there’s something about geometry + architecture

March 24, 2013

Ka’bah : Titik Golden Ratio Bumi

Filed under: classical aesthetics — nuvilailani @ 21:52

Ka’bah adalah sebuah bangunan berbentuk kotak yang terletak di tengah Masjidil Haram, Mekah. Ka’bah dijadikan patokan kiblat untuk ibadah umat Islam diseluruh dunia. Di mana pun umat Islam melakukan ibadah, seperti Sholat, akan menghadap ke arah Ka’bah. Ka’bah juga merupakan bangunan yang wajib dikunjungi orang-orang yang melaksanakan ibadah haji, yakni saat melakukan tawaf (mengitari Ka’bah sebanyak 7 kali).

Dari sekian banyak bangunan bersejarah dalam penyebaran agama Islam, mengapa Ka’bah yang dijadikan kliblat?

 Image

Pernahkah terpikir oleh kita apa yang menyebabkan siapapun yang membangun Ka’bah meletakkan Ka’bah di 21°25‘21.2“ Lintang Utara dan 039°49‘34.1“ Bujur Timur?

Ada informasi yang saya temukan mengenai Ka’bah yang membuat saya berpikir mungkin ini salah satu yang membuat Ka’bah istimewa dan menjadi kiblat umat Islam di seluruh dunia.

Image

 

“Proporsi jarak antara Mekah – Kutub Utara dengan jarak antara Mekah – Kutub Selatan adalah persis 1,618 yang merupakan Golden Ratio. Selain itu, proporsi jarak antara Kutub Selatan dan Mekah dengan jarak antara kedua kutub adalah lagi-lagi 1,618 unit.
Keajaiban belum selesai, The Golden Ratio Point of the World adalah di kota Mekkah menurut peta lintang dan bujur yang merupakan penentu umum manusia untuk lokasi. Proporsi jarak Timur – Barat Mekah adalah 1,618 unit. Selain itu, proporsi jarak dari Mekah ke garis titik balik matahari dari sisi barat dan perimeter garis lintang dunia pada saat itu juga mengejutkan sama dengan Golden Ratio – 1,618 unit. The Golden Ratio Point of the World selalu dalam batas kota Mekkah, di dalam Daerah Suci yang meliputi Ka’bah menurut semua sistem pemetaan kilometrical meskipun variasi kecil dalam perkiraan mereka.” (sumber : http://sulis-wanto.blogspot.com/2012/12/keajaiban-allah-lewat-rasio-emas-sebuah.html, diakses tanggal 24 Maret 2013)

 http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=LGfnNNub-ik

Informasi tersebut membuktikan kerja sama yang luar biasa antara Sang Pencipta dan makhluk ciptaannya. Allah telah merencakan semua dengan baik namun tidak ada satupun yang tahu apa yang direncanakan-Nya. 

Ketika Ka’bah dibangun, teori Golden Ratio belum ditemukan. Mungkinkah yang membangun Ka’bah telah mengukur posisi Ka’bah saat akan dibangun sehingga bisa menghasilkan proporsi Golden Ratio? Atau ini hanya rekayasa penemu Golden Ratio yang kebetulan terjadi pada Ka’bah? Atau inilah rencana Sang Pencipta?

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: