there’s something about geometry + architecture

April 4, 2012

OPTICAL ILLUSION – PIXEL IMAGE

Filed under: architecture and other arts — tithanasution @ 09:49
Tags: ,

Tahukah Anda siapa objek dalam gambar ini?

 

Saya yakin banyak dari Anda yang tahu, ya, ini adalah gambar lukisan Monalisa yang disamarkan (blur). Mungkin Anda bisa langsung mengenali objek dalam gambar karena gambar ini cukup terkenal walaupun gambar ini blur.

 

Coba Anda mundur beberapa langkah, apakah gambar yang terlihat semakin jelas?

 

Jika dlihat lebih dekat kita akan semakin sulit mengenali objek tersebut dibanding kita melihatnya dari jarak yang lebih jauh. Mengapa? Mungkin dari kita banyak yang lupa bahwa sebenarnya gambar digital yang kita lihat sehari-hari di layar komputer atau laptop kita terdiri atas komposisi bidang geometris yaitu persegi-persegi yang lebih kecil atau biasa kita sebut dengan piksel.

Piksel adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inci. Piksel sendiri berasal dari akronim bahasa Inggris Picture Element yang disingkat menjadi Pixel. Setiap piksel memiliki satu warna dan tersusun berimpitan satu sama lain membentuk sebuah image.

Melihat gambar tersebut dari jarak yang dekat, persegi-persegi yang menyusun gambar utuh akan terlihat lebih besar sehingga kita akan fokus pada persegi-persegi tersebut. Namun, jika kita melihat dari jauh, maka fokus kita tidak lagi kepada persegi-persegi secara satu-satu. Ilusi optik membuat seakan-akan persegi-persegi tersebut melebur sehingga memungkinkan kita untuk mengenali objek secara utuh. Otak kita memiliki kehebatan dalam mengenali dan menginterpretasikan sebuah objek sekalipun objek tersebut tidak digambarkan dengan detail.

Coba Anda lakukan dengan gambar lain misalnya, gambar yang tidak terkenal sehingga pada awalnya Anda tidak langsung dapat menebak siapakah objek dalam gambar tersebut. Hasilnya adalah otak kita tetap dapat mengenali objek dari gambar tersebut walaupun hanya sebatas ini adalah gambar wajah seseorang bukan gambar sebuah rumah terlepas dari wajah siapa yang menjadi objek dalam gambar tersebut.

 

Melalui percobaan sederhana ini, kita dapat mengetahui bahwa untuk melihat atau memahami sebuah objek yang terdiri atas piksel sangat berkaitan dengan ruang ketika kita melihat suatu gambar tertentu. Ilusi optik gambar piksel ini menunjukkan adanya perbedaan pengalaman ketika kita melihat suatu gambar dari jarak tertentu dalam ruang.

 

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Piksel

http://carramedia.wordpress.com/2011/04/19/mengenal-pixel-dan-resolusi/ “Mengenal Pixel dan Resolusi”, 19 April 2011.

http://theopticalillusionist.wordpress.com/page/2/ “Blurry Image”, 25 April 2008.

http://myfrencheasel.blogspot.com/2011_05_01_archive.html “It’s a Patchy World”, 4 Mei 2011.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: