there’s something about geometry + architecture

June 13, 2012

Mobius Strip pada Simbol Recycle

Filed under: architecture and other arts — tithanasution @ 00:07
Tags: , , ,

Apa yang Anda pikirkan saat mendengar kata daur ulang? Barang-barang bekas diubah menjadi barang-barang dengan fungsi baru? Mengurangi sampah dunia? Apapun itu, jika berkaitan dengan daur ulang (recycle) Anda (dan saya) pasti mengenal simbol ini.

Simbol recycle yang berlaku universal dan sering kita temukan yaitu berbentuk tiga buah panah yang terlipat ujungnya membentuk sebuah lingkaran. Panah yang terlipat tersebut tidak ada yang sama persis. Satu sisi panah terlipat di sisi yang berlawanan dari panah lainnya. Mungkin banyak dari Anda yang tidak menyadari bahwa simbol ini membentuk mobius strip. Lalu apa makna simbol ini dan kaitannya dengan mobius strip?
Mobius strip ditemukan pertama kali pada tahun 1858 oleh August Ferdinand Möbius and Johann Benedict Listings dua orang matematikawan dari Jerman. Mobius strip dapat dibentuk dengan menyatukan ujung dari sebuah pita (yang semula memiliki dua surface) yang kemudian di putar setengah putaran membentuk sebuah surface. Ketika kita menelusuri satu sisi dari pita yang telah diputar dan disatukan tersebut kita akan kembali ke sisi dimana kita memulai. Esensi mobius strip yang menjadi karakteristik mobius strip adalah tidak terbatas, berkelanjutan, dan memiliki satu surface.
Sejarah simbol ini dibentuk ialah, pada tahun 1969 dan sekitar awal 1970 isu yang sedang marak di dunia yaitu isu lingkungan yang berpuncak pada ditetapkannya hari bumi pertama. Sebuah produsen karton daur ulang, Container Corporation of America yang berbasis di Chicago merespon isu tersebut dengan mengadakan kontes bagi para pelajar untuk mendesain simbol recycle sebagai langkah untuk meningkatkan kepedulian akan isu lingkungan tersebut. Kontes tersebut dimenangkan oleh Gary Anderson, seorang mahasiswa berusia 23 tahun dari University of Southern California yang hingga kini karyanya dikenal sebagai simbol recycle universal.
Karakteristik berkelanjutan, tidak terbatas, dan siklus satu arah yang meneruslah yang dimaknai oleh Anderson sebagai proses recycle itu sendiri. Recycle (daur ulang) adalah proses dimana menggunakan kembali barang-barang yang kita anggap sampah untuk keperluan lain dengan maksud untuk mengurangi sampah. Proses ini diharapkan akan dapat terus berkelanjutan hingga tak terhingga dalam menanggapi isu lingkungan.
Dengan begitu dapat saya simpulkan bahwa mobius strip pada simbol daur ulang (recycle) yang berlaku secara universal ini tidak menggambarkan seperti apa itu daur ulang, atau apa saja kegiatan daur ulang itu namun lebih kepada menekankan bagaimana proses daur ulang tersebut berlangsung. Bentuk geometri simbol ini merepresentasikan proses atau urutan kegiatan. Analogi dari panah-panah yang terlipat berlawanan arah yang berarti proses daur ulang ini tidak memiliki awal dan akhir –berkelanjutan, yang digambarkan dengan bentuk simbol yang melingkar.

Sumber :
“Recycling Symbol History “ (http://www.recycling-revolution.com/recycling-symbol-history.html diakses pada 12 Juni 2012. Pukul 23.00)
(http://en.wikipedia.org/wiki/Recycling_symbol) diakses pada 12 Juni 2012. Pukul 23.00
“Moebius Mobius Strip in Art and Culture” (http://nuclear-imaging.info/site_content/2009/02/03/moebius-mobius-strip-in-art-and-culture/ diakses pada 12 Juni 2012. Pukul 23.00)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: