there’s something about geometry + architecture

June 13, 2012

Konektivitas dalam Kegiatan Bermain Anak

Filed under: contemporary theories,everyday geometry — noorfajrina @ 01:16

Dalam tulisan ini saya akan membahas mengenai hubungan antara kegiatan bermain anak, alat bermain dan bagaimana bila beberapa kegiatan bermain disatukan dalam sebuah alat bermain serta hubungannya dengan konektivitas dalam mobius strip.

Bermain merupakan salah satu bagian dari pengalaman masa kecil anak. Dalam hal ini anak dapat bereksplorasi, menemukan hal baru, membuat sesuatu, berimajinasi, serta memperluas pengetahuan tentang dunia sekitar. Saat ini bermain pada anak menjadi kegiatan yang difasilitasi sebuah area bernama taman bermain. Taman bermain atau yang biasa di sebut play ground  menjadi menarik ketika dalam satu kesatuan tempat terdapat berbagai kegiatan yang dilakukan berikut alat bermain yang mengakomodir.

Berbagai kegiatan bermain anak yang dilakukan serta model alat bermain dapat di lihat pada tabel di bawah ini.

Alat bermain menjadi semakin berkembang dan menarik ketika berbagai kegiatan digabungkan menjadi satu pada sebuah play ground set. Playground set membuat berbagai kegiatan terkoneksi dan terhubungkan satu sama lain dalam satu alat. Berikut ini aalah beberapa contoh yang ada : Dalam playground set 1 di bawah ini terkoneksi antara kegiatan memanjat, menelusuri dan meluncur dalam satu kesatuan.

playground set 1

playground set 2

playground set 3

Pada playground set 2 terkoneksi hubungan antara kegiatan berayun, menyusuri, memanjat dan berayun. Sementara itu pada playground 3 kegiatan yang terhubung adalahberayun, memanjat, meluncur dan merangkak.

Dapat dilihat kegiatan-kegiatan bermain dapat berbentuk sebuah siklus yang tidak berhenti dimulai dari memanjat-merangkak/menyusuri-meluncur-memanjat. Berayun menjadi kegiatan di luar siklus.Memanjat dan meluncur menjadi kegiatan di awal atau akhir dan merangkak serta meluncur menjadi kegiatan di antara.

Melalui pembahasan di atas dapat dilihat hubungan antara masing-masing kegiatan bermain yang diwadahi oleh sebuah alat bermain. Kegiatan terkoneksi dalam sebuah siklus yang berulang. seperti pada sebuah loop dalam mobius strip.Loop berarti sebuah siklus tanpa batas yang terus berulang. Mobius strip juga membuat rancu bagian mana yang di dalam dan bagian mana yang di luar. Hal tersebut juga terjadi dalam playground set di atas yang menyamarkan kedua batas tersebut.

sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/M%C3%B6bius_strip diakses pada 13 mei 2012 1:10

http://image.made-in-china.com/2f1j00gBvTkimqfczK/Outdoor-Playground-Equipment-

http://www.playlsi.com/Explore-Products/Universally-Accessible-Playgrounds/Resources/Article-PlayAPortaltoNewWorlds/Pages/Article-PlayAPortaltoNewWorlds.aspx/Pages/Article-PlayAPortaltoNewWorlds.aspx

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: