there’s something about geometry + architecture

April 3, 2012

Trik Dalam Bulu Tangkis

Filed under: Uncategorized — fariddinattar @ 15:41

Badminton atau sering disebut juga bulu tangkis adalah olahraga yang banyak digemari di Indonesia. Indonesia banyak mendapat gelar juara dari cabang olahraga ini dalam berbagai kompetisi dunia. Olahraga ini dilakukan oleh dua orang maupun berempat secara beregu. Bulu tangkis menggunakan peralatan raket untuk memukul shuttle cock  ke arah permainan lawan yang dibatasi oleh net. Aksi-aksi memukau dari lapangan bulu tangkis sering menjadi daya tarik. Trik-trik yang dilakukan dalam permainan ini memperlihatkan kualitas permainan serta teknik yang dimiliki atlet tersebut. Didalam permainan bulu tangkis sendiri terdapat berbagai trik yang dapat dilakukan untuk menipu lawan. Taufik Hidayat atlet bulu tangkis Indonesia ini memiliki kemampuan backhand shoot-nya. Backhand smash yang dilayangan kearea musuh sering tidak terduga oleh lawan-lawannya. Saat melakukan triknya Taufik Hidayat sudah memahami betul dimensi lapangan dan pergerakan lawan.

Taufik Hidayat's Backhand

Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dan mempunyai ukuran 6,1 meter dan panjang 13,4 meter. Garis-garis yang ada mempunyai ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan. Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning. Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintesis yg lunak. Permukaan lapangan yang terrbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain. Jaring  setinggi 1,55 m berada tepat di tengah lapangan. Jaring harus berwarna gelap kecuali bibir jaring yang mempunyai ketebalan 75 mm harus berwarna putih.

Lapangan Bulu Tangkis

Posisi / formasi awal pemain  adalah salah satu hal yang memegang peranan penting dalam permainan. Posisi berdiri yang terlalu mundur atau terlalu maju kedepan dari net akan memberi peluang lawan untuk melakukan servis yang menyulitkan bagi kita. Saat kita berdiri terlalu jauh dari net musuh memiliki kesempatan untuk melakukan short forehand service atau servis pendek yang menyebabkan kita mati langkah dan kehilangan poin. Hal ini juga terjadi sebaliknya saat kita berdiri terlalu dekat dengan net. Pada formasi awal bulu tangkis permainan ganda, komposisi yang tepat perlu diperhatikan. Pemain yang memiliki jangkauan yang lebih jauh biasanya berada dibelakang dan pemain yang memiliki kecepatan dibagian depan. Saat berlangsungnya permainan ganda memungkinkan pemain saling berpindah posisi untuk melakukan serangan atau pertahanan. Saat bertahan biasanya formasi pemain ganda sejajar hal ini dimksudkan agar memperbesar jangkauan saat bola datang. Dan saat menyerang formasi depan belakang dan menyilang digunakan dengan satu pemain bergantian menekan dan satu bersiap untuk bertahan.

Formasi menyerang

Formasi bertahan

Salah satu hal yang penting didalam badminton adalah servis. Servis dilakukan diawal permainan dimana pemain memukul shuttle cock kearah area melewati net. Dalam peraturannya pada awal  permainan servis dilakukan dikotak sebelah kanan pada area sendiri dan mengarahkan cock ke bagian kanan daerah musuh. Didalam servis juga terdapat trik-trik yang dapat dilakukan untuk menyulitkan lawan. Salah satu caranya adalah untuk servis yang akurat dimana shuttle cock yang dipukul dibuat serendah mungkin dan tipis melewati net. Selain itu, servis lob jauh juga bisa dilakukan untuk mengelabui lawan yang terlalu maju berdiri diarea permainannya.

Badminton Court Legal Bounds

Dari pembahasan mengenai trik permainan badmiton ini terlihat bahwa komposisi pemain serta penempatan bola yang benar akan menghasilkan poin. Penempatan bola juga dipengaruhi oleh pemahaman kita terhadap dimensi lapangan dan kelihaian dalam melakukan pergerakan. Saat bermain kita harus siap untuk bertahan maupun menyerang dan positioning yang tepat terhadap bola maupun lapangan menjadi poin yang penting dalam permainan.

Terima Kasih

Referensi :

http://www.bwfbadminton.org/

http://www.bulutangkis.com

http://www.badmintonbible.com

http://www.youtube.com/watch?v=QX4915WkFvU

http://en.wikipedia.org/

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: