there’s something about geometry + architecture

April 4, 2012

simetri = ketenangan ?

Filed under: classical aesthetics — sakinahputri @ 21:15

simetri merupakan sebuah geometri yang telah dikenal secara umum dan terkadang melekat dalam pikiran bawah sadar manusia. simetri dan manusia memiliki keterkaitan yang erat dimana bila tubuh manusia dibagi terhadap sumbu yang melintasi pusat dari bagian atas hingga bawah maka antara bagian kiri ataupun kanan memiliki bentuk yang sama. Selain itu, simetri juga dipercaya menjadi sebuah standar keindahan klasik yang dapat ditemukan misalnya dari keindahan bangunan  kuil misalnya parthenon.

Dari segi kesehatan juga ditemukan fakta bahwa tubuh yang simetri juga memberikan pengaruh terhadap kecerdasan.

“kecerdasan tergambar melalui simetri tubuh. Orang-orang yang lebih cerdas, menurut temuan peneliti, memiliki bentuk tubuh yang lebih simetris dibandingkan individu-individu yang kurang cerdas.” temuan yang dipublikasikan di jurnal Intelligence ini didasarkan pada sebuah analisis yang dilakukan tim peneliti dari Virginia Commonwealth University (VCU)

Lalu bagaimana kaitan simetri dengan ketenangan? apakah terdapat keterkaitan bentuk yang simetri dengan timbulnya ketenangan terhadap emosi manusia? apakah hanya bentuk simetri yang memberikan ketenangan?

“Posisi tubuh  dapat mempengaruhi emosi dan pikiran manusia. Jika anda sedang kesal, cobalah untuk memposisikan tubuh anda menjadi simetris hal ini biasa dilakukan saat orang akan bermeditasi maka perasaan anda berangsur – angsur akan membaik.” (https://geometryarchitecture.wordpress.com/2011/03/23/manusia-dan-simetri/)

simetri secara harfiah diartikan sebagai bentuk yang seimbang.

“Definisi simetri sistem fisis menurut Herman Weyl pada tahun 1919 ialah suatu sistem atau objek dikatakan simetri, jika setelah dilakukan suatu aksi tertentu padanya, objek tersebut tampak sama sebagaimana sebelumnya. Sebagai contoh perhatikan segi enam sama sisi. Jika segi enam ini diputar sebesar kelipatan sudut enam puluh derajat terhadap terhadap titik pusatnya, maka posisi segi enam akan tampak sama seperti semula.”

meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan.Sikap meditasi merupakan sebuah sikap yang dikenal efektif untuk memberikan ketenangan jiwa.biasanya dilakukan dengan gaya duduk lotus dimana kaki dilipat dan duduk tegak. selain itu bisa juga dilakukan diatas kursi.

sikap duduk meditasiduduk meditasi di kursi

 

Duduk dalam sikap tubuh yang cocok untuk satu jam di pagi hari dengan cara yang paling alami. Sikap tubuh harus selalu sama.

Dari contoh diatas dapat dilihat bahwa memang terdapat keterkaitan sikap simetri dalam duduk meditasi dengan munculnya ketenangan jiwa.Selain meditasi,terdapat pula cara lain untuk mencapai ketenangan misalnya yoga.

variasi gerakan dalam yoga

variasi gerakan dalam yoga

yoga dan meditasi sering dilakukan secara berkesinambungan. Bila meditasi dilakukan dengan sikap duduk tegak dan simetris maka yoga memiliki variasi gerakan yang beragam dan dalam tiap gerakan memili nama yang unik tetapi tetap bertujuan dalam mencapai ketenangan jiwa.

Yoga bukanlah sesuatu yang berhubungan dengan agama atau kepercayaan tertentu. Yoga adalah Yoga. Yoga merupakan suatu tehnik spiritual yang lebih tua dari agama apa pun juga di dunia, termasuk agama Hindu, agama tertua yang dikenal dalam catatan sejarah manusia.. Namun harus diakui, bahwa Yoga yang diketahui sekarang merupakan warisan dari khazanah budaya India. Maka istilah-istilah dalam Yoga mempunyai banyak kesamaan dengan istilah-istilah dalam agama Hindu, karena keduanya sama-sama lahir dalam tradisi kebudayaan India.

Dalam gerakan yoga, bila dilihat secara kasat mata tidak ditemukan gerakan yang simetris. tetapi ternyata bila diteliti lebih lanjut, gerakan ini memiliki kaitannya dengan alam dan memiliki aturan golden section didalamnya.

golden section

golden section dalam gerakan yoga

proporsi dalam gerakan yoga dan meditasi

hal ini bisa menjelaskan keterkaitan antara meditasi dan juga yoga yang memberikan rasa ketenangan dalam jiwa. Bagaimana kedua gerakan yang berbeda ini dapat mempengaruhi emosi manusia.

Jadi, dalam pencapaian ketenangan bukanlah dengan memfokuskan diri terhadap bentuk kesimetrisan tetapi bagaimana proporsinya sesuai dengan proporsi yang baik dengan menggunakan metoda pendekatan aturan golden section ataupun metoda lain sehingga didapat proporsi yang baik dan sesuai dengan tubuh manusia. Hal ini tidak menutup kemungkinan memiliki efek yang sama terhadap kualitas ruang terhadap arsitektur.sekian.

sumber :

http://alasanhidupsehat.blogspot.com/2010/06/simetri-tubuh-gambarkan-tingkat.html

http://www.fisikanet.lipi.go.id/utama.cgi?cetakartikel&1112765256

http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2010/06/27/21709/Simetri-Tubuh-Gambarkan-Tingkat-Kecerdasan

https://geometryarchitecture.wordpress.com/2011/03/23/manusia-dan-simetri/

http://arsitektur.net/2011-1/yoga-geometri-alamiah-pada-tubuh-manusia

http://chakrajivana.tripod.com/yoga.htm

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: