there’s something about geometry + architecture

April 1, 2012

Teknik Pitch Softball Dipengaruhi Geometri?

Filed under: Uncategorized — dtnada27 @ 18:52
Image

kombinasi bentuk geometris pada lapangan softball. infield dengan bentuk diamond, dan outfield membentuk sebagian lingkaran

Ternyata setelah diperhatikan ternyata teknik olahraga yang dianggap baik memiliki perhitungan dibaliknya, dari segi geometri maupun fisika. Salah satu olahraga yang memiliki banyak aspek geometri didalamnya adalah softball. Tidak hanya dari bentuk lapangannya berupa poligon, tapi juga dari cara bermainnya (pada post ini saya akan membahas pada permainannya)

 

 

 

 

 

 

 

Salah satu gerakan penting dalam softball yang dapat menentukkan alur permainan adalah pitch, yaitu saat pitcher melempar bola untuk lawannya. Gerakan pitch pada softball adalah serangkaian gerakan continous yang dilakukan secara cepat. Apabila dipecah gerakan tersebut (lihat gambar dibawah), akan terlihat beberapa tahap yanan hg menunjukkan terciptanya sudut-sudut tertentu.

Pitch yang baik bagi pemain softball profesional  memiliki kecepatan 70 mph (miles per hour). Jarak antara pitcher’s mound pada home base plate standarnya adalah 43 feet atau sama dengan kurang lebih 12,9 meter. Sehingga kecepatan bola agar sampai  pada area batting kurang lebih adalah 0,42 detik.

Image

breakdown gerakan saat melakukan pitch

Dari sini dapat diketahui bahwa pitch yang bagus memiliki teknik dasar yang harus dilatih agar dapat menjadi natural bagi sang pitcher. Langkah-langkah pitch tersebut antara lain,

  • memasang kuda-kuda awal (jaga keseimbangan dan stabilitas tubuh). Pada tahap ini posisi tubuh harus simetri secara beban, sehingga akan menjadi pondasi kuat saat melakukan gerakan selanjutnya.
  • melangkah kedepan dengan diiringi gerakan memutar tangan (windmill). Gerakan ini ternyata membuat tangan melebar hingga membentuk sudut sebesar 156 derajat dari pundak.

    Image

    gerakan windmill

  • gerakan akhirnya adalah melepas bola tepat saat tangan sejajar dengan paha bersamaan dengan langkah kedua. Titik saat melepas bola harus tepat (pitcher membentuk lingkaran atau windmill yang sempurna), karena hal ini yang akan menentukkan bola menjadi terlalu tinggi atau terlalu rendah dari strike.

Sudut yang tercipta saat memutar tangan dan sudut antar kaki saat melangkah menjadi penting karena gerakan presisi tersebut akan menghasilkan kekuatan yang optimal saat melepas bola dan mengarahkan pada arah yang akurat kearah glove catcher, sehingga dapat menciptakan strike.

 

 

 

 

 

 

 

Menurut saya teknik di bidang olahraga lainnya pasti juga memiliki aspek matematika seperti ini yang juga menjadi penentu antara permainan yang baik dan yang kurang baik. menurut anda bagaimana? apabila ada pendapat mengenai olahraga lain dan pengaruh geometri pada permainannya coba di share🙂

sumber:

artikel oleh Steve Silverman diambil dari http://www.livestrong.com/

Softballperformance.com: Softball Pitching Tips and Observations

http://www.pitchsoftball.com/

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: