there’s something about geometry + architecture

April 3, 2012

Ransel dan Proporsi Tubuh…

Filed under: Uncategorized — Fatya Faizanur Rochman @ 21:31

Ketika kita diharuskan membawa barang yang banyak dalam satu waktu, tas apa yang akan anda bawa? Tas jinjing? Tas selempang? Tas ransel? Atau semuanya dibawa sekaligus hingga tak ada tangan yang kosong?

Jika anda memilih tas selain ransel, dan jika anda melakukannya dengan cukup sering dan membawa beban yang berat, alangkah baiknya anda cepat berpindah ke tas punggung/ransel? Mengapa?

Banyak alasan… yaitu tas ransel yang besar dapat mengangkat beban berat hingga 10 kg, yang mengandalkan berat sebagian besar dari badan mereka, memakai kekuatan pinggul dan meninggalkan kekuatan bahu untuk menstabilkan muatan, dikarenakan pinggul lebih kuat dari bahu, dan menambah keseimbangan, karena itu kita merasa lebiih nyaman menggunakannya.

Sedangkan tas tangan (clutch) pasti tidak akan sanggup dan akan terjadi timpang, dan penelitian menunjukkan bahwa banyak perempuan yang mendapati penyakit pegal-pegal di bagian pundak dan punggung dibanding laki-laki, karena perempuan membawa barang-barang mereka yang cukup berat dengan tas jinjing atau selempang yang menyebabkan beban yang tidak seimbang, apakah anda juga pernah merasakan sakit itu? Berhati-hatilah..:) berarti sudah saatnya pindah ke tas punggung:p

            Lalu apa hubungannya saya membahas tentang tas ransel ini dengan mata kuliah kita? Saya ingin mengaitkan penggunaan tas terutama tas ransel ini dengan proporsi tubuh, bagaimana atau apa yang diperlukan untuk membuat dan menjadikan tas ransel yang nyaman? Tentu pastinya harus melihat bagaimana proporsi tubuh manusia, dan proporsi sangat berkaitan dengan geometri dan arsitektur.

‪            Bentuk tubuh kita memiliki bagian-bagian yang mirip dengan sebuah bangunan, kaki dari telapak sampai pinggul menjadi sebuah fondasi yang menopang bangunan yaitu badan kita, dan untuk membuat sebuah tas ransel yang baik harus bisa menyalurkan beban secara merata, yaitu dengan memindahkan sebagian besar bebannya pada pinggul dan kaki, dimana hal ini sama dengan bagaimana kita merancang sebuah bangunan, harus memperhatikan strukturnya bagaimana menyalurkan beban dengan merata melalui fondasi. Jika beban tertuju pada bahu, akan mengurangi kemungkinan cedera dari tekanan tali bahu serta membatasi jangkauan gerak tubuh bagian atas.

Untuk membuat desain tas ransel yang nyaman, semua hal harus dikaitkan dengan penyaluran beban ke bawah secara merata, dimulai dari bagian badan/tasnya, ukurannya harus disesuaikan dengan kebutuhan, apa saja yang dibawa, dan tidak boleh terlalu besar agar pengguna nyaman, rata-rata tas ransel untuk sekolah dimensinya  50 x 36 x 12, sedangkan bagian yang penting juga yaitu strap/tali bahu, rata-rata panjangnya 80-90 cm dan bisa diatur panjang pendeknya, sehingga sesuai dengan tubuh penggunanya, dan untuk menambah kenyamanan lagi, strap bahu lebih baik agak lebar dan mempunyai bantalan, agar tidak membuat bahu pegal.

Mendesain sesuatu yang nyaman bagi penggunanya sangat penting bukan…

http://www.lovelytoday.com/trendlifestyle/2012/01/02/6208/tips-pilih-tas-tepat-demi-kesehatan-bahu

http://id.wikipedia.org/wiki/Ransel

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: