there’s something about geometry + architecture

April 4, 2012

Geometry for Futuristic Fashion

Filed under: Uncategorized — Yovine @ 17:17

Dalam dunia fashion, geometri pun turut andil dalam setiap tahap desain yang di lakukan. Mulai dari pembentukan proporsi tubuh hingga hasil akhir dari desain itu sendiri. Bentuk-bentuk geometri tampil pada pattern, bentuk desain, foto sesi desain, dan aksesoris dari desain tersebut. Membuat proporsi dengan menggunakan bidang-bidang geometri:

Setelah mengetahui bentuk proporsi tubuh yang pas maka di buatlah pola pakaian dari bentuk proporsi yang tercipta:

 

 

Hasilnya, secara keseluruhan, menunjukkan bahwa geometri deskriptif memainkan bagian penting untuk memahami perencanaan pola pakaian dari sudut pandangrekayasa manusia dan juga  untuk menyadari bahwa konstruksi pola pakaian terkait erat dengan aspek morfologi tubuh manusia. Tepat  analisis darihubungan antara manusia dan pola pakaian mereka dicapai hanya denganmenggunakan model sederhana  didekati untuk memberikan gambaran tentang tubuh manusia.

Futuristik  fashion adalah pakaian yang mungkin dipakai jauh di masa depan. Saat ini pakaian futuristik di bayangkan seperti suatu yang lebih dari desain modern dan saat itu pakaian manusia akan terlihat seragam. Bagaimana geometri menjadikan desain pakaian menjadi lebih dari zaman modern saat ini?

Busana geometrislah yang muncul di peragaan busana dan majalah di seluruh dunia saat ini. Bentuk futuristik seperti segitiga, bintang  lingkaran, chevrons, dan lain-lainya membawa unsur dinamis dan agresif untuk pakaian. Ini adalah potongan-potongan pakaian struktural dan arsitektur yang didefinisikan sebagai  seni tidak ada kesalahan dalam mendesain, tepat bentuk dan desain yang rincian dan halus melampaui masa modern sekarang. Desainnya menampilkan desain masa depan dan dalam kebanyakan desain yang ada, desain futuristik tidak dapat dipakai untuk pakaian sehari-hari saat ini.

Desain futuristik dapat terjadi dengan adanya permainan pola-pola tertentu di dalam pakaian. Memainkan komposisi dari bentuk-bentuk geometri menjadi suatu komposisi yang dapat terlihat beda dari desain-desain saat ini. Contoh pola-pola yang ada pada desain futuristik:

Pola-pola yang terbentuk dari bentuk-bentuk geomerti memberi kesan adanya kemodernan yang mengarah ke futuristik dan di komposisikan dengan warna-warna yang berani yang memberikan kekuatan pada komposisi bentuk dan desain tersebut.

Terbentuklah bentuk-bentuk pakaian yang menyerupai bentuk–bentuk solid yang membuat adanya gaya futuristik dari desain pakaian tersebut.. Dengan meproyeksikan bentuk-bentuk dasar kemudian terbentuklah bentuk baru, tetapi tetap dapat terlihat bentuk-bentuk solid yang membentuknya.

 

Dengan memadupadankan bentuk dan pola serta warna-warna maka gaya futuristik ini dapat tampil dalam suatu desain. Geometri sangat berperan penting dalam mengkomposisikan semua aspek yang di perlukan oleh desain pakaian yang mengambil tema futuristik ini.

 

Futuristik desain juga memainkan bentuk-bentuk solid itu untuk dapat menutupi kekurangan proporsi tubuh atau sebaliknya menonjolkan kelebihan dari pemakainya. Kekuatan bentuk-bentuk ini membuat adanya ciri khas tersendiri bagi perkembangan fashion yang mengarah ke gaya futuristik saat ini. Berani dan keluar dari titik aman itulah inti dari rancangan atau desain yang bertemakan futuristik desain ini. Aksen yang terdapat dalam rancangan futuristik lebih mengutamakan garis-garis yang tegas dan dapat di lihat secara langsung dan tampak banyaknya bagian-bagian yang di jadikan kesan utama dari desain yang berdasarkan bentuk-bentuk geometri ini,

 

Beberapa contoh desain yang dapat di uraikan fungsi dari bentuk yang terdapat pada desain tersebut:

Seperti pada gambar di samping, desain pakaian dengan gaya futuristik ini terbentu dari adanya bentuk-bentuk geometri yang di komposisikan dan membentuk suatu bentuk baru yang dapat sesuai dengan proposi tubuh manusia. Banyak dari desain futuristik yang memainkan aksen di bagian bahu manusia. Dengan aksen pada bahu maka proporsi tubuh manusianya lebih terlihat ramping, ini yang di maksudkan efek dari bentuk geometri yang mendominasi dan mengalihan pandangan ke arah lainnya. Dari bentuk –bentuk yang diambil  membuat adanya penekanan di bagian tertentu sehingga membuat kekurangan pada tubuh pemakainya tertutupi.

 

 

Referensi:

E. Tsutsumi: Teaching Descriptive Geometry in Clothing Pattern Planning.

Proceedings of the 1st China-Japan Joint International Conference on

Graphics Education.1993. p.139-144.

AMIRBAYAT J., HEARLE J. W. S.: The anatomy of buckling of textile fabrics : Drape

and conformability. Journal of Textile Institute 80, 1 (1989),p.51–70.

http://hyperbolic-crochet.blogspot.com/2010/03/geometry-is-in-fashion.html

http://www.trendhunter.com/trends/polyhedron-fashion-geometry-based-designs

http://smokingdesigners.com/25-spectacular-artworks-geometric-shapes-lines/

http://iamfashion.blogspot.com/2005/05/fashion-geometry.html

 

 

 

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: