there’s something about geometry + architecture

June 13, 2012

Exploding Box: Kotak Pembungkus Hadiah Yang Interaktif

Filed under: Uncategorized — erinasyera @ 06:38

Biasanya saat kita memberikan hadiah spesial kepada seseorang, kita akan memasukkannya ke dalam sebuah kotak pembungkus yang indah. Mungkin kita akan menambahkan pita atau hiasan untuk mempecantiknya. Tidak lupa juga kita berikan kartu ucapan untuk melengkapi hadiah kita. Itu hal yang biasa dilakukan. Tapi ada cara lain untuk mengemas hadiah kita sehingga terlihat lebih menarik dan tidak biasa bagi orang yang menerimanya. Kita bisa menggunakan exploding box untuk mengemas hadiah kita.

Image and video hosting by TinyPic

Image and video hosting by TinyPic

(exploding box)

Dengan menggunakan exploding box, kita tidak hanya dapat meletakkan hadiah kita di dalam kotak tersebut namun juga dapat menghias keempat sisi dari kotak tersebut sehingga menjadi lebih menarik. Kita juga dapat menuliskan ucapan yang ingin kita sampaikan kepada si penerima hadiah.

Saya merasa mekanisme exploding box ini sangat menarik karena sangat sederhana. Saking sederhananya, kita mungkin tidak pernah memikirkan akan membuat hal seperti ini. Terkadang kita lupa kalau kotak (terkecuali tutupnya) terdiri dari 5 sisi. Kita hanya menggunakan 1 buah sisi dan menjadikan keempat sisi lainnya hanya sebagai selubung. Padahal jika kita mau, kelima sisi ini dapat dimanfaatkan untuk menambah keindahan dan makna dari kotak pembungkus hadiah kita.

Mekanisme exploding box ini sangat sederhana. Alih-alih merekatkan keempat sisi satu dengan yang lain, kita biarkan saja keempat sisi itu lepas adanya. Yang menahan agar keempat sisi itu dapat berdiri adalah tutup dari box ini. Jadi ketika tutup dibuka, keempat sisi tersebut akan ‘memekar’ dan memperlihatkan isi di dalam box serta hiasan-hiasan yang terdapat di sisi bagian dalam.

Dari exploding box ini saya belajar untuk tidak memusatkan pandangan hanya kepada satu sisi pada sebuah benda. Tidak tertutup kemungkinan sisi-sisi yang lain masih dapat digunakan dan bermanfaat untuk kita.

1 Comment »

  1. setelah membaca postingan ini saya langsung teringat tentang pop-up card. Tapi setelah dilihat lebih jauh lagi ternyata pop-up card dan exploding box ini berbeda. Pop-up memberikan efek ‘kejut’ sedangkan exploding box tidak (dari apa yang saya rasakan). Pada pop-up, kita dikejutkan oleh terciptanya suatu ruang baru atau bentuk baru dari sebuah benda yang lebih kecil daripada ruang atau bentuk baru yang tercipta, sedangkan exploding box lebih seperti rangkaian sebuah benda yang dapat ditebak oleh kita dan dia munculnya tidak secara tiba-tiba seperti halnya pop-up card, namun dapat kita buka secara perlahan-lahan atau satu persatu, dsb.

    Comment by siti rahma — June 13, 2012 @ 12:14


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: