there’s something about geometry + architecture

June 13, 2012

TANGRAM

Filed under: Uncategorized — Kurniawan Adi Chandra @ 11:06

Tangram merupakan permainan puzzle tertua yang pernah tercatat dalam sejarah. Permainan ini berasal dari China pada sekitar abad ke-18 oleh orang-orang Tanka. Permainan ini berawal dari seorang tukang keramik yang membuat motif keramik untuk kaisar. Melalui tangram, berbagai macam jenis motif dapat diciptakan.

Permainan ini sendiri merupakan permainan puzzle yang terdiri dari 7 bagian yang dibentuk dari 3 bentuk dasar geometri yaitu segitiga, jajar genjang dan persegi.

Tujuan utama dari permainan ini adalah membentuk berbagai macam motif siluet dengan mengkombinasikan bagian-bagian yang ada. Tiap-tiap bagian harus saling bersentuhan dan tidak boleh saling bertumpuk. Contoh-contoh berbagai bentuk yang bisa didapat dari kombinasi 7 bagian ini.

Yang menarik dari permainan ini adalah terdapat paradoks pada tangram seperti halnya yang ditemukan oleh Henry Ernest Dudeney. Paradoks ini disebut sebagai Paradoks Dudeney (Dudeney’s Paradox).

Pada gambar di atas terlihat dua gambar yang terlihat sama namun pada salah satu gambar terdapat kaki sedangkan pada gambar yang lain tidak ada. Dua gambar di atas dibentuk dari tangram dengan menggunakan semua bagian tapi hasil yang didapatkan berbeda. Rahasianya terletak pada kombinasi ketujuh bagian tersebut. Pada gambar di bawah terlihat perbedaan kombinasi antara keduanya dengan memberi warna pada tiap bagian tangram.

Masih terdapat beberapa paradoks dalam tangram yang semuanya merupakan kombinasi dari setiap bagian tangram. Permainan ini merupakan salah satu permainan yang mampu mengasah otak dan dapat meningkatkan kreativitas karena sebagai pemain dituntut untuk menciptakan berbagai macam bentuk dari bentuk dasar yang ada.

 

Sumber :

http://www.omochatoys.com/index.php?option=com_content&view=article&id=425:tangram&catid=78:mainan-edukatif&Itemid=163

http://tangrams.ca/

2 Comments »

  1. kira” ada ngk ya yg 8 keping bisa 24 macam kombinasi bentuk..?

    Comment by roni — October 12, 2012 @ 20:18

  2. apakah tangram ini sebagai dasar dari ilmu melipat kertas/origami?

    Comment by santi — December 12, 2012 @ 13:05


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: