there’s something about geometry + architecture

April 4, 2012

Kesimetrisan & Golden Ratio Wajah Yoona SNSD

Filed under: classical aesthetics,perception — ekaint09 @ 13:28
Tags: ,

Dalam buku Ten Books on Architecture. Book I. Chapter III , Ten Books on Architecture. Book I. Chapter III, Vitruvius menyatakan “…and beauty, when the appearance of the work is pleasing and in good taste, and when its members are in due proportion according to correct principles of symmetry.” Menurut Vitruvius ada dua hal yang mempengaruhi unsure keindahan yaitu proporsi dan simetri. Hal ini berdasarkan tubuh manusia yang memiliki proporsi yang baik pada setiap anggota  tubuhnya dan juga ada beberapa bagian tubuh yang simetri seperti tangan kanan dan tangan kiri, kaki kanan-kai kiri atau tentang letak mata dan telinga yang simetri dengan garis lurus di bagian tengan tubuh yang mebagi dua tubuh secara seimbang sebagai sumbunya.

Dalam bukunya pula , Vitruvius menjelaskan mengenai proposionalistas dan kesimetrisan setiap anggota tubuh manusia, dia menyatakan di ban on Symmetry: in Temples and in The Human Body “…if we take height of the face itself, the distance of the bottom of the underside proportion, and it was by employing them that the famous painters and sculptors of antiquity attained to great and endless renown. ” (Ten Books in Architecture, page 72). Vitruvius menjelaskan bahwa terdapat rasio disetiap bagian tubuh manusia secara keseluruhan. Pada kesempatan ini saya akan mencoba mencari tau kesimetrisan wajah Yoona SNSD yang notabene dianggap cantik oleh banyak orang terutama pria. dia juga merupakan salah satu wanita tercantik di Korea.

saya akan mencoba membuktikan apakah benar semua yang simetri itu indah, bagaimana kalu tidak simetri? apakah tetap indah? selain itu apakah pola golden ratio wajah yang baik atau cantik itu bisa memastikan wajah tersebut cantik? apakah kalau tidak pas dengan pola tersebut, berati orang tersebut tidak cantik?

berikut merupakan hasil analisa yang saya lakukan:

Gambar 3. Golden Ratio Wajah Yoona SNSD

Dari hasil analis diatas terlihat bahwa wajah Yoona itu tidak benar-benar simetri, karena apabila benar-benar simetri rasio wajahnya adalah 1. tetapi justru ketika saya menyimetrikan wajahnya baik dari sebelah kanan maupun dari sebelah kiri, malah membuat wajahnya terlihat aneh. ketidaksimetrian ini justru menciptakan sebuah keindahan, namun keindahan memang relatif. kesimetrisan memang menciptakan keindahan bila di arsitektur tetapi tidak pada proporsi manusia.

sedangkan pada gambar ketiga bisa dilihat wajah Yoona setelah diberi pola golden ratio, hampir semua bagian cocok dengan pola tersebut kecuali dibagian mata, matanya lebih sipit dan kecil dibandingkan dengan pola tersebut. mungkin dikarenakan Yoona ini orang Asia yang bermata sipit, dan Golden Ratio tersebut tidak dibuat dengan menyesuaikan proposional wajah Asia yang baik, melainkan untuk orang Eropa ataupun Amerika, menurut pendapat saya.Tetapi hal ini menurut saya tidak menggeser penilaian orang termasuk saya bahwa Yoona SNSD itu cantik, walaupun wajahnya tidak terlalu pas dengan pola golden ratio wajah yang sempurna.

sumber:

Vitruvius. 1960. Ten Books of Architecture

http://www.intmath.com/numbers/math-of-beauty.php

http://majorityrights.com/weblog/comments/the_facial_proportions_of_beautiful_people

4 Comments »

  1. Menurut saya paparan anda mengenai kesimetrian dan golden ratio dari wajah Yoona SNSD merupakan pemikiran yang baik, karena yang selama ini kita ketahui jarang ada yang menyebutkan bahwa wanita – wanita Asia memiliki wajah yang dapat disejajarkan oleh wanita – wanita Latin atau yang bisa kita kenal dengan ‘bule’. Dan penulisan anda merupakan terobosan yang mampu memperkuat bahwa wanita Asia juga memiliki sisi rahasia kecantikan meskipun jarang disadari orang. Pada paparan anda, anda menyebutkan bahwa golden ratio yang cantik itu tidak cocok pada pola mata Asia yang kita sebut dengan ‘sipit’. Apakah ada pola golden ratio yang cantik yang diperuntukkan oleh wanita Asia itu sendiri, sehingga hal tersebut dapat memperkuat pemikiran anda.

    Comment by weningn — April 4, 2012 @ 20:22

  2. topik yang sangat menarik tentang bagaimana proporsi yang terkait dengan aturan golden ratio terhadap keindahan.
    lalu yang menjadi pertanyaan saya adalah apakah besaran aturan tersebut bersifat kekal atau tidak?

    lalu ada juga pendapat yang mengatakan cantik itu relatif,jelek itu mutlak.
    seperti yang kita ketahui,standar kecantikan terus berubah ubah dimana tiap negara atau tiap ras memiliki definisi dari keindahan. dari tiap negara/ ras ataupun zamannya, kecantikan itu didefinisikan secara berubah-ubah sehingga ikon kecantikan juga menjadi berubah sehingga definisi kecantikan tiap orang berubah (relatif)
    nah, apakah itu berarti besaran dalam ukuran standar kecantikan ikut berubah ataukah besarannya tetap sama tetapi persepsi dari manusianya yang berubah?

    terimakasih

    Comment by sakinahputri — April 4, 2012 @ 21:26

  3. Sebenarnya saya cukup percaya bahwa orang yang memiliki wajah dengan golden section dan rasio simetri 1 memiliki wajah yang sempurna. Memang persepsi orang terhadap pencapaian kata “sempurna” itu berbeda-beda namun bukankan kesimetrisan yang ada pada wajah yoona tersebut tidak terlalu terlihat jika dipandang kasat mata? dan hampir mendekati sempurna? dan memang dikategorikan cantik? Saya melihat hasil percobaan pencerminan yang dilakukan eka memang benar-benar dilakukan secara simetris sehingga tidak hanya bentuk wajahnya saja yang menjadi simetris namun juga belahan rambutnya serta ukuran kening yang terbentuk. Saya jadi berpikir apakah kesimetrisan dari belahan rambut itu juga berpengaruh terhadap penilaian seseorang akan standarisasi kecantikan. Lalu bagaimana jika wajah asli yoona yang ternyata tidak simetri itu diberikan rambut hasil percobaan pencerminan 2 buah gambar diatasnya? Dengan belahan rambut seperti itu dan lebar kening yang terlihat seperti itu?

    Comment by meirisyananda — April 5, 2012 @ 01:20

  4. wah kalau simetri kanan kiri memang bisa sama? setahu saya ukuran anggota tubuh kanan dan kiri pasti berbeda karena aktifitas keduanya berbeda, otak kanan mengendalikan tubuh kiri dan otak kiri mengendalikan tubuh kanan, di tempat fitness saya susah menemukan orang yang punya ukuran otot sama antar kaki/tangan kanan dan kiri, tentu wajah juga sedikit memiliki perbedaan walau susah sekali mengukurnya

    Comment by anto — October 5, 2012 @ 09:52


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: