there’s something about geometry + architecture

April 4, 2012

Interpretasi Kita terhadap Suatu Objek, Order atau Disorder, Teratur atau Tidak, Tergantung Sudut Pandang yang Kita Pilih

Filed under: Uncategorized — Nicky Meliala @ 10:36

“The geometric order is represented by ideal mathematical forms (in 2D: e.g. line,circle, quarter, or 3D: e.g. plane, sphere, cube) and ideal relationships (e.g. perpendicularly,parallelism, symmetry, rhythm/regularity). Chaos is the opposite of geometric order; it is represented by forms and relationships that are complex and dificult to describe with the language of classic mathematics.”<Pawel Rubinowicz, 2000>

Dalam interpretasi saya, sederhananya Pawel Rubinowicz berpendapat bahwa geometric order direpresentasikan dengan bentuk-bentuk matematika yang rulesnya jelas, contohnya bulat, persegi, segita, prisma, dan lain-lain, sebaliknya geometric disorder (‘chaos’ saya interpretasikan sebagai ‘disorder’) direpresentasikan dengan bentuk yang kompleks dan sulit untuk untuk digambarkan.

Dari definisi tersebut saya mengartikan dalam artian yang lebih sederhana lagi, bahwa order itu teratur, sedangkan disorder itu tidak teratur. Dan tentu Geometric order atau disorder bisa menjadi tools untuk menganalisis suatu objek yang sudah ada.

Dengan melihat bentuk suatu objek, kita bisa menilai apakah objek tersebut berupa objek yang teratur atau tidak, dari pola (rules) yang terlihat, kita bisa menilai objek tersebut berupa geometri yang order atau disorder. Namun, Apakah penilaian yang dihasilkan harus berupa salah satu diantara itu, order atau disorder?

Bagaimana apabila sudut pandang kita dalam melihat suatu objek diubah? Apakah pola yang dihasilkan tetap sama?

Berikut contoh suatu objek yang saya analisis. Sebuah peta dari sepotong kawasan di Barcelona, spanyol

Image

 

Gambar di-trace dengan garis merah untuk melihat poal apa yang ada pada objek tersebut. Garis ini mengikuti outline dari jalan raya dan outline blok-blok bangunan yang berdiri di sana. Lalu, garis yang dihasilkan tersebut kita ambil, untuk dilihat pola apa yang terjadi.

Image

Image

Pola yang dihasilkan berupa grid, meskipun tidak 100% grid, kita tahu bahwa pola grid merupakan bentuk yang teratur dan rules-nya jelas, namun apakah objek tersebut merupakan objek dengan geometric order. Bagaimana kalau sudut pandangnya diubah. Pola yang dilihat bukan pola outlineoutline jalan, melainkan komponen-komponen yang ada di dalam blok bangunan-bangunan tersebut. Berikut hasil tracing yang saya lakukan

 Image

 Image

Jika diambil pola garis yang dihasilkan dari tracing objek, maka yang dihasilkan bukanlah pola-pola yang jelas rules, dalam artian pola garis membentuk geometric disorder.

Jadi, objek diobjek diatas memiliki pola geometric order atau geometric disorder?

Berikut contoh objek lain yang dianalisis yang menghasilkan dua jenis geometric, order dan disorder.Image

Objek diatas adalah tampak suatu bangunan rumah susun, untuk menentuka apakah objek tersebut geometric order atau disorder, saya men-tracing garis-garis yang terbentuk dari jendela-jendela dan ornamen di bagian atap.

Image

Hasil yang didapat ternyata, garis-garis kotak-kotak yang rapih dan teratur, maka bisa dikatakan objek tersebut ber-geometric order.

 Image

Namun bagaimana apabila kita men-tracing semua garis yang terbentuk dari komponen-komponen pembangun objek, termasuk pakaian yang sedang dijemur, motif pada dinding, dan pohon di bagian bawah gedung.

 Image

Terlihat bahwa pola yang terbentuk sangat kompleks dan tidak teratur, dalam hal ini bisa dibentuk pola yang terbentuk berupa geometric diosder.

 Image

Dari kedua analisis objek diatas, ternyata menghasilkan 2 pola geometri yang berbeda. Kedua pola geometri tersebut didapat dari 2 sudut pandang yang berbeda.

Analisis ini bukan hanya sekadar penilaian tanpa makna semata, pola order atau disorder punya dampak yang berbeda. Apabila dikaitkan dengan perancangan, tentu si perancang suatu objek, kota misalnya, punya alasan tertentu membuat bentuk/ pola rancangannya berupa order atau disorder. Namun, apabila ternyata ketika sudut pandang dalam melihat rancangannya diubah dan hasilnya malah pola geometri yang dihasilkan berbeda, tentu akan ada masalah yang timbul, karena order atau disorder punya tujuan yang berbeda, seperti yang dikatakan Le Corbusier dan Mies Van de Rohe, Order ditujukan untuk menghindari chaotic.

 

Referensi:

Rubinowicz, P. (2000). Chaos and Geometric Order in Architecture , 1.

1 Comment »

  1. saya hanya menambahkan mengenai order dan disorder dan keidealan yang dicapai dari keduanya, karena saya juga betanya-tanya apa sebenarnya pengaruh besar order dan disorder pada persepsi manusia mengenai keidealan itu sendiri. Sebenarnya menurut saya ideal itu sendiri relatif dan bukan hal yang dapat dicapai. Hal tersebut dikarenakan pendapat setiap orang tentang bagaimana kesempurnaan dan keindahan itu berbeda-beda begitu pula pandangan tiap orang mengenai ideal city.

    banyak yang berpendapat bahwa sesuatu yang teratur, rapih, seragam itu yang ideal/ order, dan bilang bahwa bahwa yang disorder dalam kata lain berantakan, tak tertata itu tidak ideal. tetapi menurut Sennet “disorder is actually a good thing that should happen in the city” dan juga beberapa pendapat tokoh lainnya yang mengatakan bahwa justru yang disorder itu yang ideal. Sedangkan menurut saya sendiri kombinasi keduanya bisa menimbulkan keidealan, seprti diselang seling untuk menciptakan dinamika dan ritme. Begitu pula dalam arsitektur ataupun dalam tata kota, tidak berarti semua yang teratur dan rapih itu bagus dan tidak selalu pula yang berbeda-beda, semrawut itu jelek. Semuannya balik lagi ke selera dan persepsi manusia akan keidealan dan keindahan itu sendiri. Karena sesungguhnya semua itu untuk menciptakan kesenangan dan kepuasan bagi penggguna atau penikmat karya tersebut, selama si pengguna bahagia menggunakan atau menikmatinya maka itu ideal untuknya.

    Comment by ekaint09 — April 4, 2012 @ 13:45


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: