmy — May 10, 2011 @ 19:43

  5. Terima kasih infonya

    Comment by ffang29 — February 1, 2015 @ 13:33


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: