there’s something about geometry + architecture

June 13, 2012

PENERAPAN KONSEP GOOD CITY FORM DALAM PERMAINAN SIMCITY

Filed under: ideal cities — asysyifaazzahra @ 08:23

Kevin Lynch dalam Good City Form mencoba melihat hubungan antara nilai-nilai kemanusiaan dan bentuk fisik kota, dengan menetapkan persyaratan untuk teori normatif bentuk kota, ulasan dengan gambar fisik dari apa yang mungkin diharapkan oleh masyarakat utopis, hingga membantu kita membedakan bentuk kota menjadi tiga teori berdasarkan konstruksinya, yaitu kota sebagai sebuah kosmik atau pusat seremonial, kota sebagai sebuah mesin, dan kota sebagai sebuah organisme. Singkatnya, Good City Form adalah posisi di mana ia memandang kota di masa lalu dan yang akan datang.

Konsep Good City Form, memiliki 5 elemen pembentuk yaitu Vitality, Sense, Fit, Access dan Control. Kelima elemen kualitatif tersebut dikuantitatifkan kedalam 2 meta-criteria, yakni efficiency dan justice.  Vitality merupakan elemen yang diartikan sebagai ketahanan, atau dimaksudkan untuk menggambarkan fungsi vital kehidupan, kebutuhan dan kelangsungan hidupnya.  Sense diartikan sebagai rasa. Namun dalam pemahaman atas Good City Form, maka sense dapat dipahami sebagai upaya dalam mengolah segala hal yang dirasakan, dikenali, digambarkan dan diceritakan baik itu sebagai sebuah benda, fisik lingkungan, peristiwa hingga kebudayaan.  Fit berati sesuai.  Access disini berarti pencapaian. Elemen akses menggambarkan kemudahan akses seseorang menuju suatu tempat, akses terhadap informasi, akses terhadap pekerjaan, akses kepada pendidikan yang lebih tinggi dan lain sebagainya, dan yang terakhir,  Control diibaratkan sebagai suatu tools untuk menata, menjaga dan mengawasi warga dan lingkungannya, tujuannya adalah tercapainya kehidupan masyarakat yang baik dan berkelanjutan.

Pada permainan simcity ini, ketiga aspek tersebut merupakan aspek inti yang harus diperhatikan agar kehidupan kota bisa mulai berjalan. Sebagai contoh, pada awal pembuatan kota, kita diharuskan meng-install water tower dan water pipe yang harus dialirkan ke setiap bagian kota agar kehidupan di kota tersebut bisa mulai berjalan. Tanpa instalasi pipa air tersebut, kehidupan kota di simcity ini tidak akan pernah mulai berjalan.

instalasi water pipe dan water tower

Sense berhubungan dengan upaya kita sebagai creator dari si kota tersebut, untuk berusaha memenuhi aspirasi dan keinginan warganya. Sebagai contoh, jika dari awal skenario kita memilih kota Tokyo sebagai kota yang akan kita kembangkan, maka kita harus konsisten dengan pemenuhan-pemenuhan kebutuhan yang sesuai dengan kriteria warga di kota tersebut.

Kriteria ketiga adalah fit atau kesesuaian. Dalam simcity, penerapannya berkaitan dengan hubungan peletakan zona-zona yang ada (residential, komersial, dan industrial) dengan fasilitas-fasilitas umum, dimana peletakan –peletakan tersebut didasarkan pada golongan masyarakat seperti apa yang akan menempati kawasan tersebut. Contohnya, high comersial zone, perkembangannya akan sangat lambat atau malah tidak akan pernah berkembang jika diletakkan berdampingan dengan low residential zone, atau area pemukiman padat tidak akan nyaman berdekatan dengan penjara, dll.

Kriteria keempat, access. Kita membuat kota dengan pola grid, dimana ruang-ruang kosong yang terbentuk dari grid-grid tersebut kita isi dengan zona-zona residential, komersial, maupun industrial. Pada tahap ini, kita harus memperhatikan hubungan kedekatan antar zona tersebut didasarkan pada aktivitas dan prospek yang akan terjadi disana. Karena tentu akan sangat berbeda dampakya jika kita mendekatkan zona komersial misalnya, dengan zona residential atau dengan zona pembuangan sampah.

pemisahan zona pembuangan, perumahan, dan industri

Kriteria kelima adalah kontrol, yaitu suatu tools untuk menata, menjaga dan mengawasi warga dan lingkungannya. Dalam permainan ini, kitalah controller-nya, disini kita adalah seorang mayor yang mempunyai beberapa advisor dari berbagai bidang, yang akan melaporkan kondisi warga berkaitan dengan bidang mereka masing-masing.

Para penasihat yang akan membantu kta dalam menjalankan kota

Bisa disimpulkan berdasarkan permainan simcity ini, bahwa kelima kriteria pembentuk good city form yang disebutkan oleh Kevin Lynch sangat berpengaruh dalam pembentukan kota yang ‘ideal’. Dimana kelima kriteria ini bisa membantu kita untuk merancang, setidaknya, layout dan program, atau siklus dan pola seperti apa yang diinginkan untuk terjadi di kota tersebut. Namun, ada aspek yang berada diluar kendali perancang yaitu respon para penduduk kota tersebut. Sebagai contoh, rencana pembangunan suatu area ataupun suatu fasilitas di suatu kota bisa dibatalkan atau bisa dipindah, dikarenakan respon dari para penduduk. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi ‘pola rancangan’ kota yang sebelumnya telah dibuat oleh sang perancang.

Sumber :

Schwab, Abraham, P. Cultural Landscapes Bibliography. 1981.

Lynch, Kevin, Good City Form, MIT Press, Cambridge MA and London 1984, c1981

http://id.wikipedia.org/wiki/SimCity_4

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: