there’s something about geometry + architecture

March 24, 2013

Criteria of Ideal VIlla

Filed under: classical aesthetics — tanjungandy @ 08:16

“There are two causes of beauty-natural and customary. Natural is from geometry consisting in uniformity, that is equality and proportion. Customary beauty is begotten by the use, as familiarity breeds a love for things not in themselves lovely. Here lies the great occasion in errors, but always the true test is natural or geometrical beauty. Geometrical figures are naturally more beautiful than irregular ones: the square, the circle are the most beautiful, next the parallelogram and the oval. There are only two beautiful positions of straight lines, perpendicular and horizontal; this is from Nature and consequently necessity, no other than upright being firm.” (Sir Christoper Wren, Parentalia)

Kutipan kata-kata yang diucapkan oleh Sir Christoper Wren di atas itu mengacu kepada tipe ideal dari villa yang menurutnya harus berdasarkan ‘equality’ dan ‘proportion’, dimana menurutnya bentuk geometris yang paling baik adalah lingkaran dan persegi, lalu parallelogram  dan oval. Menurutnya, tipe villa ideal adalah yang seperti villa Capra-Rotonda oleh Palladio.

“As the ideal type of centralized building Palladio’s Villa Capra-Rotonda (plate 1) has, perhaps more than any other house, imposed itself upon the imagination. Mathematical, abstract, four square, without apparent function and totally memorable, its derivatives have enjoyed universal distribution; and, whrn he writes of it, Palladio is lyrical.”

Image

Villa Capra-Rotonda

Image

Sir Christopher Wren ketika mengucapkan kata-kata tersebut mengacu kepada arsitektur yang ada tahun ketika beliau lahir (1632-1723), dan menurutnya bentuk geometris dan keadaan villa seperti itulah yang ideal. Namun, jika kita tinjau lagi pada masa sekarang ini, apakah hal tersebut ternyata masih dapat dikatakan seperti itu, apa villa yang baik memang harus berbentuk geometris seperti persegi atau lingkaran, dan sebagainya? Mungkin tidak pada zaman sekarang, tapi walaupun pada masa sekarang ini banyak bangunan atau villa yang bentuknya sudah mungkin tidak simetris dan berbentuk geometris, tapi yang tetap dipertahankan dari dulu adalah mengenai proporsi itu sendiri untuk merancang bangunan yang baik.

Referensi

The Mathematics of Ideal Villa, First published in the Architectural Review, 1947.

3 Comments »

  1. hal yang cukup menarik untuk dibahas, karena anda mengambil villa sebagai objeknya
    namun disini saya ingin bertanya, apa maksud dari “villa” yang anda diskusikan disini, karena kalau dilihat pada saat sekarang pengertian villa itu sendiri sudah mulai rancu sehingga semua orang bebas mengatakan bahwa “bangunan” A atau B adalah villa. Selain itu, apakah dengan perkembangan zaman dan proses yang terjadi dari waktu ke waktu, mengubah arti dari villa tersebut. Saya tertarik membahas mengenai pengertian villa, karena menurut saya, sebelum mengetahui ideal dari villa, arti dari villa sebagai objek yang dibicarakan tersebut juga harus tahu sehingga siapapun yang membaca apa yang anda tulis tidak mempersepsikan sendiri pengertian “villa”.
    Hal lain yang saya cukup tertarik yakni ideal sebuah villa, ideal yang anda maksud disini mengacu pada “proportion dan equality”,”bentuk yang paling baik adalah lingkaran dan persegi”.Pada kenyataannya disaat sekarang tidak hanya “villa yang anda maksud” akan dikatakan ideal kalau mempunyai 2 poin tersebut. Seluruh bangunan akan dikatakan ideal kalau proportion dan equality nya terpenuhi sesuai dengan fungsi bangunan itu sendiri.Jadi pertanyaannya adalah apakah ideal yang dimaksud disini secara umum, yang semua bangunan juga harus memilikinya atau spesifik hanya untuk “villa menurut anda” atau ada hal lainnya yang menjadi spesifik ideal dari villa ?. Karena dari yang saya baca, saya membayangkan ideal yang anda maksudkan sebagai sebuah garis yang ditarik dari hal yang spesifik ke umum, sedangkan ketika pada tahap awal, anda menyuguhkan kalimat “Criteria of ideal villa”,saya mengira bahwa ideal dari villa yang anda maksud itu hanya dimiliki atau spesifik untuk “villa” itu sendiri.

    Comment by alfoadrazamdekha — March 24, 2013 @ 08:22

  2. Pada paragraf terakhir anda menyatakan bahwa pada zaman sekarang aturan mengenai villa dapat dikatakan ideal tanpa harus mengacu pada bentukan yang simetris ataupun geometris namun lebih pada bagaimana proporsi dari bangunan itu sendiri. Saya merasa tertarik dengan pendapat tersebut, Bisakah anda memberikan salah satu contoh villa yang merepresentasikan pendapat tersebut dalam jangka waktu 10-15 tahun belakangan ini?

    Untuk sekarang ini, saya merasa proporsi bukan menjadi satu-satunya hal yang dapat membuat suatu villa dapat dikatakan ideal. Jika proporsi dari suatu villa sudah baik namun sustainability ataupun keterkaitan bangunan tersebut dengan lingkungan sekitar kurang maka apakah villa tersebut tetap dikatakan ideal? Selain itu saya merasa tertarik untuk mengetahui Untuk itu saya ingin mempertanyakan, bentukan simetris, geometri ataupun proporsi sebagai parameter villa yang ideal pada periode waktu tersebut? dan bagaimana untuk villa yang ideal pada periode waktu sekarang ini?

    Terima Kasih

    Comment by kusumaerlina — March 24, 2013 @ 08:30

  3. terimakasih untuk komentar dan pertanyaan yang ada, akan saya coba jawab sesuai dengan pengetahuan saya.
    Untuk alfoadrazamdekha, villa yang dimaksud pada masa lalu dan masa sekarang mungkin tidak jauh berbeda menurut saya, kata ‘villa’ dan bangunan villa ini mulai meledak itu ketika zaman Renaissance oleh para orang Italia dan Roma, masyarakat elit cenderung tidak puas ketika mereka hanya memiliki 1 rumah, dan akhirnya mereka membuat ‘rumah’ kedua di tempat-tempat yang ‘refreshing’ menurut mereka, seperti pegunungan, tepi pantai, dan sebagainya. Dari sana, pun, villa itu sendiri diartikan sebagai ‘rumah’ kedua yang digunakan sebagai tempat pelarian bagi masyarakat elit.
    Jika dibandingkan dengan masa sekarang, mungkin tidak jauh berbeda, hanya saja mungkin, villa sekarang dapat saja dikatakan berada di pusat kota, hanya karena ‘rumah’ itu merupakan rumah yang ditinggali hanya sementara oleh pemilik rumah.
    Lalu mengenai kutipan pertama pada post ini, kutipan oleh Sir Christopher Wren tersebut mengacu pada ‘building’ secara umum terlebih dahulu, barulah beliau berpendapat mengenai villa oleh Palladio yang menurut beliau ideal sebagai kriteria dari villa, mengacu kepada kriteria yang beliau katakan pada kutipan pertama secara umum.

    Untuk kusumaerlina, pada arsitektur modern sekarang ini, ada beberapa contoh yang dapat saya berikan, dan dapat andar cari sendiri, berikut contoh-contoh menurut saya, yaitu Villa Mayana, Luxury Villa di Sieera Blanca Marbella, dan Dupli Casa Villa, mungkin masih banyak contoh-contoh villa yang baik dan tidak geometris lainnya, tapi ketiga contoh ini, yang menurut saya, para arsiteknya bukannya tidak menggunakan bentuk geometris seperti persegi dan lingkaran, tapi mereka memodifikasi bentuk geometris tersebut, dan membuat villa yang cenderung asimetris, jika dibandingkan dengan villa masa lalu yang cenderung simetris.
    Saya tidak mengatakan bahwa hanya unsur proporsi yang penting dalam merancang suatu villa, ataupun bangunan pada umumnya, tapi, proporsi merupakan salah satu unsur yang penting dalam perancangan menurut saya.
    Untuk bentukan simetris, geometri, ataupun proporsi sebagai parameter villa yang ideal pada masa itu, seringkali dikaitkan dengan golden section, golden section yang sering dipakai pada masa klasik, tetap dipakai oleh arsitek pada masa lalu, dan sampai sekarang juga saya rasa banyak arsitek yang menerapkannya baik secra sadar, ataupun secara tidak sadar. Secara lebih lengkap dan jelas, mungkin anda dapat membaca buku dari referensi yang saya berikan di post saya, ataupun “The Mathematics of Ideal Villa” oleh Colin Rowe yang membandingkan karya Palladio dan Le Corbusier.

    Terima Kasih.😀

    Comment by tanjungandy — March 24, 2013 @ 08:55


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: