there’s something about geometry + architecture

April 4, 2012

Golden Section Dalam Masa Keemasan Ferrari

Filed under: Uncategorized — rahmaitis @ 00:15

Cantik atau tampan itu relatif, begitupula dengan keindahan. Pendapat orang yang satu dengan yang lainnya sangat mungkin berbeda bergantung pada selera maupun budaya. Namun dengan golden section, keindahan tersebut dapatlah diukur, dan entah sudah direncanakan atau tidak, ternyata sebagian besar bangunan-bangunan yang dianggap indah oleh orang-orang memiliki golden section.

Karena kecintaan saya pada Formula Satu, jadi segala hal yang saya alami atau temui seringkali saya kait-kaitkan dengan formula one, begitupula dengan golden section ini. FIA (Federasi Otomotif Dunia) telah menerapkan aturan yang ketat terkait dengan bentuk mobil F1 (Formula Satu) mulai dari panjang mobil, panjang hidung mobil maupun sayap mobil, dan lain sebagainya sehingga sekilas mobil-mobil F1 terlihat sama.

Orang yang tidak begitu mengikuti atau tertarik dengan dunia otomotif kemungkinan besar akan menganggap bahwa mobil F1 milik Ferrari dari musim ke musim sama saja, padahal tiap musim selalu dilakukan pengembangan-pengembangan terhadap mobil bahkan Ferrari 2012 sama sekali berbeda dari Ferrari 2011.

Lalu apa yang ingin saya dapatkan dari ulasan ini? sebagai tim yang paling sukses di F1, maka saya mencoba mencari golden section pada evolusi-evolusi mobil Ferrari, mulai dari tahun 2000 hingga 2012. Sekedar informasi, pada tahun 2000 hingga 2004, Michael Schumacher meraih juara dunia 5 kali beruntun bersama dengan Ferrari.

Pada tahun 2005, gelar juara dunia direbut oleh Fernando Alonso dari tim Renault, lalu pada tahun 2007 gelar juara dunia kembali direbut oleh tim Ferrari bersama dengan pembalapnya, Kimi Raikkonen. Sejak saat itu (2007), Ferrari belum berhasil meraih gelar juara dunia kembali.

Nah, musim 2012 baru saja dimulai dan yang mengendarai Ferrari 2012 ini adalah Fernando Alonso yang pernah menghancurkan dominasi Ferrari pada 2005. Mungkinkah ada kesamaan pada mobil-mobil Ferrari yang meraih gelar juara dunia?

 

Ternyata, dari analisis terhadap 13 mobil ferrari, hanya ada satu mobil yang benar-benar memiliki golden section yaitu pada Ferrari 2002. Sedangkan, Ferrari pada tahun 2000, 2001, 2002, 2003, 2004, 2005 dan 2006 proporsi mobil nyaris mendekati golden section. Pada tahun selanjutnya proporsi mobil mulai menjauhi golden section terutama pada tahun 2007, 2008 dan 2009. Pada tahun 2010, 2011 dan 2012 pun sebenarnya masih belum ditemukan golden section, namun proporsi mobil mulai mendekati tahun-tahun keemasan 2000-2006. Pada awalnya saya mengira bahwa bentuk mobil pada tahun 2007-2009 yang seperti itu dikarenakan regulasi tentang panjang mobil dan sebagainya dari FIA, namun ketika saya mencoba melihat pada  mobil mclaren 2009, proporsi mobil mendekati golden section.

Mclaren 2009

Jadi, mungkinkah ini berarti golden section merupakan penanda dari masa keemasan Ferrari? Dimana pada masa keemasan Michael Schumacher (2000-2004, sedangkan 2005-2006 Ferrari mulai menurun namun tetap bersama dengan Michael Schumacher) proporsi Ferrari mendekati golden section, dan pada masa peralihan (2007-2009) proporsi mobil menjauhi golden section. Nah, pada 2010 hingga 2012 ini Ferrari masuk pada periode baru bersama dengan Fernando Alonso, dan proporsi mobil kembali mendekati golden section. Apakah ini pertanda bahwa Ferrari akan masuk ke dalam masa keemasannya kembali?

 

Foto-foto diperoleh dari:

http://www.hlj.com/product/S27FK20232C

http://articles.businessinsider.com/2012-02-03/news/31019969_1_formula-one-car-cooling-designs

http://edisukore.wordpress.com/

http://paddockinfo.blogspot.com/2011/09/ferrari-f2002.html

http://www.wallcoo.net/car/Ferrari_1920/images/2005-Ferrari-F2005_Ferrari_4016.jpg

http://4.bp.blogspot.com/-0YDgxtRYT_k/Tmet5mzpFWI/AAAAAAAAA7Q/60KKjg4vd-4/s1600/F2002+%2528WC+piloti+e+costruttori%2529.jpg

http://roadvehicle.blogspot.com/2011/08/2011-ferrari-150-italia.html

http://mantovani.zip.net/arch2009-01-01_2009-01-31.html

http://autoautomobiles.narod.ru/autoautomobiles/ferrari/ferrari-f2000.gif

 

4 Comments »

  1. Sebenarnya saya masih bingung dengan penempatan golden section yang tidak menyeluruh dari bagian mobil di atas.
    Apakah bagian depan tidak mempengaruhi performa kendaraan?

    Pertanyaan selanjutnya mungkin tidak berhubungan dengan golden section namun bisa menjadi bahan pertimbangan.
    Saya melihat bahwa bentuk dasar dari mobil yang ada bervariasi per tahunnya. Apakah hal ini juga memiliki pengaruh terhadap performa kendaraan?
    Selain itu yang tidak kalah penting adalah faktor pengedara mobil juga dapat mempengaruhi perebutan gelar juara.

    Comment by sisbut — April 4, 2012 @ 04:03

  2. bagaimana jika dalam mobil tersebut peletakan mesin dan segala macam tentang bagian dalam mobilnya diletakkan sesuai dengan pola golden section tersebut? jika dalam dunia fotografi, pelatakan suatu objek pada foto tersebut sangat berpengaruh terhadap kualitas foto yang dihasilkan.
    bahkan alam pun tercipta dengan dasar golden section tersebut.

    Comment by andiwibowo128 — April 4, 2012 @ 09:55

  3. sisbut:
    Seluruh bagian mobil tentu berpengaruh terhadap performa kendaraan namun saya tidak mendapatkan golden section sama sekali jika golden section dilakukan secara menyeluruh, jadi saya akhirnya mencari bagian yang mungkin memliki unsur golden section, dan itu ternyata terjadi pada proporsi lebar ban dan panjang bodi mobil.

    jawaban selanjutnya.. bentuk dasar mobil (saya mengartikannya sebagai bentuk mobil) tiap tahun memang bervariasi, hal itu tentu dilakukan untuk terus meningkatkan performa mobil dan menanggapi peraturan-peraturan yang sering berganti tiap tahunnya. Misalnya pada tahun 2012 ini ada perubahan peraturan mengenai panjang hidung mobil (bisa dlihat perubahannya pada gambar).
    faktor pembalap menurut saya memang faktor utama dalam perebutan gelar juara, nah dalam eksperimen saya ini yang saya cari awalnya adalah ‘apakah ada pola golden section tertentu pada mobil-mobil ferrari yang juara dunia’ tapi ternyata yang saya temukan adalah pola golden section tersebut bukan terdapat pada mobil ferrari yang juara dunia melainkan mobil ferrari yang dikendarai pembalap tertentu, jadi ketika pembalapnya berubah pola golden sectionnya pun ikut berubah (ini baru prediksi awal karena pada eksperimen ini hanya terjadi 2 kali pergantian pembalap saja)

    Comment by rahmaitis — April 9, 2012 @ 08:48

  4. andi:
    Maksudnya kalau saya mencari golden section dari bagian dalam mobil bukan bagian luarnya ya? bisa juga dan sepertinya akan menarik walaupun tentu akan lebih sulit karena jarang sekali ada tim f1 yang mengeluarkan ‘isi’ dalam mobilnya kepada media ataupun publik secara menyeluruh..

    Comment by rahmaitis — April 9, 2012 @ 08:55


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: