there’s something about geometry + architecture

June 12, 2012

Keunikan dalam Gaya Menyanyi: Liam Gallagher

Filed under: perception — hafizhmahdi @ 23:57

Setiap band atau penyanyi pasti merasakan hal yang sama ketika sebelum pentas naik ke panggung, perasaan tegang. Karena apabila perasaan ini terbawa sampai ke panggung, akan mempengaruhi performance mereka, tak terkecuali bagi vokalis atau penyanyi di mana tiba-tiba suara mereka hilang saat di atas panggung karena tak kuasa menahan rasa tegang. Berbagai cara mereka lakukan  untuk mengatasinya, salah satunya dengan mengatur posisi dan gaya menyanyi yang membuat mereka relax dan nyaman.

Gambar di atas menunjukkan postur yang benar saat menyanyi. Cara berdiri dengan tegap akan membuka diafragma dan memberikan udara lebih banyak. Hal ini dapat membuat kita bernyanyi lebih lama dan memperoleh  nada suara yang lebih baik. Meskipun tubuh bagian dada dan perut tegap, anggota tubuh lain tidak boleh kaku dan tetap flexible. Persepsi mengenai gaya menyanyi mungkin beragam, tetapi para penyanyi biasanya masih mengikuti anjuran ini. Namun itu tidak berlaku bagi seorang rock star papan atas mantan vokalis band OASIS, Liam Gallagher. Siapa yang tidak mengenal Oasis dari lagu-lagu yang hits dan suara vokalnya yang khas. Satu lagi dan yang paling diingat adalah gaya menyanyinya saat berada di atas panggung.

Posisi tubuhnya terlihat cukup unik saat berada di depan mic. Postur tubuhnya tidak geometris, menekuk ke samping, tangan melipat ke belakang seakan pada posisi beristirahat. Terakhir, standing mic ditinggikan dan mic itu sendiri diturunkan ke bawah, dan otomatis kepalanya mendongak ke atas dan mulut cukup menempel dekat mic. Gaya menyanyinya ini menuai banyak pertanyaan, tidak terkecuali dari fans nya sendiri.

 Apabila dilihat dari gambar di atas, postur tubuhnya jauh dari anjuran yang telah disebutkan di atas. Namun gaya yang dimilikinya merupakan orisinalitas dan tidak tergantikan, ini mendukung kenyamanannya saat bernyanyi. Selain itu, gaya seperti ini menurutnya dapat memperkuat daya tarik suaranya sehingga dia dapat menyanyi dengan lepas.

referensi:

http://howtosing39b.blogspot.com/2010/05/posture.html (anjuran posisi menyanyi yang baik)

http://en.wikipedia.org/wiki/Liam_Gallagher (sekelumit data tentang Liam Gallagher)

http://www.oasisfanatic.com/band/liam-gallagher-biography.php (cerita kehidupan Liam Gallagher)

1 Comment »

  1. Menarik, tingkat kenyamananpun sesungguhnya tetap mengacu kepada persepsi tiap orang yang berbeda beda, ketika, misalnya, kita mengikuti anjuran cara menyanyi yang lebih baik tersebut, kita mungkin akan mendapatkan suara yang lebih baik, namun apakan suara tersebut yang kita inginkan? apakah kita sendiri nyaman ketika mengeluarkan suara yang lebih baik tersebut? Mungkin untuk beberapa penyanyi, bukan suara yang baiklah yang dicari, namun suara yang lebih unik dan berkarakterlah yang ingin dikeluarkan. Begitu pula dengan Liam Gallagher, bisa saja dengan gaya menyanyi seperti itu Liam mendapatkan suara yang ia inginkan sehingga ia menjadi nyaman dengan keadaan tersebut.

    Comment by Febrian Anugrah — June 13, 2012 @ 00:29


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: