there’s something about geometry + architecture

April 3, 2012

Revolution 9: disturbing song or masterpiece

Filed under: Uncategorized — agustinusleonardo @ 20:42

Siapa yang tidak mengenal the beatles. Sebuah band asal Inggris yang memilik anggota John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, Ringgo star. Namun ada salah satu lagu yang cukup fenomenal yaitu “Revolution 9”. Lagu ini merupakan lagu ciptaan John lennon dan merupakan salah satu lagu kebanggaannya, ia menganggap lagu ini sebagai lagu masa depan. Komposer yang menjadi inspirasi John Lennon adalah Stockhausen dan John Cage. dia adalah komposer yang membuat lagu-lagu eksperimental.Apa bila kita mendengarkan lagu revolution 9, mungkin kita akan berpikiran bahwa ini lagu yang mengganggu  karena sama sekali tidak jelas ritmenya. liriknya pun mayoritas hanya kata- kata “number 9”, “right” Lagu ini terkesan seperti lagu yang dibuat asal-asalan. Namun lagu ini pernah dibawakan oleh orkestra namun berbeda sekali presepsi yang muncul. Ketika dibawakan oleh orkestra Will Alarm Sound lagu ini biasa saja tidak menimbulkan kesan mengganggu dll. Bahkan terdengar seperti lagu-lagu orkestra kebanyakan.

Nah apakah setiap lagu harus diciptakan selalu jelas ada bagian-bagiannya?yang tidak muncul di lagu Revolution 9. Lalu kenapa ketika lagu ini dimainkan oleh orkestra lagu ini menjadi enak didengar tanpa orkestra tersebut mengaransemen ulang (baik itu mengubah tempo dll, hanya berbeda alat musik saja).

silahkan dilihat videonya di youtube.com

http://www.youtube.com/watch?v=_WjfQSxcq0c (versi orkestra)

http://www.youtube.com/watch?v=wdPvN7HOLh8 (versi the beatles)

masih banyak lagu-lagu seperti ini seperti salah satu album pink floyd “Ummagumma”

 

1 Comment »

  1. Revolution 9 mungkin memang bisa dinilai sebagai salah satu lagu the beatles yang cukup “mengganggu”, terutama bagi mereka yang tidak menikmati musik the beatles. Lagu ini adalah sebuah lagu eksperimental dari John Lennon (yang menyebutnya sebagai musik masa depan).

    Pink Floyd pun pernah melakukan eksperimen terhadap musiknya, yaitu pada album meddle (1971), beberapa tahun setelah otak dari band ini (Syd Barret) keluar. Di album itu ada satu lagu yang mungkin sangat menggangu bagi orang awam, yaitu Seamus, lagu sepanjang 2 menit 30 detik ini seperti duet antara David Gilmour dan Anjing.

    Untuk album Ummagumma (1969), album ketiga dari Pink Floyd, setelah The Piper at the Gates of Dawn (1967) dan A Saucerful of Secret (1968), saya kurang setuju jika disebut sebagai disturbing sound. Saya lebih setuju jika mereka disebut sebagai bentuk lain dari musik, bagian dari berkembangnya Psychedelic Era di dunia seni.

    Pada awal kemunculannya, tiga album pertama saat Syd Barret masih aktif, musik Pink Floyd memang pernah dianggap bukan musik. Di album ini Anda bisa menikmati keunikan lagu ciptaan Roger Waters, Several Species of Small Furry Animals Gathered Together in a Cave and Grooving with a Pict, yang mungkin sama “mengganggunya” dengan revolution 9. Lagu lain dari album Meddle, yaitu Echoes, lagu sepanjang 23 menit 32 detik ini, juga “unik” namun saya sendiri selalu dapat menikmati waktu 23:32 bersama lagu ini. Bahkan di album terbaiknya The Dark Side of the Moon, ada satu lagu yang tampak “mengganggu telinga, The Great Gig in The Sky. Anda pasti tau.

    Mungkin para musisi seperti John Lennon, Pink Floyd, Bob Dylan, Janis Joplin, Jimi Hendrix, dan lainnya, hanya mencoba untuk menciptakan bentuk lain musik untuk dapat dinikmati, yang ditelingga beberapa orang mungkin mengganggu.

    Comment by mahardikaandi — April 4, 2012 @ 00:33


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: