there’s something about geometry + architecture

April 4, 2012

Zippo Lighter dan Golden Section

Filed under: Uncategorized — mahardikaandi @ 07:57

Zippo adalah salah satu produk korek api yang masih bertahan sampai saat ini sejak didirikan tahun 1932 oleh George G. Blaisdell. Saya sendiri merupakan salah satu penggemar zippo. Ketika sekitar 3 minggu yang lalu mendapat materi tentang golden section, zippo menjadi salah satu objek yang terpikir untuk saya cari hubungannya dengan golden section.

Zippo pada dasarnya terdiri dari 2 bagian yaitu bagian luar, yang terkadang disebut casing atau body zippo dan bagian insert zippo. Saat saya cobe ukur perbandingan antara jarak bottom stamp zippo sampai engsel  dengan jarak total tinggi zippo, perbandingannya adalah perbandingan golden section.

Tapi yang menarik bukanlah hanya tahu bahwa ada golden section dalam zippo. Lebih menarik untuk menyadari bahwa munkin itu yang menjadi alasan mengapa zippo menjadi begitu menarik untuk dilihat dan dimiliki, satu alasan yang membuatnya tetap bertahan selama delapan dekade. Perbandingan panjang badan zippo dan tubuh zippo menjadikannya nyaman untuk dipakai, sehingga muncul beberapa trik untuk menyalakan zippo. Desain yang ada pada zippo tidak hanya sebagai unsur estetis, tetapi juga memberi kenyamanan bagi penggunanya.

Saya sendiri tidak menemukan literatur yang menjelaskan apakah Blaisdell mendesain zippo memang berdasarkan golden section atau tidak. Namun, bagaimanapun juga dengan desain ini Zippo lebih sukses dan diterima sampi saat ini, bahkan ketika ronson (salah satu produk korek yang ada sebelum zippo) telah kehilangan taringnya.

Video Zippo: http://www.youtube.com/watch?v=ZOHwjDzUDnE

Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/Zippo

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3243596

1 Comment »

  1. Wah menarik sekali. Jika dilihat dari luar sebenarnya bentuk zippo ini relatif biasa saja. Ternyata desain yang sudah lama ini masih bertahan hingga saat ini. Saya setuju dengan postingan ini bahwa faktor kenyamanan berperan dalam suksesnya produk ini hingga saat ini. Bentuknya yang tidak terlalu panjang atau pendek, dan ukuran dengan perbandingan panjang dan lebar yang sedemikian rupa ternyata menghasilkan suatu produk yang memiliki nilai estetika dengan proporsi baik, yang juga memiliki tingkat kenyamanan yang diterima masyarakat hingga kini. Selain nyaman saat digenggam, menurut saya, dengan ukuran seperti ini termasuk pas, yaitu tidak terlalu kecil/besar ketika dimasukkan ke kantung/saku saat dibawa-bawa.

    Comment by ariestaokke — April 4, 2012 @ 09:07


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: