there’s something about geometry + architecture

April 4, 2012

Komposisi Musik Pada Kota Brasilia

Filed under: Uncategorized — rrrana @ 23:49

Seperti halnya dalam bidang arsitektur, musik juga memiliki komponen pembentuk tersendiri. Jika kita mengenal kolom – kolom balok sebagai penopang dan penguat dalam sebuah bangunan, dalam musik ada drum dan bass yang mengatur ketukan – ketukan dan irama sebagai ‘struktur’ yang memperkuat karakter dalam suatu rangkaian lagu. Dinding dalam karya arsitektur yang memunculkan bentuk dari suatu bangunan mungkin juga dapat dianalogikan sebagai irama melodis pada sebuah lagu yang biasanya dihasilkan oleh piano atau gitar pada komposisi band sederhana, yang membentuk nada yang dinikmati dan dapat dinyanyikan oleh pendengarnya. Lalu ada elemen pemanis seperti melodi dari alat musik tiup, misalnya, dapat menggambarkan bukaan pada bangunan yang membuat interior bangunan dapat tersinari cahaya alami dari luar.

Mari kemudian kita mencoba membayangkan apa yang dapat kita ‘dengar’ dari gambar – gambar di bawah ini.

Gambar – gambar tersebut menunjukkan karya – karya arsitektural yang dirancang oleh Oscar Niemeyer untuk pembangunan ibukota Brasilia. Terlihat bahwa karya – karya tersebut dibuat senada dengan tampilan yang bergaya serupa namun tetap memiliki bentukan yang berbeda – beda.

Pada gambar pertama, Cathedral of Brasilia, terlihat keindahan kolom – kolom struktural dengan bentuk yang tidak konvensional. Di sini saya dapat merasakan persamaannya dengan bunyi irama drum yang teratur dengan bunyi yang melemah di akhir ketukan, seperti taraktak taraktak taraktak… pada fasad katedral ini terlihat satu elemen lagi yang menonjol, yaitu fasad kaca, yang dalam analogi sebelumnya dapat disamakan dengan bunyi alat musik tiup. Mungkin pada gambar di atas tergambar dengan bunyi ritmis yang bersifat komplementer terhadap irama drum yang dihasilkan.

Pada gambar kedua, Presidential Palace, masih ada elemen kolom struktur yang terlihat ringan, mungkin mengibaratkan bunyi perkusi yang meramaikan irama musik. Musik masih didominasi dengan brass section (alat musik tiup) yang membuat musik terdengar semakin kaya dan megah. Elemen atap yang rata bagi saya dapat terdengar sebagai alunan piano, dominan, menarik perhatian, namun tidak dengan melodi yang rumit.

Pada gambar terakhir, terlihat bentuk – bentuk yang berbeda, elemen horizontal, vertikal, dan lengkungan – lengkungan pada bentuk fasad bangunan. di sinilah mungkin letak titik klimaks dari “komposisi musik” yang dihasilkan. Ada elemen horizontal yang menjadi gambaran nada dasar pada musik, elemen vertikal yang menggambarkan titik dramatisasi dari komposisi lagu, serta elemen – elemen lengkung yang menggambarkan komposisi nada rumit yang dihasilkan oleh instrumen – instrumen musik.

Dari contoh tersebut, jika kita memiliki kepekaan, ternyata arsitektur dapat membentuk alunan – alunan ekspresi musik tersendiri. Dan bahkan dalam contoh yang saya berikan, beragam ‘musik’ yang tercipta oleh bangunan – bangunan yang terdapat pada kota Brasilia tersebut mungkin dapat disatukan menjadi suatu komposisi musik yang harmonis dan lebih menarik. Ternyata kota juga bisa bernyanyi.

Bagaimana menurut saudara, apakah musik yang ‘terdengar’ berbeda dari apa yang saya sampaikan? Mungkin komposisi – komposisi ‘musik kota Brasilia’ yang menarik dan kreatif lainnya bisa anda ‘perdengarkan’ di kotak komentar di bawah ini🙂.

 

 

 

Referensi:

http://mahmoud-riad.suite101.com/relationships-between-music-and-architecture-a280916

http://www.bsu.edu/libraries/virtualpress/student/architecture/

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: