there’s something about geometry + architecture

April 4, 2011

Peletakan Kancing (dan Geometri Arsitektur?)

Filed under: architecture and other arts — mahasiswainterior @ 20:31
Tags: ,

Mungkin banyak di antara kita yang tidak menyadari adanya perbedaan peletakan kancing pada busana pria dan busana wanita. Perbedaan peletakan keduanya adalah : pada busana wanita, kancing terdapat di bagian kiri pakaian dan lubang kancing terdapat di bagian kanan pakaian, sehingga gerakan mengancing bergerak dari kiri ke kanan dan tangan dominan yang digunakan ketika mengancingkan baju adalah tangan kanan. Peletakan ini berkebalikan dengan peletakan kancing pada busana pria sehingga tangan pria yang dominan digunakan ketika memasang kancing adalah tangan kiri.

Sejarah menyebutkan peletakan kancing pada bagian kiri busana wanita dimulai dari zaman dahulu, ketika wanita masih dibantu pelayannya yang mayoritas tidak kidal untuk mengenakan baju. Sedangkan busana laki-laki dibuat seperti itu karena pada zaman dahulu laki-laki harus selalu siap berperang sehingga tangan kanannya harus selalu hangat, dengan demikian akan lebih mudah jika proses mengancing dari kanan ke kiri.

Sejarah tersebut memang masih diragukan kebenarannya, dan pada masa sekarang sudah banyak berkembang baju-baju unisex yang tidak memedulikan peletakan kancing baik untuk pria maupun wanita.

Dibalik semua itu, tulisan ini bertujuan sebagai pemicu bagi kita bersama untuk berpikir lebih jauh, mungkinkah perbedaan peletakan kancing pada busana juga berperan pada perbedaan cara berpikir pria dan wanita? Mungkinkah hal yang serupa diterapkan pada suatu bangunan atau interior? Atau mungkinkah sebenarnya fashion memiliki kaitan yang erat dengan geometri dan arsitektur jika ingin digali lebih jauh?

Sumber :

Feldman, David. 2006. Mengapa Jarum Jam Bergerak Ke Kanan dan Mengapa-Mengapa Lainnya. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

2 Comments »

  1. Tulisan ini mengingatkan saya pada sejarah letak tempat duduk supir mobil yang ada di Amerika berbeda dengan di Eropa (Inggris dan Perancis). menurut situs http://archive.kaskus.us/thread/4228467 (kaskus) yang saya baca, penentuan setir mobil pada jaman dahulu ditentukan karena posisi pedang dan satu lagi akibat pecut yang digunakan untuk mengendalikan 2 kuda yang menarik kereta kuda pada masa tersebut.
    jadi, penentuan desain disesuaikan dengan fungsi. tidak sekedar perbedaan jenis kelamin, namun juga adat budaya & kebiasaan setempat.
    pemikiran jaman dahulu banyak yang masih diteruskan sampai sekarang, termasuk dimensi rel kereta api adalah sama di seluruh dunia(menurut buku karangan: Paulo Coelho yang pernah saya baca, namun saya belum memastikan kebenaranya), akibat mengikuti lebar jarak antara roda kereta kuda pada zaman dahulu.

    Comment by imaniarsofi — April 5, 2011 @ 20:22

  2. Memang benar, pasti semua alasan pada tiap fenomena memiliki latar belakang sejarah dibaliknya. Misalnya saja alasan mengapa jarum jam berputar ke arah kanan adalah karena dibuat/menirukan gerakan bayangan matahari yang bergerak ke kanan di belahan bumi utara. Pada bahasan ini, yang dibicarakan adalah busana pria dibuat dengan meletakkan kancing pada bagian kanan pakaian karena tangan kanan laki-laki harus siap siaga untuk berperang sehingga proses mengancing lebih mudah dari arah kanan ke kiri. Menurut saya, hal tersebut memiliki hubungan dengan arsitektur dimana konteks dan waktu berperan di dalamnya. Sekarang konteksnya adalah laki-laki pada umumnya tidak lagi berperang sehingga sebenarnya busana seperti ini sudah tidak wajib pada laki-laki. Kembali lagi pada perancangnya, apakah sang perancang masih terikat dengan sejarah atau hidup di masa kini dimana setiap fenomena tidak semestinya seperti itu. Bayangkan jika seorang designer mengubah arah jarum jam dari kanan ke kiri? Apa efeknya bagi kita? Mungkin awalnya kita tidak terbiasa, karena sudah lekat pada kebiasaan kita bahwa jarum jam bergerak dari kiri ke kanan. Sama halnya dengan kasus busana ini. Mungkin pria sudah terlekat pada kebiasaan mengancing seperti itu. Tapi apa salahnya kalau kita merubah pola perilaku manusia?

    Comment by austronaldo — June 1, 2011 @ 11:27


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: