there’s something about geometry + architecture

April 4, 2012

ada geometri di gerakan capoeria

Filed under: Uncategorized — mmaaiillhdyth @ 00:46

Capoeira adalah Afrika-Brasil tarian yang efektif memadukan seni tari dengan seni bela diri. Mengatur tubuh dalam gerakan yang terus-menerus, Capoeira adalah koreografi terselubung yang memperkenalkan berbagai teknik dan gerakan yang sangat baik.
Meskipun awalnya dimulai sebagai tarian ritual yang dilakukan oleh budak Afrika dalam mengungkapkan Brazilto pertahanan dan menyerang untuk mendapatkan kembali kebebasan, Capoeira segera berkembang menjadi seni bela diri. Gerakan Capoeira vital dalam permainan dan kekuatan mereka terletak pada fleksibilitas Capoeiristas dalam menggunakannya. Pemain harus mampu bergerak di sekeliling roda sambil bermain. di dalam capoeria jangan pernah untuk mencoba mengalahkan lawan bermain. karena lawan bermain kita adalah bukan musuh melainkan teman kita sendiri, dan kita harus menjaga permainan berjalan secara baik dan benar. ternyata di dalam berbagai gerakan-gerakan dasar capoeira tercipta berbagai bentuk geometri. tanpa disadari dari urutan-urutan gerakan dasar tersebut tercipta bentuk-bentuk geometri yang sudah kita kenal. untuk lebih jelasnya mari kita perhatikan bebebrapa gerakan dasar dari capoeira.
Gerakan dasar Capoeira adalah sebagai berikut:

1. Ginga
Ginga adalah gerakan yang paling umum dari Capoeira. Berayun dari sisi ke sisi, pemain masuk ke dalam irama musik dan ia menyerang atau membela. Yang terus-menerus bergerak Capoeirista menghindar, feinting, menyerang dan menghindari.
Ginga menggunakan seluruh tubuh. Lengan yang diselaraskan sehingga tubuh tidak dalam keadaan menendang; batang tubuh yang terlibat untuk mendukung kaki sebagai pemain berdiri untuk menyerang atau membela; tubuh bagian atas bersandar sehingga untuk menghindari tendangan, tetapi juga ke depan sehingga dapat menemukan kesempatan untuk menyerang lawan. Semua gerakan harus sesuai dengan irama musik Capoeira yang dimainkan oleh instrumen perkusi tradisional, yaitu berimbau.
Untuk menguasai gerakan Ginga, kedua kaki harus dijaga selebar bahu dan kemudian satu kaki harus dibawa bolak-balik membentuk sebuah segitiga. Ada variasi kecil Ginga antara Angolaand Capoeira dan Capoeira Regional. Dalam Capoeira Angola, Ginga adalah kebebasan Capoeiristas bergerak dan dapat menggunakan gaya mereka yang unik. Sebaliknya, di Capoeira Regional, Ginga adalah bergerak dikendalikan hanya menyisakan sedikit ruang untuk bertindak spontan.

ginga sequence

learn basic ginga

2.  Au
Au adalah baik sebuah serangan dan pertahanan bergerak yang dapat menjadi fondasi dari beberapa kemungkinan kombinasi. Dalam bentuk dasarnya, lengan dan kaki membungkuk dan bagian belakang melengkung, sehingga tubuh membuat profil sasaran yang rendah dan pemain dapat menghasilkan manuver menendang. Dengan Au, Capoeiristas belajar untuk mengenali lingkungan mereka saat mereka menonton sebagian besar lawan mereka sehingga untuk menghindari ditendang dalam keadaan tubuh terbalik. Akibatnya, gerakan Au mengintegrasikan serangan dari meroda dan jika dilakukan dengan benar dapat meninggalkan lawan gemetar, tidak seimbang atau bahkan malu untuk melanjutkan. dalam gerakan ini di sebut juga gerakan meroda, dimana tubuh kita melakukan urutan gerakan membentuk setengah lingkaran. berawal dari berdiri lalu meletakkan kedua tangan ditanah, dan mengayunkan kaki ke arah atas.
Gerakan au muncul dalam variasi yang dikenal sebagai au batido, au aberto, au batendo, fechado dan au au sem mao.

ilustrasi gambar dari au

video_2361315_au-brazilian-capoeira-martial-arts.html

ternyata dari penjelasan-penjelasan di atas bahwa geometri ada dimana saja dan kapan saja. di dalam olah raga, maupun didalam seni beladiri. salah satunya adalah seni bela diri caopeira, dimana telah di jelaskan diatas bahwa di setiap gerakan-gerakan yang ada terdapat bentuk-bentuk geometri sehingga tercipta gerakan yang ideal dan sempurna dengan bertumpu dari bentuk geometri.

referensi:

http://www.mardb.com/capoeira-basics/

(article by Marc Heitler)

3 Comments »

  1. Dari penjabaran tentang capoeira di atas, saya mengetahui bahwa terdapat pencampuran antara gerakan tari dan seni bela diri yang menarik apabila digabungkan. Pada dasarnya, gerak tubuh tersebut akan secara berirama dilakukan untuk mengungkapkan perasaan, maksud, dan ada cerita di balik gerakan-gerakannya. Ternyata perbedaan capoeira begitu tampak dibanding dengan olah raga bela diri lainnya. Menurut Spranger, terdapat 6 nilai dasar manusia yang di antaranya adalah nilai estetika, dimana manusia mementingkan bentuk, keluwesan, dan keindahan. Sehingga, dalam capoeira, selain unsur pertahanan diri, musik dan akrobatik pun menjadi bagian dalam latihan. Sama halnya dengan bela diri lain, teknik yang digunakan dalam setiap gerakan antara lain menyerang, bertahan, dan menghindar. Bedanya, dalam capoeira terdapat gerakan-gerakan akrobat seperti kepala di bawah, dan koprol. Jika diperhatikan, gerakan-gerakan ini nyaris sama dengan Breakdance. Hal ini mengacu pada teori persepsi yang diutarakan oleh Gestalt dimana terdapat penyederhanaan persepsi dari bentuk-bentuk yang ada, yang akan menunjukkan makna dari bentuk keseluruhannya.

    Comment by nanabestari — April 4, 2012 @ 08:59

  2. Bagian mana dari gerakan-gerakan capoera yang telah anda sebutkan diatas, yang anda klaim telah mengandung unsur geometri? Lalu apa dampaknya terhadap ‘produk’ yang dihasilkan, selain menciptakan gerakan yang ‘ideal’ dan ‘sempurna’?

    Comment by asysyifaazzahra — April 4, 2012 @ 19:56

  3. bukan sekedar nyaris sama dengan gerakan breakdance, justru gerakan-gerakan breakdance di ambil dari gerakan-gerakan capoeira yang memang sudah ada dari sejak dulu.

    sebenarnya hampir keseluruhan dari gerakan-gerakan capoeira mengandung unsur geometri, dua contoh yang saya berikan adalah salah satunya. yang pertama dari ginga, yang membentuk geometri pada ginga adalah gerakan kaki yang berulang-ulang sehingga membentuk bidang geometri yang terlihat pada gambar diatas. begitupun pada contoh yang kedua, dari perpaduan gerakan antara kaki dan tangan dapat membentuk bidang parabola yang juga dapat dilihat ilustrasinya pada gambar diatas. mungkin ‘produk’ yang anda maksud adalah sebuah gerakan pada capoeira, selain menciptakan gerakan yang ideal dan sempurna juga dapat membantu seorang capoeirsta melakukan gerakan yang benar sehingga dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. karena apabila gerakan-gerakan capoeira dilakukan tanpa mengindahkan aturan-aturan yang ada maka banyak hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi seperti terkilir ataupun patah tulang. karena tiap-tiap gerakan capoeira mengandung unsur akrobatik yang sangat membutuhkan keelastisan tubuh. maka bentuk-bentuk geometri yang tercipta adalah sebagai tumpuan bagi capoeirista melakukan gerakan-gerakan dengan baik dan benar.

    Comment by mmaaiillhdyth — April 4, 2012 @ 23:53


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: