there’s something about geometry + architecture

April 4, 2012

Interior pada Rumah Tinggal Spongebob Squarepants

Filed under: Uncategorized — arumst @ 10:16

Karakter Spongebob Squarepants sudah bukan merupakan hal yang asing lagi didengar, karena kepopulerannya di media massa. Sesuai dengan warna kulit yang ia miliki, Spongebob Squarepants memiliki rumah yang juga berwarna kuning dengan bentuk nanas. Dari depan, rumah nanas ini terlihat memiliki satu pintu masuk dengan dua jendela, pada bagian kiri atas dan kanan bawah, serta cerobong asap di bagian kanan atas.

Banyak dari penonton setia Spongebob menyadari bahwa rumah yang memiliki bentuk dasar berupa nanas seharusnya memiliki denah dengan garis terluar berbentuk bulat. Namun, pada nyatanya, interior rumah Spongebob memiliki bentuk dasar yang bersegi dan bersudut, yang di dalamnya terdapat banyak ruangan-ruangan kecil. Terdiri dari dua lantai, rumah ini memiliki lantai dasar yang terdiri dari living room, dapur, perpustakaan, kantor, kamar mandi, dan garasi. Sementara lantai atas merupakan kamar tidur.
Pada episode Pineapple Fever, diceritakan bahwa Spongebob, Patrick, dan Squidward menginap bersama di rumah Spongebob. Dan pada episode ini, tampak bahwa terdapat beberapa spot di dalam rumah Spongebob yang memiliki sudut dan dinding yang memisahkan ruang-ruang interior.

Pada gambar di atas, tampak bahwa pada sisi bagian kanan di pintu masuk memiliki sudut, namun apabila dilihat dari luar, rumah ini berbentuk melingkar di bagian depannya. Pada bagian living room di rumah ini juga terdapat sudut-sudut pada ruangan, serta pintu-pintu yang mengarah ke ruangan lainnya. Pada episode ini, tampak bahwa Squidward berlari-lari di sepanjang living room,namun tidak terdapat tanda-tanda ruangan memiliki sudut dan batas yang jelas. Namun, apabila dilihat dengan sudut pandang yang lain pada episode yang sama, karakter-karakter dalam film berputar-putar di ruang yang sama.

Dari hal ini, tampak bahwa sinematografi pada film Spongebob Squarepants mampu mengubah sudut pandang kita terkait dengan interior menjadi berbeda. Bentuk-bentuk geometri pada film (khususnya film kartun) dapat mengubah persepsi terkait dengan ruang interior, di mana pada bahasan ini rumah Spongebob yang secara logika seharusnya memiliki bentuk yang bulat, namun pada interiornya memiliki bentuk-bentuk yang dapat dieksplor tanpa batasan.

 

Sumber:

http://en.spongepedia.org/index.php?title=SpongeBob%27s_House

http://spongebob.wikia.com/wiki/Pineapple_Fever

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: