there’s something about geometry + architecture

April 3, 2012

orientasi geometri bawah sadar

Filed under: Uncategorized — dreamers_cabin @ 23:45

Setiap orang secara  tidak disadari telah memiliki alam bawah sadar yang mempengaruhi hampir setiap aspek kehidupan, baik pada saat menilai sesuatu maupun menciptakan sesuatu. Sebagai simulasi singkat, mari membayangkan kita menggambar seekor bebek di benak kita.

Sudah selesai? Mudah bukan? Tentu saja sangat mudah menggambar seekor bebek karena kita telah diajarkan menggambar bebek sejak kecil. Sekarang muncul pertanyaan, bebek yang Saudara gambar menghadap ke mana? ke kanan atau ke kiri? Di dalam bayangan saya dan sebagian besar orang, bebek akan langsung tergambar menghadap kiri. Hal ini disebabkan karena pola mengajar kepada anak – anak untuk menggambar sebuah bebek adalah dengan membuat angka 2 terlebih dahulu kemudian baru dibentuk bebek. Alhasil semua bebek di alam bawah sadar otomatis menghadap ke kiri. Namun tidak hanya berhenti pada gambar bebek di alam bawah sadar, hal tersebut berlanjut ke gambar tangan yang dibuat secara sadar.

salah satu contonya adalah gambar di bawah ini.

 

Kemudian, mari kita membayangkan menggambar sebutir telur. Apakah sudah selesai? yak, sangat mudah, karena kita cukup membayangkan bentuk oval dengan lengkungan atas yang lebih runcing dari pada lengkungan bawah telur. Mengapa demikian? pengalaman keseharian kita menanamkan harga mutlak bahwa telur dengan permukaan lengkung lebih runcing di bawah akan menggelinding dan terjatuh. sehingga tanpa di suruh, telur akan tergambar sedemikian rupa dengan kesetimbangan yang luar biasa. maksudnya di sini adalah akan sangat jarang orang menggambarkan telur yang sedang tertidur atau sedang berguling. Hal ini juga disebabkan oleh orientasi gambar telur yang di ajarkan kepada kita saat kecil.

Proses berarsitektur dimulai dari ide, yang kemudian di visualisasikan di dalam pikiran baru di tuangkan ke luar melalui berbagai macam media. Proses awal inilah yang sangat rentan terpengaruh oleh orientasi geometri bawah sadar yang dapat menjadi batu sandungan kalau tidak disadari oleh sang perancang.

Namun, orientasi geometri bawah sadar ini sering digunakan untuk menyampaikan dan menciptakan kesan dan pengalaman ruang tertentu seperti perasaan tertusuk, tertekan, terhanyut, bergelora, dsb. Jadi, apa yang harus kita lakukan dengan orientasi geometri bawah sadar ini? apakah perlu dihilangkan? atau malah dipertajam?

1 Comment »

  1. Apa yang Anda tuliskan memang terjadi ketika saya membayangkan bebek dan telur itu. Saya setuju dengan pernyataan Anda bahwa hal tersebut disebabkan karena di alam bawah sadar kita sudah tertanam image-image yang diajarkan berulang-ulang ketika kita masih kecil. Pengulangan itulah yang membuat image tersebut terpatri di pikiran kita. Manusia cenderung memikirkan image yang sesuai dengan preferensi mereka sehingga apabila kita tak pernah melihat bebek secara langsung dan hanya mengetahuinya dari gambar dua dimensi, mungkin kita akan sejenak bingung dalam mengerti bahwa objek itu adalah bebek. Dalam kaitannya dengan geometri, saya rasa manusia lebih mudah menerima bentuk-bentuk 2D, apalagi yang simetris ketimbang 3D. Oleh karena itu, menurut saya orientasi bawah sadar ini lebih baik diasah dengan mencoba mengaitkan bentuk pertama yang terlintas di pikiran dengan bentuk nyata sehingga kita dapat melihat suatu objek sebagai suatu bangun yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi, bukan panjang dan tinggi saja.

    Comment by nadhilaadelina — April 4, 2012 @ 00:47


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: