there’s something about geometry + architecture

April 3, 2012

rule of third sebagai metode “golden section” pada photography

Filed under: Uncategorized — nirmalahayatiars08 @ 18:04

Dalam arsitektur golden section dikenal sebagai salah satu metode untuk menghadirkan sebuah bangunan yang dapat dikatakan bagus secara proporsi. Golden section digunakan untuk mengatur komposisi elemen-elemen bangunan. Tidak hanya dalam arsitektur, dalam photography juga dikenal metode rule of third, yang mengatur komposisi objek-objek yang akan ditangkap kamera. Metode rule of third adalah metode yang membagi  layar kamera menjadi tiga bagian sama besar secara horizontal dan vertical. Metode ini menggunakan garis dan titik dari pertemuan garis-garisnya sebagai paduan dalam memposisikan objek yang ingin di foto pada layar kamera.

             

 Rule of third  merupakan salah satu metode dalam photography yang dapat memberikan kesan aestetik terhadap fotonya. Selain itu metode ini juga merupakan metode yang dapat menciptakan foto yang komposisinya enak dilihat mata. dalam fotografi metode ini merupakan metode yang wajib untuk diketahui namun tidak selalu wajib untuk diterapkan. Karena untuk menghasilkan foto yang bagus tidak serta merta menggunakan metode ini. Dalam perkembangn dunia fotografi, metode  lain untuk menghasilkan foto bagus lebih banyak  dieksplorasi, salah satunya adalah mencari momen atau karakter foto. Sedangkan dari segi komposisi, sekarang ini komposisi yang rapih dan teratur kadang lebih terlihat biasa atau membosankan, sebagian banyak yang mencoba komposisi yang acak atau berantakan. Namun, tidak semuanya foto yang menggunakan rule of third tidak bagus, banyak juga yang bagus dan enak dilihat.

Dibawah ini merupakan foto-foto yang menggunakan metode rule of third:

 

  

Dibawah ini merupakan foto-foto momen:

  

Bagaimana pendapat anda terhadap foto-foto diatas, semuanya tergantung dari selera yang melihatnya. Banyak hal yang dijadikan penilaian dan salah satunya adalah tren saat ini. Photograpy juga merupakan dunia yang depengaruhi oleh banyak perkembangan tren. Bukan berarti metode rule of third yang sudah dikenal lama dan menjadi salah satu metode dasar photography tidak bermanfaat. metode rule of third sebenarnya dapat di eksplorasi dengan menggabungkan dengan metode lain sehingga foto juga tampak lebih hidup dan dinamis (tidak datar atau kuno). Karena sejatinya pada saat kita mengambil foto, pertimbangan awal pastilah momen yang ingin kita tangkap, dan metode-metode seperti rule of third merupakan salah satu metode yang dapat membantu kita mengambil foto dengan baik.

Begitu juga halnya dunia arsitektur bukan berarti suatu metode yang sudah lama dan menjadi dasar dalam bidang tersebut menjadi satu-satunya pertimbangan untuk menilai bangunan aritektur tersebut bagus. Tapi kita juga dapat menggunakan berbagai metode. Karena sejatinya orang menikmati seni dengan cara yang berbeda-beda.

Sumber foto:

http://www.flickr.com/photos/21644167@N04/3032912523/lightbox/

http://www.flickr.com/photos/cjb22222222/5400854473/lightbox/

http://www.flickr.com/photos/57511321@N00/6261565597/

http://www.flickr.com/photos/captainkimo/6056017832/

http://www.flickr.com/photos/captainkimo/6056017832/

http://www.flickr.com/photos/john/144190539/

http://www.exposureguide.com/soccer-photography-tips.htm#tip5

http://www.capturedmomentphoto.com/default.asp

http://www.photographymad.com/pages/view/rule-of-thirds

1 Comment »

  1. sebenarnya rule of third bukan sebagai patokan untuk mengambil sebuah foto. tidak semua foto yang memakai metode ini merupakan foto yang bagus. Seperti halnya apabila kita mengambil foto moment, akan sangat sulit menerapkan metode ini (keburu hilang momentnya), tapi apabila menerapkan rule of third dalam foto momen mungkin fotonya akan menjadi sangat menarik. selain komposisi mungkin banyak juga hal yang mendukung kualitas foto seperti pencahayaan dll.

    Comment by agustinusleonardo — April 3, 2012 @ 20:55


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: