there’s something about geometry + architecture

April 2, 2012

Simetri dan Celana Panjang

Filed under: Uncategorized — tknasher @ 22:35
Tags:

Hampir rata-rata semua orang memiliki celana panjang. Tapi tahukah kamu ada hal lain yang sering kita lakukan terhadap celana panjang dan mungkin cara itu berbeda. Saat kita akan menyimpan celana panjang ke dalam lemari, biasanya kita melipat atau menggantungkan celana tersebut. Kenapa kita melakukan itu ? karena kita akan memposisikan dengan benar celana panjang terhadap ruang kita menyimpan. Disini saya akan membahas bagaimana cara kita melipat jeans dan apa yang bisa kita pelajari dari situ ?

Dalam KBBI disebutkan bahwa celana n 1 pakaian luar yg menutup pinggang sampai mata kaki, kadang-kadang hanya sampai lutut, yg membungkus batang kaki secara terpisah, terutama merupakan pakaian lelaki; 2 cakcawat; sedangkan celana panjang adalah celana yg panjang (sampai mata kaki).

Image

gambar 1. Sumbu simetri terhadap celana panjang (jeans)

 

Jika kita perhatikan celana panjang yang memiliki 2 bagian yaitu kanan dan kiri dan diletakkan garis lurus ditengahnya. Kedua bagian ini bisa dikatakan simetris (gambar 1). Jarak antara satu komponen kanan dengan satu komponen kiri itu sama panjang. Seperti letak kantung, garis pinggir celana dan tali pinggang. 

Image

Gambar 2. Salah satu cara melipat celana panjang

 

Coba amati saat kita melipat celana panjang seperti diatas. Kita melipat dua bagian jelana menjadi satu dengan sama (simetris). Garis samping bagian dalam bertemu antara kanan dan kiri dan bagian lain bertemu dengan bagian yang sama  Kemudian celana tersebut dilipat kesamping mengikuti bagian garis yang lurus (garis merah pada langkah  2). Saat celana berada dalam posisi 2, dibagi menjadi 3 bagian yang sama besar a-a-a. Kemudian celana tersebut dilipat ke samping (1 ke 2) dengan arah yang sama sebesar 1/3 bagian sehingga masih tersisa 2/3. Selanjutnya dilipat lagi ke samping dengan arah yang berbeda (3 ke 2). Sehingga ke 3 bagian ini berada pada bagian 2 dengan posisi 3 diatas diikuti 1 dan 2. Pada langkah kelima, saya menemukan 3 garis yang lurus dan 2 sudut siku-siku yang terbentuk dari ketiga garis tersebut. Posisi garis ini merupakan salah satu yang tanpa kita sadari membantu kita untuk meletakkan bagian mana yang menempel terhadap dinding lemari. 

Image

gambar 3. Celana panjang terhadap lemari

 

Dari cara melipat celana panjang diatas, dapat kita temukan bahwa simetri yang ada pada celana panjang bukan hanya pada bagian kanan dan kiri yang sama. Tetapi simetri yang ada bisa ditemukan saat kita melipat kedua bagian menjadi satu dengan komponen yang satu bertemu dengan komponen lain yang sejenis (misal garis samping celana bagian dalam). Jika kita melakukan itu sesuai dengan ke-simetri-annya maka bentuk akhir dari lipatan tersebut akan terkesan sama dan rapi. Lipatan akhir ini juga yang menentukan bagaimana besaran ruang untuk meletakkan celana panjang ini 

 

1 Comment »

  1. ketinggalan:

    referensi
    cara melipat celana panjang. http://ilmuretail.com/artikel_vm/lipat_celana.php dibuka pada 2 April 2012 pukul 19.52 WIB
    http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php dibuka pada 2 April 2012 pukul 19.57 WIB

    Comment by khasyyatikanasher — April 2, 2012 @ 22:37


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: