there’s something about geometry + architecture

March 24, 2013

Interpretasi Jari dalam Bahasa Isyarat

Filed under: everyday geometry — widyaulia @ 23:53

Jika Anda ditanya, kegiatan apa yang pasti dilakukan oleh semua manusia di dunia? Mungkin mayoritas orang akan menjawab makan, tidur, bernafas, atau kebutuhan dasar manusia lainnya. Tapi, satu hal yang terkadang luput adalah komunikasi. Semua makhluk hidup di dunia ini berkomunikasi dengan caranya masing-masing. Bagi manusia, bahasa menjadi media berkomunikasi yang umumnya disampaikan dengan berbicara.

Lalu, bagaimana dengan orang-orang yang memiliki kebutuhan khusus seperti kaum tuna rungu? Komunikasi masih tetap dilakukan dengan bahasa, tapi disampaikan dengan cara yang berbeda. Bahasa isyarat memanfaatkan mata sebagai reseptor penerima kode-kode visual yang dikirimkan melalui gestur tubuh dan ekspresi wajah. Kompleksitas bahasa isyarat memang lebih tinggi, karena 50% penyampaian informasi tidak dilakukan dengan deskripsi kata-per kata. Untuk hal-hal dasar seperti nama, dibutuhkan pengejaan huruf per huruf dalam mengkomunikasikannya. Terdapat pengaturan komposisi dari jari-jari tangan dalam upaya penyampaian informasi yang menitikberatkan pada aspek visual, yaitu mata. Sehingga, terdapat interpretasi huruf ke gerakan tangan dalam bahasa isyarat, seperti terlihat pada gambar berikut:

Image

 

Melihat simbol-simbol huruf pada bahasa isyarat tersebut, timbul pertanyaan mengenai bagaimana transformasi bentuk huruf latin menjadi komposisi jari-jari tangan? Maka, saya memulai dengan mencari huruf apa saja yang bentuknya sama persis dengan konfigurasi jari tangan pada bahasa isyarat, yaitu:

Image

 

Ternyata, hanya 6 dari 26 huruf pada bahasa isyarat yang secara nyata berupa konfigurasi jari yang membuat bentuk sama dengan rupa bentuk huruf latin. Bentuk huruf C dan O dapat terlihat jika dipandang dari sisi samping tangan. Sementara bentuk huruf I, L, V, dan W terlihat jika dipandang dari arah depan tangan. Cara pandang terhadap tangan untuk memahami pembentukan huruf, dapat diterjemahkan dengan bantuan sumbu cartesian.

Image

Jika tangan dihadapkan menghadap sumbu x positif, maka, kemungkinan pergerakan rotasi jari telunjuk, jari tengah, jari manis, dan jari kelingking adalah dari sumbu z positif searah sumbu x positif menuju sumbu z negatif. Ibu jari memiliki arah pergerakan yang lebih fleksibel yaitu ke arah sumbu z positif dan ke arah sumbu y negatif. Keterbatasan pergerakan jari tangan ini yang kemungkinan jadi penyebab hanya 6 huruf yang dapat dibentuk serupa dengan bentuk huruf latinnya. Sehingga, untuk menjelaskan huruf lainnya, misalnya huruf J dan Z, dilakukan dengan menggunakan salah satu jari yang digerakkan. Pergerakan ini menyebabkan berubahnya posisi tangan pada sumbu cartesian.

Lalu, bagaimana dengan penyimbolan terhadap huruf-huruf yang lainnya? Interpretasi huruf latin ke konfigurasi jari tangan pada huruf-huruf lainnya sepertinya tidak cukup dianalisis dengan melihat bentuk hurufnya saja. Bisa jadi terdapat karakter implisit dari tiap bentuk huruf yang menciptakan konfigurasi yang berbeda-beda pada bahasa isyarat, atau mungkin ada basis teori lain yang menjadi dasar penentuan penyimbolan huruf pada bahasa isyarat?

 

Sumber:

http://people.howstuffworks.com/sign-language1.htm (diakses tanggal 24 Maret 2013)

http://www.silentwordministries.org/index.php?option=com_content&view=article&id=79:the.. (diakses tanggal 24 Maret 2013)

 Gambar:

http://people.howstuffworks.com/sign-language2.htm (diakses tanggal 24 Maret 2013)

http://cisemath10.wordpress.com/ms-bindu-s/ (diakses tanggal 24 Maret 2013)

 

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: