there’s something about geometry + architecture

April 4, 2012

flush toilet and the swirl shape direction

Filed under: Uncategorized — didhaigasi @ 22:42

Seringkali saya memperhatikan kemana arah putaran air dari flush toilet atau yang sering kita sebut toilet duduk. Ya, pusaran air tersebut membentuk bentuk spiral, dan percaya atau tidak, arah pusaran air tersebut selalu mengarah ke arah yang sama, yakni ke kiri atau berlawanan jarum jam. Menurut banyak penelitian yang telah dilakukan oleh banyak orang lain di seluruh dunia, muncullah sebuah “keyakinan” bahwa arah pusaran air dari flush toilet di bumi bagian utara garis equator mengalir searah jarum jam. sebaliknya, arah pusaran air di belahan bumi bagian selatan garis equator mengalir berlawanan arah jarum jam, dengan kata lain ke kiri. sama seperti arah di flush toilet di rumah saya

arah pusaran air berlawanan jarum jam

 

 

 

 

 

 

 

 

berlawanan arah jarum jam

arah pusaran air berlawanan arah jarum jam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

searah jarum jam

Bermodal dari hasil riset banyak orang tersebut (saya mengatakan banyak orang karena memang telah banyak orang yang telah memperhatikan arah pusaran air dari flush toilet dari berbagai belahan bumi ini.) kemudian muncul di benak saya logika bahwa jika flush toilet yang berada tepat di garis equator akan menyebabkan arah air langsung menuju ke lubang toilet tanpa berpusar terlebih dahulu. akan tetapi ternyata tidak begitu adanya. flush toilet yang berada di St. Cristobal, Galapagos yang berada hanya terpisah satu derajat dari selatan garis equator, arah pusaran air tetap mengarah berlawanan arah jarum jam.

Pemahaman mengenai arah pusaran air dapat ditentukan berdasarkan posisi dimana toilet itu berada di bagian bumi didasarkan pada Coriolis Effect, yang merupakan suatu akibat dari berotasinya Bumi ini terhadap benda yang bergerak. akan tetapi hal itu tidak menjawab akan apa yang terjadi pada toilet yang berada tepat di garis equator. menurut saya, kekuatan yang mendorong keluarnya air tersebut dari tangki air ke lubang toilet memiliki peran yang lebih besar dalam penentuan arah pusaran daripada gerak berotasinya bumi. Ditambah lagi gerak air yang keluar dari tangki yang kemudian bertemu dengan bentuk pispot yang melingkar membuat bentuk spiral dari arah pusaran air.

pusaran air

 

 

 

 

 

 

 

 

coriolis effect

 

 

 

 

 

 

 

 

Hal yang saya dapatkan dari memperhatikan pusaran air flush toilet ini adalah bahwa sebuah bentuk dapat tercipta dengan dipengaruhi oleh suatu gaya yang pada kasus ini adalah gaya rotasi bumi. Coriolis Effect ini memang dapat mempengaruhi arah pusaran air, hal tersebut mungkin hanya terjadi dalam skala yang besar,  contohnya angin topan, ataupun pusaran air di sungai /  dilaut.  Tetapi kemungkinan terjadi di toilet juga ada, hanya jika toilet anda selebar 1/2 meter.😀

2 Comments »

  1. FYI, gay corioli itu muncul akibat adanya gaya rotasi bumi, corioli = gaya karena rotasi bumi. pendapat anda di bagian akhir yang menyatakan pusaran air flush toilet tercipta karena adanya gaya rotasi bumi sedikit menggelitik saya karena ya memang gaya rotasi bumi itulah gaya corioli, alias sama. menurut pendapat saya flush toilet (skala kecil) lebih dikarenakan vektor yang muncul karena gaya grafitasi (kaidah tangan kanan) yang berhubungan dengan kecepatan sudut => rotasi searah jarum jam -> vektor turun atau seperti prinsip cross vektor satuan (i x j = k)

    Comment by Hernu Cahya Prawira — March 13, 2014 @ 11:35

  2. pertanyaan yang sama dari dosenku. yang belum bisa ditulis jawabannya kalau belum praktek sendiri jika belum pergi ke belahan bumi bagian utara. ya. putarannya memnag CCW di jawa. dan aku belum bisa menghubungkan antara penyebab sama hasilnya. masih perlu belajar kali yaaa.

    Comment by Rizqi kanaya handayani — September 18, 2015 @ 11:06


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: