there’s something about geometry + architecture

June 13, 2012

Golden Rasio dan Poster Film

Filed under: architecture and other arts — nadiafzna @ 21:58

Poster film merupakan suatu keharusan bagi sebuah film. Sebelum film dipasarkan, poster film pasti muncul terlebih dahulu sebagai salah satu media promosi dalam majalah, artikel maupun bioskop. Untuk itu, poster film haruslah dapat memberi gambaran tentang film, memberikan pesan singkat tentang film tersebut.Selain memperhatikan isi dari poster tersebut,  bagaimana penataan latar dan komposisi didalam poster tentulah juga harus diperhatikan agar poster itu terlihat menarik, terlebih lagi agar pesan dari poster itu juga dapat tersampaikan.

Dalam analisis ini saya menggunakan bantuan software komputer Phimatrix. Software ini adalah suatu grafis analisis atau alat desain yang memungkinkan kita untuk melihat dan menerapkan proporsi phi pada gambar. Pembagian proporsi pada software ini telah menerapkan sistem GridPhi dan turunannya.

Berikut ini temuan saya dari berbagai poster film yang ternyata dapat dijabarkan dengan golden rasio,

Pada gambar ke dua terlihat pembagian gambar lubang kunci yang seimbang antara bagian kiri dan kanan, juga terlihat bahwa kata last tepat terbagi dua. Dari gambar ketiga semakin terlihat bahwa subjudul mengikuti kisi-kisi secara seimbang, jika kisi disebalah kiri hanya terisi oleh satu huruf, maka sisi dikanan juga hanya akan terisi satu huruf, dst.

Dari gambar kedua terlihat kisi-kis membagi tiga bagian gambar para pemain menjadi tiga pasang. Namun pada gambar ketiga pembagian semakin jelas dari ujung kiri satu kisi mewakili satu orang dan pada kisi dikanan satu kisi menjadi untuk dua orang, walaupun sebenarnya kisi memiliki ukuran sama namun ternyata dapat sesuai dengan layout dari poster. Selain itu ternyata titik-titik pada tulisan Friends pas dengan garis kisi horizontal.

Jika melihat dari gambar kedua terlihat garis kisi horizontal melewati nama pemain dengan jarak yang sama pada nama Amy Adams dan Alan Artkin. Tulisan pada bagian atas ternyata terbagi dua oleh garis kisi horizontal. Garis-garis kisi horizontal ini memang tidak selalu sama dalam membagi tulisan yang ada, namun ia selalu berada di tiap kata baik itu dibagian bawahnya (contoh amy adams) atau atasnya (contoh par les producteurs…) maupun dibagian tengahnya (contoh surreal distribution…).Pada Gambar ketiga terlihat pembagian kemiringan garis kuning bertulisan crime scene do not cross tidak seimbang, dibagian kiri lebih dekat jaraknya dengan garis kisi horizontal terdekatnya dibandingkan yang sebelah kanan. Ternyata jika kita bagi lagi dengan GridPhi sebenarnya batas-batas dari garis kuning ini terbagi jaraknya sesuai dengan kisi kisi horizontal, bagian yang kanan berjarak lebih jauh namun diimbangi dengan bagian huruf g dari tulisan cleaning, sedangkan bagian kiri berjarak lebih dekat diimbangi dengan bagian atasnya yang kosong. Hal ini mungkin dimaksudkan sebagai penyeimbang antara bagian kiri dan kanan. Selain itu jika kita perhatikan tangan pemain dengan seksama terlihat pemisahan jari, telapak dan pergelangan tangan oleh garis kisi horizontal.

Dari contoh-contoh diatas saya banyak menemukan manfaat dari golden rasio dalam penataan latar  poster film. Golden rasio dapat digunakan untuk menentukan posisi judul,subjudul dan pemposisian gambar. Bukan hanya itu saja tapi juga proporsi dan ukurannya.Selain itu golden rasio dapat dimanfaatkan untuk membagi pemfokusan pada poster.Apa yang paling ingin ditonjolkan pada poster, pada poster Friends terlihat bahwa hal yang paling ingin ditonjolkan adalah bagian muka dari pemainnya yang diletakkan tepat pada kisi terbesar.Golden rasio juga digunakan dalam menentukan keseimbangan dalam  poster. Pada poster Sunshine Cleaning dimana tulisan dibuat miring tapi dengan kemiringan yang berbeda antara bagian kiri dan kanan, tapi ternyata jika dianalisis dengan golden rasio terlihat bahwa pembuatan kemiringan itu bukanlah hal yang dibuat secara asal namun terukur sehingga masih terasa seimbang dan tetapmenarik untuk dilihat.

Daftar Pustaka

http://www.phimatrix.com/concepts.htm

http://www.phimatrix.com/userguide.htm

http://www.filmindustrynetwork.biz/why-movie-poster-art-is-so-important/11530

http://prayudi.wordpress.com/2008/08/31/golden-ratio/

http://math.ipb.ac.id/index.php?option=com_content&task=view&id=162&Itemid=1

Gambar poster bersumber dari : http://www.impawards.com/

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: