there’s something about geometry + architecture

June 13, 2012

Golden ratio di dalam 7 Karakter Utama Angry Birds

Filed under: classical aesthetics — arumst @ 04:40

Golden ratio, terkadang disebut golden section, golden number, golden mean, golden proportion atau divine proportion merupakan topik populer yang sering disebut-sebut di dalam berbagai buku dan artikel terkait dengan seni dan arsitektur. Golden ratio dapat muncul dengan cara membagi dua sebuah garis tidak sama panjang sehingga apabila panjang keseluruhan garis dibagi dengan sisi yang lebih pendek menghasilkan nilai sebesar phi (ϕ) dengan nilai 1,618339887…

Elemen-elemen alam; tumbuhan, hewan, maupun manusia tidak terlepas dari angka ini, memiliki sifat dimensional dengan rasio ϕ banding 1. Contoh yang paling sering muncul dalam topik golden ratio adalah sebuah nautilus, dengan rasio setiap diameter spiral ke spiral berikutnya adalah phi. Contoh lain adalah perbandingan jarak dari puncak kepala manusia dengan jarak dari pusar ke lantai memiliki nilai phi. Selain elemen alam, golden ratio juga muncul di berbagai karya seni dan arsitektur, seperti di dalam The Last Supper oleh Leonardo Da Vinci, The Sacrament of The Last Supper oleh Salvador Dali, Parthenon Yunani, piramid Mesir, Gedung PBB di New York, bahkan di Fifth Symphony oleh Beethoven.

Produk-produk teknologi yang berkembang kini masih tetap menggunakan golden ratio sebagai acuan utama dalam desain. Produk grafis yang terkenal dalam beberapa tahun terakhir ini adalah game Angry Birds, yang merupakan mobile game dengan genre puzzle dan strategi, dikembangkan oleh Rovio Mobile. Selain karena mekanisme game yang aditif, kesuksesan Angry Birds juga didukung oleh grafis yang bersifat komikal sehingga mudah diterima oleh para penikmatnya. Namun, apakah di dalam game ini juga terdapat divine proportion atau golden ratio, seperti halnya beberapa produk yang ditunjang oleh teknologi terkini?

Terdapat beberapa elemen grafis di dalam Angry Birds, yakni karakter utama berupa burung-burung, dan elemen lainnya; seperti susunan kayu, es, dan batu. Untuk karakter utama, terdapat 7 jenis burung dengan karakter yang berbeda, dan berbagai jenis babi dengan karakter visual yang mirip. Tujuh jenis burung tersebut dinamai sesuai warna dan bentuk fisiknya, yakni Red Bird, Blue Bird, Yellow Bird, Black Bird, Chubby White Bird, Green Bird, dan Big Red Bird. Secara garis besar, bentuk dasar karakter burung di Angry Birds ini adalah bertubuh dan bermata lingkaran, dengan paruh berbentuk poligon.

Image

Rasio merupakan perbandingan antara dua nilai, maka dari bentuk dasar karakter Angry Birds yang ada terdapat tiga pengukuran yang memungkinkan, yaitu panjang badan (didapat dari diameter lingkaran atau sisi horizontal segitiga), panjang mata (jarak dari ujung mata kanan ke ujung mata kiri), dan panjang paruh. Ketiga elemen ini diukur secara horizontal.

Dari pengukuran yang dilakukan, didapat perbandingan sebagai berikut:

Badan: mata

Badan: paruh

Paruh: mata

Red Bird

2,3859

2,20429

1,0833

Blue Bird

1,5583

1,4277

1,0915

Yellow Bird

2,1644

2,7359

0,791

White Bird

1,4571

2,3287

0,6257

Green Bird

3,2605

0,9216

3,5378

Big Red Bird

5,2051

3,0913

1,11299

Black Bird

1,8491

2,6089

0,7087

Dari tabel di atas, dapat dilihat bahwa rasio yang didapat berkisar antara 0,6 hingga 5,2. Angka yang didapat dari rasio ini bisa dikatakan cukup acak, namun terdapat karakter yang memiliki rasio mendekati phi (ϕ), seperti blue bird. Angka-angka yang cukup acak ini disebabkan oleh perbandingan-perbandingan bagian tubuh karakter yang tidak proporsional satu sama lain, karena sifat grafis yang lebih komikal.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa elemen grafis di dalam karakter-karakter utama di dalam game Angry Birds memiliki proporsi yang acak, namun terdapat kesamaan-kesamaan di dalam rasio-rasionya sehingga membuat karakter-karakter di dalam game ini terlihat menarik. Bentuk-bentuk yang tidak proporsional di sini bukan sebagai penghambat untuk membuat game ini meraih sukses, namun justru sebagai penarik di bidang grafis.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: