there’s something about geometry + architecture

June 13, 2012

Invers dalam Karya Stensil

Filed under: architecture and other arts — fariddinattar @ 00:20

ABOVE’s Paris stencil

Stensil merupakan sebuah karya seni yang memiliki keterkaitan dengan ide menjiplak ataupun tracing terhadap sebuah objek. Objek yang biasa digunnakan dapat berupa karya 2 dimensi seperti gambar, ilustrasi, dan lain-lain. Objek yang digunakan dapat berupa benda 2d yang diolah terlebih dahulu dengan cara digital.  Bahan yang biasanya digunakan untuk melakukan stensil adalah kertas/plastik sebagai pola jiplakan dan alat pewarna biasanya menggunaan cat semprot dan atau cat lainnya. Ide dari stensil ini bisa terbilang unik karena pada saat melakukan prosesnya terdapat langkah dimana kita akan melakukan invert untuk mendapatkan gambar/ilustrasi dalam bentuk stensil. Saat kita mencoba untuk menyemprot kebagian yang sebelumnya telah diberi layer untuk dipotong, terdapat bagian yang terkena semprotan dan tidak karena tertutupi. Bagian yang menutupi gambar dibelakangnya menjadi invers dari pola yang sebelumnya telah kita buat. Invers ini yang menjadi bentuk lain yang kita dapatkan saat melakukan stensil. Pada dasarnya terdapat dua kali penggambaran karya dalam metode stensil ini dan salah satunya adalah inversnya.

Berikut ini adalah langkah-langkah dasar dalam membuat stensil :

1. Make a Illustration

Membuat gambar, coretan, lukisan, dsb dengan “ide” didalamnya. Dapat dilakukan secara manual maupun secara digital menggunakan komputer dsb.

2. Print the vector Illustration

Desain atau gambar yang telah selesai di “convert” kedalam vector. Kemudian vector yang telah dibat dibuat outline-nya. Hal selanjutnya yang dilakukan adalah mencetaknya kedalam sebuah kertas.

3. Acetate

Hasil cetak dengan kertas ditempelkan ke kertas plastik. Penggunaan plastik ditujukkan agar lebih kaku dan saat ingin memotong pola dalam layer pada proses cutting.

4. Layering & Cutting

Pada tahap Layering ia menentukkan komposisi warna juga bentuk agar gambar terlihat 3 dimensi (shading). Setelah menetukkan layer mulai dilakukan pemotongan pada acetate berdasarkan layer yang telah dibuat.

5. Spraying / Brushing / Painting

Proses selanjutnya adalah mencetaknya ke dinding dan atau tempat lain. Proses ini diwali dengan menempelkan pola yang telah jadi ke dinding dan mulai mewarnai sesuai potongan pada layer menggunakan cat semprot atau media mewarnai yang lain. Selain itu, diperlukan pula pembatas pada tepi pola agar tidak menciptakan outline disisi luar bidang mengecat.

Pola cetak stensil

Invers

Hal yang menarik dari stensil adalah invers yang terjadi dari pola potongan cetakan merupakan jejak atau bidang yang menjadi pola cetak. Tanpa kita mengetahui bagaimana pola cetaknya dengan melihat dan memahami karya stensilnya kita mampu menggambarkan bagaimana pota cetaknya. Invers ini menjadi bagian yang menarik didalam memahami sebuah bentuk. Jika kita mendapatkan salah satu antara benda asli atau inversnya kita dapat mencari dan memahami bagaimana bentuk kebalikannya itu. Dari memahami langkah-langkah dalam proses menciptakan karya stensil kita bisa mempelajari invers juga. Hal yang lebih menarik jika kita mencoba melakukannya didalam benda 3D karena kita akan mendapatkan info mengenai invers dari depth, volume, dan bidang-bidang pembentuknya.

1 Comment »

  1. Sisi inversi dalam stensil sangat menarik untuk dibahas, invers berarti merupakan kebalikan. saya pikir dengan mempelajari invers berarti kita berlatih untuk berpikir secara terbalik, dan cara pikir tersebut memiliki kemungkinan kemungkinan untuk mengekspos ide ide lain yang belum pernah terpikirkan

    Comment by Febrian Anugrah — June 13, 2012 @ 01:05


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: