there’s something about geometry + architecture

June 13, 2012

Dunia Tangan Kanan

Filed under: Uncategorized — dianonurbintoro @ 02:36

Masyarakat dunia pada umumnya adalah pengguna tangan kanan dengan hanya sekitar 10%-15% manusia yang merupakan pengguna tangan kiri. Dengan keadaan seperti ini para pengguna tangan kiri, atau bisa juga disebut kidal, harus terpaksa hidup di dunia yang semua berorientasi serba tangan kanan. Peralatan diciptakan dengan kenyamanan orang pengguna tangan kanan, mouse diciptakan dengan bentuk yang nyaman untuk tangan kanan, pemukul golf lebih sering ditemui untuk tangan kanan,gunting dibuat untuk memudahkan menggunting bagi pengguna tangan kanan dan masih banyak peralatan lain. Selain itu gaya hidup tangan kanan sudah menjadi “hukum” di dunia ini dimana bersalaman menggunakan tangan kanan, mengambil barang diajarkan dengan tangan kanan, makan diajarkan dengan tangan kanan baik di keluarga maupun di agama manusia hidup di dunia tangan kanan.

Tidak heran banyak pengguna tangan kiri yang harus membiasakan dirinya menggunakan peralatan tangan kanan dan akhirnya harus terbiasa. Dengan kehidupan seperti ini maka para kidal akan terus menerus mengikuti arus dan mungkin ini juga salah satu penyebabnya kidal merupakan minoritas. Namun dari berbagai keterbatasan itu para kidal menjadi sangat terampil dalam beradaptasi dan dengan perbedaannya itu mereka mampu berpikir berbeda dari yang lainnya karena secara alami mereka memang memiliki kecenderungan untuk berpikir berbeda, seperti yang disebutkan William Hopkins seorang psikolog. Beliau juga memberi contoh bagaimana binatang yang memiliki kecenderungan yang minoritas memiliki kesempatan melarikan diri dari predator lebih besar karena keluar dari jalur biasanya dan mengejutkan predatornya.

Manusia kidal juga banyak yang mengalami hal serupa dimana mereka berpikir diluar jalur sehingga dapat menemukan hal-hal penting dalam kemajuan peradaban contohnya saja tokoh salah Renaissance: Raphael, Leonardo da Vinci dan Michelangelo yang dipercaya merupakan kidal. Isaac Newton juga merupakan kidal, dan berbagai tokoh modern seperti Matt Groening, Barack Obama, dan Einstein. Masing-masing mampu mengubah dunia dengan caranya sendiri Einstein dengan teorinya menghasilkan bom atom, Matt Groening menciptakan The Simpsons, Barack Obama menjadi Presiden Kulit hitam Amerika Serikat pertama dan patungnya didirikan di Jakarta, Menteng. Hal ini menunjukkan bagaimana orang kidal bisa memiliki kecenderungan untuk jenius atau ahli dalam suatu hal, karena mereka memiliki kemampuan tidak umum dan bisa melawan arus. Mungkin tidak banyak yang setuju dengan pendapat ini namun justru itu yang ingin diketahui disini apakah pendapat anda mengenai perbedaan kidal dan pengguna tangan kanan?

Hal tersebut bukan berarti para tangan kanan tidak dapat menciptakan sesuatu yang berarti namun yang coba saya tarik adalah bagaimana pentingnya bagi seseorang untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda dimana sekarang sudah sulit ditemui sehingga tidak terpaku oleh metode tertentu. Mungkin post ini tidak terlalu terkait dengan geometri tetapi saya merasa bahwa apa yang dipelajari tentang geometri dalam membahas metode menuntut untuk bisa selalu melihat metode dan mengembangkannya  dan tidak terpaku.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: