there’s something about geometry + architecture

April 4, 2012

Geometri pada Lukisan, Sebuah Pesan Tersembunyi atau Bukan

Filed under: Uncategorized — erinasyera @ 16:25

Photobucket

Kita tentu mengenal lukisan The Shepherds of Arcadia yang dilukis oleh Nicolas Poussin. Lukisan itu muncul pada film tentang Da Vinci Code yang kita tonton bersama-sama beberapa minggu lalu. Analisis lukisan tersebut menunjukkan adanya pola geometri yang sangat rumit. Pola geometri itu pun dipercaya adaah kunci untuk menerjemahkan dokumen rahasia tentang keberadaan harta karun. Bisakah hal itu dipercaya?

Lukisan adalah sebuah karya seni yang memiliki makna mendalam. kita semua setuju bahwa ada makna tersirat di dalamnya. Namun apakah itu berarti ada kode tersembunyi di dalamnya? Lukisan dari era renaissance dan baroque yang terkenal sangat indah dan kompleks biasanya dikaitkan dengan konspirasi dan kode-kode rahasia untuk mencari harta karun. Apalagi lukisan era renaissance yang banyak bertemakan religi. Hal ini muncul sebab ditemukannya geometri tersembunyi di dalam lukisan-lukisan tersebut. Setelah ditelusuri pola-pola geometri itu membentuk pola yang sudah ada di dunia seperti pentagram, pola rasi bintang, atau apa pun itu.

Saya pribadi merasa hal ini merusak kenikmatan dari memahami sebuah karya lukisan. Orang-orang yang senang menghubungkan antara pola geometri pada lukisan dank ode tersebut rata-rata berasal dari kalangan sejarawan bukan kalangan seniman. Mereka melihat data-data yang ada pada lukisan, mencoba mencari tahu apa yang tidak terlihat oleh mata, dan menarik kesimpulan bahwa ada konspirasi di dalam lukisan itu. Saya rasa hal ini sedikit menggelikan karena tidak ada bukti bahwa lukisan pada zaman renaissance dan baroque digunakan untuk media penyampaian kode rahasia. Lagi pula kita cenderung menemukan apa yang ingin kita temukan bukan? Kita melihat apa yang kita percaya. Jadi jika percaya bahwa ada kode, jika kita berusaha menemukan kode, pasti itu yang akan kita berusaha temukan atau dibuat-buat sampai ditemukan.

Kita ambil contoh The Shepherds of Arcadia. Di dalam sebuah dokumen nama Poussin dan Teniers disebut-sebut memegang kunci untuk harta karun Rennes-le-Chateau. Ya, mungkin itu bisa jadi landasan yang kuat untuk mengatakan bahwa di dalam lukisannya terdapat kode rahasia. Namun setelah mencari, saya menemukan banyak tafsiran yang berlainan tentang lukisan ini. Ada yang mengatakan keempat gembala pada lukisan ini adalah menggambarkan rasi bintang Hercules, Bootes, Andromeda. Ada yang mengatakan mereka melambangkan merkurius, venus, bumi, mars. Pola geometri yang ditemukan pun berbeda-beda. Ada yang menemukannya dalam bentuk pentagram, ada yang menemukannya persis sama dengan rasi bintang, ada yang menemukan jarak di antara para gembala sama dengan jarak antara keempat planet. Semakin dicari tafsiran tersebut semakin menggelikan.

Saya pernah mengikuti seminar Bedah Seni Baroque yang dibawakan oleh Billy Kristanto, seorang yang memang menekuni seni klasik terutama seni baroque. Beliau mengatakan bahwa memang ada pola geometri di dalam lukisan The Shepherds of Arcadia, dan ada pola-pola geometri serupa di dalam lukisannya yang lain, dan ada pola geometri pada beberapa lukisan baroque oleh pelukis lainnya. Lukisan ini sebenarnya menceritakan tentang keberadaan kematian (dilambangkan oleh kubur batu) di Arcadia, tanah yang penuh kesempurnaan, dan bagaimana terkejutnya para gembala yang menemukannya (Et in Arcadia Ego atau even in Arcadia I exist) Sebagai penikmat seni, dia tidak melihat hal ini sebagai kode tersembunyi melainkan cara sang pelukis untuk menghasilkan karyanya.

Berikut adalah beberapa lukisan baroque yang memiliki unsur geometri di dalamnya.
Photobucket
(kiri: The Holy Family in Steps oleh Nicolas Poussin | kanan: Saint Anthony and Saint Paul in the Desert oleh David Teniers de Younger)

Photobucket

(kiri: Art of Painting oleh Johannes Vermeer | kanan: Storm on the Sea of Galilee oleh Rembrandt van Rijn)

Referensi:
en.wikipedia.org/wiki/Nicolas_Poussin
en.wikipedia.org/wiki/Nicolas_Poussin
http://www.lindahall.org
http://www.andrewgough.co.uk/geometry.html
http://www.collegetermpapers.com/TermPapers/History_Other/Nicolas_Poussin.html
admirersofbaroqueart.blogspot.com/2007/06/grail-geometry-and-baroque-painting-is.html
locicero.net/teachrembrandt/lesson_plans_htm/storm_on_sea_of_galilee.html
http://www.essentialvermeer.com/catalogue/art_of_painting.html

2 Comments »

  1. pembahasan mengenai lukisan pada area ini juga membuat saya tertarik. selain mengenai pembahasan The Davinci Code, saya juga melihat adanya beberapa ruang yang menjadi pembentuk peristiwadalam lukisan ini. yang pertama adalah ruang tempat si pelukis dan seorang wanita berdiri. ruang ini menjadi point of view pada lukisan dan menggunakan pencahayaan yang cerah terlihat oleh mata. yang kedua adanya ruang di sebelah kanan pelukis, ruang ini memiliki cahaya yang gelap serta memberikan presepsi pada kita bahwa adanya ruang lain disana. yang ketiga adalah ruang yang berada di samping wanita yang sedang berdiri. ruang ini tertutup kain, namun ada berkas cahaya dari sisi tersebut, sehingga kita dapat perkirakan adanya ruang disana, dan terakhir adanya ruang didepan kain,tempat kita seolah-olah berdiri berada dalam lukisan tersebut.
    contoh selanjutnya juga dapat dilihat dalam lukisan Saint Anthony and Saint Paul in the Desert oleh David Teniers de Younger. Ruang pertama terdapat pada tempat orang-orang tersebut berkumpul dibatasi batu yang ada dibelakang mereka. Kemudian ruang selanjutnya terdapat dibalik batu yang terlihat lebih gelap karena tertutup batu. Ada pula ruang diantara ruas bebatuan yang membentuk rongga-rongga dari batu tersebut. Kemudian terdapat dua ruang yang berbeda disamping kanan dan kiri lukisan yang dibuat gelap untuk menjelaskan adanya bayangan dari sebuah naungan. Terakhir yang saya lihat terdapat ruang didepan laki-laki tersebut tempat kita berdiri melihat lukisan tersebut. pembentukan ruang ini dirasakan dalam setiap lukisan pada era Baroque dan renaissance. hal ini yang juga menjadi pertanyaan saya, apakah sudah menjadi keharusan untuk membuat ruang-ruang tersebut dalam lukisan atau memang ada maksud tertentu dalam pembuatan lukisan tersebut.

    Comment by triaamalia — April 4, 2012 @ 22:19

  2. soal Da vinci itu sengaja atau tidak, tetap misteri..
    yg jelas, soal bentuk geometris ataupun pola matematis tertentu, sering kali terlihat pada karya lukisan lukisan “Bagus”..
    menurut saya itu sangat wajar karena “matematika itu dekat dengan keindahan”…, banyak seniman sendiri tidak sadar soal itu..

    Comment by milie — May 4, 2012 @ 16:17


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: