there’s something about geometry + architecture

June 12, 2012

Order dan Disorder dibalik Video Klip Hoot – SNSD

Filed under: ideal cities — ekaint09 @ 22:09
Tags:

Pada setiap music video snsd ada koreografi yang indah yang menjadi daya tarik terbesar dari setiap music video mereka. Seolah ada grid-grid yang mengatur setiap gerakan mereka . grid-grid ini yang memudahkan mereka dalam mengtur gerakan dari Sembilan orang member pada grup music asal korea ini. Dari gerakan-gerakan tersebut tercipta keteraturan dan keharmonian pada tiap music video mereka.

Kita pernah belajar mengenai order pada salah satu kesempatan di kelas geometri kemarin. pada bahasan tersebut dipaparkan mengenai gambaran ‘ideal’ kota-kota yang tampak rapi dengan bentuk-bentuk solidnya. Penjelasan singkat mengenai order dan disorder tersebut membuat saya bertanya-tanya apakah hal tersebut masi dipakai dibeberapa aspek kehidupan kita sekarang, dan apakah hal tersebut berpengaruh terhadap persepsi orang tentang aspek tersebut. Dalam buku Aesthetic Order karya Ruth Lorand terdapat rumusan kuno mengenai  ”beuty is unity in diversity.” Hal ini ia perjelas lagi dengan pernyataan bahwa “… no order exists in simple, totally homogeneous system. It also follows that if beauty is indeed an expression of order, beauty is never simple”.

Singkatnya dalam buku ini Lorand berpendapat bahwa sesuatu yang kompleks dan berbeda-beda justru yang indah dibandingkan dengan suatu yang teratur. Dari kekomplekasan terebut tercipta irama, yang mengakibatkan sesuatu tidak datar. Dalam bukunya Lorand juga menjelaskan bahwa disorder dalam “kekacauannya” membuat semua hal terkesan sama. Hal ini disebabkan tidak adanya pengelasan yang biasa kita lakukan pada ranah “order”. Namun, Lorand juga berkata bahwa “… disorder also appears in sets (which are complex by definition).
Consequently, order and disorder do have some common features and thus
disorder is not an outright opposite of order

Saya mencoba untuk memahami maksud Lorand dalam bukunya ini melalui pemaknaan saya mengenai order dan disorder dalam salah satu video klip snsd yang berjudul hoot. Mungkin saja saya dapat menemukan dan mehami mengenai order dan disorder dari video klip tersebut. Berikut analisis mengenai video klip tersebut:

Pada bagian awal video dibuka dengan Sembilan member SNSD yang dipecah menjadi tiga kelompok. Masing-masing berada di sebuah ruang dengan interior yang berbeda tapi senada, yang membedakannya adalah warna pada interior tersebut. Perbedaan jenis kostum pada tiga kelompok tersebut juga sangat menolok serta perbedeaan koreografi tiap-tiap member. Ke-chaos-an ini mengindikasikan disorder pada video klip ini, semua hal berbeda dari kostum koreografi hingga interior ruang mereka berada. Walaupun mereka berbeda-beda tapi tetap saja kesan yang tertangkap oleh kita sama yaitu retro, gaya retro pada video klip ini, interior ruangannya juga walaupun berbeda warna tapi tatp setipe. Dari perbedaan-perbedaan tersebut tercipta sebuah keindahan dari keragaman-keragaman tersebut tercipta sebuah harmoni. Berikutnya masuk ke bagian lagu selanjutnya:

sama yaitu retro, gaya retro pada video klip ini, interior ruangannya juga walaupun berbeda warna tapi tatp setipe. Dari perbedaan-perbedaan tersebut tercipta sebuah keindahan dari keragaman-keragaman tersebut tercipta sebuah harmoni. Berikutnya masuk ke bagian lagu selanjutnya:

Masuk ke bagian reffrain lagu, masi berlatar sama seperti gambar yang sebelumnya. Mereka masi berkostum yang sama hanya saja koreografi mereka serempak kali ini. Seperti ada grid yang mengatur koreografi mereka, ada permainan layer disini, ada yang kedepan lalu ada yang kebelakang, lalu mengumpul-menyebar. Ada order yang membentuk mereka sehingga menciptakan sebuah keindahan.

Pada bagian akhir lagu terdapat perbedaan latar interior tempat mereka menari, perbedaan kostum juga dari scene sebelumnya. Pada bagian akhir ini ada percampuran antara koreografi yang sama atau serempak dengan koreografi “suka-suka” yang berbeda-beda antar tiap member.

Dari pemaparan singkat diatas mengenai order dan disorder pada potongan-potongan video klip diatas dapat dilihat dari representasi mengenai order dan disorder pada koreografi hoot ini. Ada banyak order di video klip ini yang berupa koreografi-koreografi yang serempak sama dan kompak dan juga kesamaan kostum namun ada juga ke-chaos-an pada video klip ini ada banyak perbedaan koreaografi, kostum dan juga interior ruangan. Tetapi hal tersebut justru membentuk sebuah keindahan tersendiri yang menjadi sisi unik dari video klip ini. Menurut saya perlu percampuran antara oder dan disorder dalam menciptakan sebuah keindahan, entah itu pada dunia arsitektur ataupu hal lainnya. Segala sesuatu yang indah tidak melulu suatu hal yang teratur ataupun sebaliknya sesuatu yang beragam juga tidak selamanya indah, percampuran keduanya akan membuat sebuah “permainan” yang menciptakan keindahan-keindahan baru yang berubah-ubah, sehingga kita sebagai penikmatnya merasa tidak bosan.

Referensi :

“Aesthetic Order” oleh Ruth Lorand

http://www.youtube.com/watch?v=F4-SxcCO5d0   SNSD – HOOT

 

3 Comments »

  1. saya sebenarnya bukan K-Popers tapi video klip mereka memang menarik untuk dilihat
    blocking yang pas dan koreografi yang serempak mengisyaratkan keteraturan yang indah
    namun chaos itu juga merupakan keindahan dalam bentuk dan konsep yang lain
    saya setuju dengan pendapat saudara yang menyatakan bahwa “percampuran keduanya akan membuat sebuah “permainan” yang menciptakan keindahan-keindahan baru yang berubah-ubah, sehingga kita sebagai penikmatnya merasa tidak bosan”
    inilah yang menurut saya video klip korea menarik untuk ditonton
    hal ini juga berlaku di beberapa adegan menyanyi di film-film bollywood.
    saya lupa judul lagunya, tapi ada di film Kabhi Alvida Na Kehna mereka menerapkan hal yang sama dengan video klip SNSD yaitu berganti-ganti lokasi dan pakaian. namun pada setiap set, semua orang yang ada pada frame memakai pakaian dengan warna yang sama.bahkan settingnya pun diatur menggunakan warna yang sama. beberapa warna dipakai seperti ungu, hijau, merah dll.
    hal ini membuat penikmatnya tidak bosan saat menonton, mengingat pada lagu-lagu india biasanya liriknya diulang-ulang beberapa kali.

    Comment by lifafebriani — June 12, 2012 @ 22:55

  2. Sesungguhnya saya ingin bertanya bagaimana dengan persepsi orang akan keindahan suatu video klip tersebut. Menurut saya order dan disorder yang dilakukan pada video klip snsd tersebut karena mungkin tema yang diusut pada pembuatan video klipnya adalah tema retro, jaman dulu, jaman klasik yang memang erat kaitannya dengan order dan disorder. Bagaimana jika snsd tersebut membuat video klip yang berlatar belakang pemandangan atau semacamnya yang memiliki pemandangan yang sangat indah, misalnya pemandangan gunung, pantai, atau semacamnya akankah sama “rasa”nya jika mereka memakai kostum retro tersebut dan tidak menggunakan latar belakang bentuk-bentuk yang di order tersebut. Menurut saya selain order dan disorder ada “kesinkronan” yang lain yang membuat sebuah penampilan itu enak dipandang mata.

    Comment by meirisyananda — June 12, 2012 @ 23:23

  3. Harmonisasi pada gerakan tersebut yang seperti anda katakan semacam grid yang menjadi dasar pergerakkan mereka memang dibutuhkan pad a koreografi kelompok yang berisikkan 9 orang tersebut, karena apabila tidak ada guide tersebut akan terjadi chaos dalam gerakan yang akan menjadi tidak nyaman ditonton. keseimbangan chaos dan teratur pada setting videoklip tersebut juga didukung oleh subjek yang melakukkannya. jadi menurut saya selain pengaturan benda mati atau setting, benda hidup juga sangat mempengaruhi respon atau pendapat penonton yang menyaksikan. Pada videoklip ini, nampaknya terjadi penggabungan aspek setting dan karakter SNSD serta lagunya yang sangat serasi.

    Comment by dtnada27 — June 12, 2012 @ 23:57


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: