there’s something about geometry + architecture

June 13, 2012

Penggambaran aliran music pada sebuah ruang interior

Filed under: architecture and other arts — rarainterior09 @ 01:04

Seperti dalam bahasan kelas geometri bahwa musik dan arsitektur dapat memiliki hubungan untuk menggambarkannya. Begitu pula halnya dengan interior. Kesamaan terjadi karena keduanya menimbulkan persepsi tersendiri. Bagaimana keduanya seringkali dapat mempengaruhi suasana atau perasaan manusia. Perbedaannya hanya melalui penggunaan indera. Pada musik tentu saja indera yang digunakan ialah telinga kita. Bagaimana dari alunan nada-nada bisa dapat terciptanya mood pada manusia. Misalnya pada musik jazz yang mana alunan nadanya mengalir dan tenang atau sebaliknya pada musik hiphop yang nadanya memiliki beat yang membuat pendengarnya menjadi semangat. Begitupula halnya dengan interior yang pada hal ini kemampuan visual manusialah yang digunakan dimana menciptakan kualitas ruang yang mempengaruhi persepsi manusia. Pada ruang-ruang tertentu seperti sudah melekat di pikiran kita bagaimana seharusnya kualitas sebuah ruang sesuai kebutuhannya. Misalnya pada ruang tidur, seringkali divisualisasikan dengan pemilihan warna-warna yang kalem, lampu yang tidak terlalu terang (remang) sebaliknya dengan ruang kerja yang mana membutuhkan perasaan semangat di aplikasikan dengan ruang yang terang. Disini saya akan mencoba menggambarkan beberapa aliran musik yang digambarkan dalam sebuah ruang interior.

 

1. Musik Klasik

Musik klasik dianggap sebagi cikal bakal berbagai jenis music yang ada sekarang ini. Musik klasik bisa berupa musik klasik bisa berupa alunan satu jenis alat musik tertentu hingga berupa panduan berbagai alat musik. Nada-nadanya keras dan tajam menandakan luapan emosi dari para seniman kala itu. Musik ini sering dimainkan dalam bentuk orchestra yang membuatnya terasa mewah dan megah. Dalam interior dikenal juga isrilah klasik dimana berarti kelas Jika music klasik diadaptasi kedalam ruang Interior klasik biasanya memiliki banya kerumitan pada motifnya yang khas dan melambangkan kemewahan.

Image

 

 2. Musik jazz

Musik jazz merupakan musik yang tumbuh dari rakyat.musik ini kadang tidak memiliki harmonisasi, hanya hentakan ritmenya saja yang mendominasi komposisinya. Musik ini terdengar mengayun dan tenang. Dalam interior persepsi saya akan sebuah music jazz alah ruangan yang tenang, dan terkesan lebih intim.

Image 

 

3. Musik rock

Musik rock adalah suatu perwujudan dari jenis musik yang mengutamakan salah satu dominasi alat musik tertentu pada permainan ansambelnya. Harmonisasi nada-nadanya cukup keras dan tajam. Musik rock memiliki 3 chords, backbeat yang konsisten dan mencolok yang menghasilkan melodi yang menarik. Dalam perwujudan interior persepsi saya ialah ruang yang sangat maskulin. Dimana dapat diaplikasikan dari bentuk ruang hingga penggunaan warna yang cenderung agak gelap.

Image

 

4. Musik pop

Musik pop dianggap musik yang paling ringan untuk dinikmati. biasanya lirik lagunya relatif singkat dan sederhana. Musik ini sering di mix dengan genre musiknya untuk membuat genre lain terasa lebih ringan.Dalam persepsi saya interior ruangan ini akan menjadi sederhana namun sangat nyaman untuk ditempati.

Image

 

Dari hasil diatas menunjukkan bahwa aliran music ataupun ruang interior memiliki gaya masing-masing yang menimbulkan kualitas yang mempengaruhi perasaan manusia. Semuanya memiliki keunikan tersendiri sesuai dengan kebutuhan manusianya. Ulasan diatas hanya persepsi pribadi semata akan pengaplikasian aliran music pada sebuah ruang interior. Jadi, bagaimana menurut anda? 

 

 

Sumber:

 

http://kaskusartikel.com/pengetahuan-umum/pengertian-genre-musik-dan-jenis-jenisnya.html

 

http://www.anneahira.com/music.htm

2 Comments »

  1. perumpamaan dan pemilihan gambar yang menarik, karena ketika melihat gambar-gambar yang disuguhkan, perasaan yang muncul sesuai dengan genre musiknya, seperti contoh pada jazz dengan ruangan yang tenang, rock dengan suasana ruangan yang ‘hardcore’ yang diperllihatkan oleh elemen interiornya seperti warna, lukisan,dll. Mungkin penerapan musik ke dalam interior ini dapat diaplikasikan melalui design kafe-kafe dengan dekorasi yang disesuaikan dengan warna musik yang akan disajikan.

    Comment by hafizhmahdi — June 13, 2012 @ 01:29

  2. Menurut saya mengadaptasi genre musik ke dalam wujud interior membawa pengaruh karakter tersebut ke manusia yang berada di dalamnyat. Untuk contoh-cointoh yang diberikan pada post terlihat bahwa pada musik klasik tatanan geometri bentuk klasik dijadikan elemen pembentuk ruang, pada contoh musik rock aliran dan hentakan nada yang keras dan bersemangat diwujudkan dalam bentuk yang terkesan brutal dan warna-warna yang berani, serta pada contoh musik pop yang biasanya easy listening diterapkan pada bentuk-bentuk yang simpel dan warna yang tidak bertabrakan. Unsur utama yang diadaptasi adalah bagaimana alunan dan tempo yang dibawa dari suatu aliran musik dapat ditransformasikan ke dalam komposisi unsur ruangan yang menggambarkan karakter aliran tersebut.

    Comment by bambangutoro — June 14, 2012 @ 17:53


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: